4 Cara Cek Resi JNE Lewat Ponsel dan PC, Lengkap!

Komerce.id – JNE adalah salah satu jasa ekspedisi yang sudah cukup lama eksis dan dikenal di kalangan masyarakat, banyak pebisnis sudah menggunakan ekspedisi ini karena murah dan cara cek resi JNE juga cukup mudah.

Pengiriman barang lewat ekspedisi sudah menjadi semacam tradisi dan juga kebutuhan. Di masa pandemi, banyak orang berpikir bahwa mengirim dan membeli barang menjadi lebih mudah ketika menggunakan aplikasi dan mengirim lewat jasa ekspedisi.

Bahkan saat menjelang hari raya maupun akhir tahun, jumlah pengiriman lewat jasa ekspedisi selalu meningkat drastis. Jika pengiriman sedang ramai, maka perlu dilakukan pelacakan guna meminimalisir kesalahan kirim.

Baca juga: 45+ Arti Status Pengiriman JNE dan Istilah Terlengkap

Cara Cek Resi JNE

Daftar Cara Cek Resi JNE
Daftar Cara Cek Resi JNE

berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan cek resi pada ekspedisi JNE:

1. Cara Cek Resi JNE Lewat Aplikasi

Untuk memudahkan pelacakan pengiriman maupun fitur lainnya yang berkaitan dengan layanan JNE, pihak JNE meluncurkan aplikasi yang bernama My JNE. Jika ingin cek resi, unduh aplikasinya kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi My JNE.
  • Pilih fitur pelacakan pengiriman.
  • Masukkan nomor resi.
  • Posisi paket kiriman/barang yang dikirim statusnya akan muncul di bawah kotak pencarian

2. Cara Lacak Resi JNE Lewat Situs Resmi

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa melacak pengiriman dengan menggunakan situs resmi JNE. Pelacakan ini dapat dilakukan lewat ponsel maupun PC, ikuti langkahnya berikut.

  • Buka www.jne.co.id.
  • Pilih bagian lacak kiriman.
  • Masukkan resi ke kolom yang tersedia.
  • Jika muncul pop up verifikasi, ikuti petunjuk yang diberikan.
  • Klik tombol Tracking.
  • Jika muncul menu baru, pilih nomor resi yang kamu inginkan.
  • Informasi seputar pengiriman barang akan terlampir secara otomatis.

3. Tracking Resi JNE Lewat Situs Pihak Ketiga

Di waktu tertentu, misalnya saat menjelang hari raya atau akhir tahun, pihak ekspedisi akan sangat sibuk. Hal ini berlaku pula untuk server mereka sehingga tidak jarang situs resmi mengalami gangguan dan tidak dapat mengakses pelacakan pengiriman. Maka kamu bisa menggunakan bantuan situs pihak ketiga.

  • Buka browser dan ketikkan cek resi.
  • Nantinya akan muncul banyak referensi situs cek resi.
  • Sebagai contoh, pilih situs cekresi.com.
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor resi pengiriman yang ingin dilacak.
  • Tekan tombol Cek Resi.
  • Nantinya akan muncul beberapa nama ekspedisi, pilih JNE.
  • Secara otomatis akan muncul data pengiriman pada resi.

4. Cek Kiriman Termudah Lewat Marketplace

Jika kamu membeli atau membeli barang lewat marketplace, maka kamu bisa mendapatkan nomor resi dan pelacakan real time secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu memasukkan nomor resi dan semuanya sudah langsung tersaji.

Biasanya semua informasi seputar pengiriman tersebut ada di bagian Pesanan Saya. Jika sudah dikirim, maka nomor resi dan pelacakan bisa dilihat di bagian Dikirim.

