45+ Arti Status Pengiriman JNE dan Istilah Terlengkap 2022

Komerce.id – JNE menjadi salah satu jasa ekspedisi yang sering digunakan saat berbelanja online. Saat menggunakan jasa satu ini, kamu akan mendapatkan update status pengiriman dengan memanfaatkan nomor resi. Agar mengetahui posisi paket, tentu kamu harus tahu apa arti status pengiriman JNE.

Status pengiriman ini bermacam-macam dan dengan mengetahui arti dari status pengiriman tersebut, kamu bisa tahu di manakah posisi terakhir paket kamu berada saat ini. Pastinya, ini akan mempermudah kamu dalam mengestimasi kapankah kiranya paket akan sampai di rumah.

Mengetahui arti status pengiriman JNE ini tidak hanya bermanfaat saat kamu menunggu paket, namun juga bermanfaat saat kamu mengirimkan paket. Jadi ketika calon penerima menanyakan sampai dimanakah paket tersebut, kamu bisa menjelaskannya dengan mudah.

Beberapa Istilah Pengiriman di JNE

istilah pengiriman jne
istilah pengiriman jne

Nomor resi adalah deretan karakter unik yang menjadi identitas paket yang dikirimkan, nomor resi masing-masing paket pastinya berbeda dan bisa kamu gunakan untuk melacak atau tracking paket. Saat mencoba tracking, kamu akan menemukan sejumlah istilah pengiriman. Beberapa istilah tersebut ialah.

  • Misroute: rute pengiriman salah
  • AU to OPS: barang diantar ulang ke bagian operasional
  • Pending Undel: paket ditunda untuk dikirim
  • HVS atau High Value Shipment: kiriman yang dimaksud termasuk berharga yang kisarannya sekitar 10x dari ongkos kirim.
  • Invalid Bag Status: salah masuk tas kurir
  • LBA: Luar Batas Antar
  • Delivered: terkirim
  • Courier: kurir
  • Warehouse: gudang
  • Picked Up: dijemput
  • Received: diterima
  • Destination: tujuan
  • Origin: asal
  • Consignee: penerima barang
  • Shipper: pengirim

Contoh Status Pengiriman JNE

Untuk mengetahui posisi terakhir paket, kamu bisa menggunakan nomor resi. Dari sini kemudian akan muncul status pengirimannya sejak awal paket tersebut diproses hingga posisi terbarunya saat ini. Untuk kamu yang masih belum tahu bagaimana tampilan status pengiriman JNE, berikut contohnya.

contoh status pengiriman jne
contoh status pengiriman jne

Dalam contoh status pengiriman di atas, terlihat bagaimana history dan perjalanan paket tersebut. Ada tanggal dan waktu yang menunjukkan kapan paket tersebut diproses, sampai di gudang, di sorting center dan lain sebagainya.

Arti Status Pengiriman Barang di JNE

arti status pengiriman barang di jne
arti status pengiriman barang di jne

Sekarang mari kulik beberapa status pengiriman JNE. Jadi, bukan hanya istilah-istilah pengiriman di JNE saja yang harus dipahami, kamu juga harus tahu apa arti masing-masing status pengiriman di JNE. Beberapa arti status pengiriman JNE ini diantaranya sebagai berikut.

Status Pengiriman JNEArti Status Pengiriman JNE
ON-PROCESSPaketnya sedang diproses oleh JNE
ON-TRANSITPengiriman tengah transit khususnya untuk kiriman antar pulau
MISROUTE (MR)Terjadi kesalahan dari rute pengiriman
JNE ON PROCESSPaketnya dalam proses pengiriman, biasanya terjadi karena sistem error ataupun status belum ada pembaharuan
HAND OVER (HO)Paket tengah diserahkan ke pihak tertentu lalu dikirimkan ke agen JNE terdekat
HIGH VALUE SHIPMENT (HVS) HO TO HVSPaketnya termasuk dalam barang yang berharga dimana memiliki harga 10 kali lipat dari ongkos kirim. Paket ini ditangani oleh tim JNE khusus
CRISS CROSS (CC)Memiliki arti adanya kemungkinan barang tertukar
LUAR BATAS ANTAR (LBA)Artinya alamat terlalu jauh dijangkau oleh agen JNE, pada daerah pelosok ataupun tidak ada akses kendaraan. Untuk mengatasinya kamu harus datang ke kantor JNE sendiri
HO HOLD FOR FURTHER INSTRUCTIONSPengiriman ditahan JNE, kamu harus menunggu instruksi berikutnya
HOLD REQUEST BY SHIPPERPengiriman ditahan berasal dari permohonan pengirim atau penerima.
HOLD RUSAKPengiriman ditahan karena barang rusak
BAD ADDRESS (BA)Kurir JNE tidak dapat menemukan alamat dan lokasi
ANTAR ULANG (AU)Pengiriman dilakukan ulang karena hari sebelumnya tidak berhasil dilakukan
AU TO OPSPengiriman ulang dilakukan ke bagian operasional
REDELIVERYPengiriman ulang ketika kurir sudah mengantarkan barang namun tidak ada penerimanya
BOX UNDEL (BOX UNDELIVERED)Paket tidak terkirim
BOX DELAYPaket mengalami penundaan atau delay
FORCE MAJEURE JNEHari libur sehingga tidak ada kurir JNE yang bekerja
DESTINATION CORRECTIONKoreksi alamat tujuan
CLOSED ONCE DELIVERY ATTEMPTKurir JNE sudah mengantarkan barang namun tidak diterima sehingga diantarkan hari berikutnya
STATUS KOSONGAda salah input di database JNE
INVALID BAG STATUSKesalahan pada tas kurir sehingga memungkinkan paketnya tertukar
NOT AT HOME (NTH)Ketika paketnya sampai penerima tidak ada ataupun rumahnya kosong
PENDING UNDEL (PENDING UNDELIVERY)Terjadi penundaan atau delay pengirimannya
MANIFESTPaket sudah masuk ke sistem database pengiriman JNE
CONSIGNEE UNKNOWN (CNEE UNKNOWN)Nama penerima paketnya tidak tercantum sesuai alamat
SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [kota]shipment received by jne counter officer at (misalnya purbalingga) artinya paket sudah diantar oleh pengirim dan telah diterima oleh agen JNE terdekat dan terdapat lokasi atau nama kota di bagian belakangnya.
SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIERArtinya paket sudah dijemput oleh petugas atau kurir dan akan diantarkan ke agen yang selanjutnya.
RECEIVED AT SORTING CENTERPaket yang dikirimkan telah tiba di tempat sortir.
PROCESSED AT SORTING CENTERProcessed at sorting center artinya paket yang dikirimkan masih diproses sortir di sorting center guna memisahkannya dengan paket lain dan mengumpulkannya dengan paket yang menuju kota yang sama.
RECEIVED AT ORIGIN GATEWAYPaket yang dikirimkan sudah diterima di gudang JNE untuk kemudian akan dikirimkan melalui jalur udara, darat maupun laut.
DEPARTED FROM TRANSITPaket yang dikirimkan masih ada di gudang di kota tertentu dan sudah masuk daftar dalam penjadwalan ke kota tujuan.
RECEIVED AT WAREHOUSEPaket yang dikirimkan sudah sampai di gudang kota tujuan dan masih akan dikirimkan ke agen pusat yang ada di tingkat kabupaten.
SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATIONShipment forwarded to destination artinya paket yang dikirimkan masih dalam proses untuk dikirimkan ke kantor pusat JNE di kabupaten dan setelahnya baru didistribusikan ke agen di tingkat kecamatan.
RECEIVED AT INBOUND STATIONPengiriman barang berhasil sampai ke lokasi sub agen JNE kecamatan
WITH DELIVERY COURIERPunya arti paketnya sedang diantarkan kurir JNE ke lokasi tujuan penerima pastikan nomor dapat dihubungi
DELIVERED TO [penerima]Paket telah berhasil diterima oleh nama yang tercantum pada statusnya
Receive at inbound station (X, sub agen A)Paket yang dikirimkan telah diterima oleh sub agen A JNE.
With delivery courier JNEPaket sedang dikirim oleh kurir JNE ke alamat tujuan.