Baca juga: Cara Kirim Barang COD Lewat JNE

Informasi Resi JNE Lengkap yang Harus Ada

Isi Resi JNE
Isi Resi JNE

Saat menerima nota resi pasti di dalamnya bukan hanya terdiri dari kumpulan angka saja. Resi merupakan dokumen yang bermanfaat untuk melacak pengiriman sekaligus sebagai bukti jika terdapat klaim atas barang yang dikirim. Maka dari itu, di dalam resi pasti terdapat data berikut:

1. Nomor Resi

Poin ini adalah poin penting karena deretan 15 digit angka ini merupakan penanda transaksi dan digunakan untuk melacak paket. Kamu bisa mendapatkan nomor ini di bagian bawah barcode di dalam nota resi.

Selain itu, jika kamu menggunakan aplikasi belanja online, biasanya nomor resi terdapat di fitur Pesanan Saya atau di bagian pelacakan pengiriman.

2. Nama Penerima

Bagian ini adalah identitas penerima. Ada baiknya pembeli menginformasikan kepada penjual perihal nama, terutama jika dia memiliki nama populer yang lebih banyak dikenal dibandingkan nama aslinya. Misalnya seseorang yang memiliki nama Budi, tapi lebih dikenal dengan nama Mat Solar. 

Maka lebih baik untuk memberikan informasi ini agar dapat dituliskan di bagian Nama Penerima, misalnya menjadi Budi (Mat Solar). Dengan demikian, proses pencarian rumah bisa lebih cepat dan tidak tertukar dengan Budi lainnya. 

3. Alamat

Hal ini jelas harus dilampirkan. Semakin lengkap, maka akan semakin baik karena akan menolong kurir menemukan lokasinya dengan lebih mudah. Terlebih jika ada petunjuk lokasi yang gampang dikenali, misalnya di belakang Mushola, rumah tingkat berwarna pink, dan lain sebagainya. 

4. Nomor Telepon Penerima

Agar kurir dapat melakukan konfirmasi, maka lebih baik untuk mencantumkan nomor telepon. Hal ini disebabkan ada kemungkinan kurir susah menemukan lokasi atau saat dikirim, rumah dapat keadaan kosong sehingga tidak ada yang bisa menerima paket.

5. Nama dan Nomor Telepon Pengirim

Jika kamu cek resi JNE reguler atau jenis layanan JNE lainnya, pasti juga terdapat nama pengirim paket dan nomor telepon. Hanya saja biasanya tidak selengkap identitas penerima.

6. Nama dan Dekripsi Barang

Jenis barang, berat, warna, jumlah dan semua detail tentang pesanan ada di bagian ini, termasuk juga ongkir pengiriman JNE.


JNE merupakan salah satu penyedia jasa ekspedisi yang terpercaya dan sudah sering digunakan untuk mengirim barang. Ada banyak jenis layanan yang mereka berikan dan yang paling populer adalah JNE Reguler yang durasi pengirimannya hanya membutuhkan 2-4 hari kerja.

Salah satu kelebihan JNE yang paling menonjol dibandingkan ekspedisi lain adalah banyaknya gerai yang tersedia di seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan JNE menjadi ekspedisi yang paling mudah dijangkau, bahkan di daerah yang cukup jauh dari pusat kota sekalipun. Selain lokasi gerai yang banyak tersedia, JNE juga mematok harga yang cukup terjangkau untuk jenis layanannya. 

Kabar baik untuk kamu yang tertarik dan ingin menggunakan jasa layanan JNE, Kamu bisa menggunakan layanan JNE melalui Komship. Tak hanya sekedar mengirim barang, kamu juga bisa menikmati berbagai diskon mulai dari 25% dan biaya COD termurah yaitu 2,8% untuk pengiriman paket order kamu. Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung registrasi di komship.com

Jika ada kendala dalam pengiriman, maka kamu bisa melakukan pelacakan menggunakan cek resi JNE dengan mudah. Kamu juga bisa menghubungi customer care kami melalui live chat di platform Komship. Tak perlu repot datang ke gerai, kami akan membantu kamu menyelesaikan masalah dengan segera. Mudah kan?

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.