4 Jenis Layanan Pengiriman JNE

jenis layanan pengiriman jne
jenis layanan pengiriman jne

Setelah mengetahui beberapa arti status pengiriman JNE di atas, kamu harus tahu juga kalau jenis pengiriman di JNE itu bukan hanya satu, melainkan ada empat. Keempat jenis layanan pengiriman barang di JNE yang dimaksud sebagai berikut.

1. JNE YES atau Yakin Esok Sampai

Dari cara penyebutan layanan yang satu ini, JNE YES menjadi pilihan terbaik kalau kami ingin agar paket yang dikirimkan lekas sampai. Sebab, sesuai dengan namanya, misalnya kamu kirim paketnya sekarang, paket tersebut besok sudah akan sampai dengan tenggat waktu paling lambat hingga pukul 23:59.

Kelebihan itu juga yang menjadi slogan utama layanan JNE satu ini, pengiriman ini bisa kamu pilih baik di hari libur ataupun tanggal merah. Tetapi, ongkos kirimnya tentu lebih mahal karena menyesuaikan dengan tingkat kecepatan pengiriman paket.

Sayangnya, layanan JNE satu ini belum tersebar merata di seluruh pelosok Indonesia, hanya kota-kota besar saja.

2. OKE atau Ongkos Kirim Ekonomis

Kalau ingin layanan JNE yang lebih murah dan ekonomis, ada pilihan layanan OKE. Layanan satu ini menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan, tetapi kamu jangan terlalu berharap banyak soal kecepatan pengirimannya.

Ongkos kirim yang lebih murah sudah tentu paket akan sampai di tempat tujuan lebih lama dari layanan JNE YES. Jadi kalau paket tersebut bukanlah paket yang sangat mendesak, menggunakan layanan JNE YES bisa dipertimbangkan karena harganya lebih terjangkau.

3. JNE REG atau Reguler

Dibandingkan dengan kedua layanan sebelumnya, layanan JNE yang satu ini adalah layanan yang ongkos kirimnya paling murah. Akan tetapi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau ongkos kirimnya lebih murah, maka kamu harus lebih bersabar menunggu paket tersebut tiba di tempat tujuan.

Dengan kata lain, dibandingkan dengan dua layanan lainnya, layanan JNE REG ini memiliki masa pengiriman yang paling lama. Kisaran waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan paket antara 1 hari hingga 7 hari. Akan tetapi semakin jauh lokasi tujuannya, semakin lama juga waktu sampainya.

4. JNE SS atau Super Speed

Seperti yang sudah bisa ditebak dari namanya, layanan JNE satu ini adalah yang paling mahal tarifnya dari layanan-layanan yang lainnya. Tarif ongkos kirimnya ini bahkan bisa mencapai 10 kali lipat dari ongkos kirim yang biasa.

Kalau untuk pengiriman yang mendesak, tentu layanan ini sangat cocok dipilih. Sebab, sesuai dengan harganya, layanan ini juga menjamin bahwa paket yang dikirim akan sampai di hari yang sama atau maksimal 24 jam sejak pengiriman barang dilakukan.

Namun, estimasi pengirimannya juga bisa lebih dari 24 kalau memang ada permintaan khusus dari pelanggan. Akan tetapi sama seperti layanan JNE YES, layanan yang keempat ini juga hanya mencakup daerah tertentu.


JNE telah menjelma menjadi salah satu jasa ekspedisi yang diperhitungkan di Indonesia. Jasa ekspedisi ini menjanjikan pengiriman yang aman dengan beberapa pilihan layanan yang bisa disesuaikan dengan kondisi kamu. Kalau kamu menggunakan jasa JNE ini, rajinlah mengecek status pengirimannya ya.

Dengan begini kamu bisa tenang bahwa paket memang sudah diproses dan kamu bisa terus memantau lokasi terakhirnya. Kamu bisa mengamati arti status pengiriman JNE diatas kalau sedang lupa apa maksud dari kalimat yang muncul setelah tracking paket tersebut.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.