35 Istilah & Arti Status Pengiriman Lion Parcel 2022 (Terlengkap)

komerce.id – Selayaknya jasa ekspedisi lainnya, Lion Parcel juga memberikan nomor resi untuk keperluan memantau status pengiriman barang. Dari tracking dengan nomor resi ini pula, kamu akan tahu dimanakah saat ini barang berada. Akan tetapi, pastikan kamu memahami arti status pengiriman Lion Parcel dulu ya.

Sebab kalau tidak, kamu bisa kesulitan mengetahui di mana paket kamu berada dan sedang diapakan di sana. Sebenarnya arti status pengiriman itu tidaklah sulit dicari, dan kalau dari Lion Parcel, status pengiriman hanya terdiri atas kalimat pendek-pendek saja. Meskipun demikian, bagi orang awam, ini bisa jadi membingungkan.

Lion Parcel sendiri adalah salah satu jasa ekspedisi yang telah dikenal oleh banyak orang. Pelayanannya cukup handal dalam mengirimkan berbagai barang sekaligus menjaga keamanannya. Pelayanan tersebut mencakup berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Kode Pengiriman Barang di Lion Parcel

kode pengiriman barang di lion parcel
kode pengiriman barang di lion parcel

Namanya juga jasa ekspedisi, Lion Parcel tentu tidak lepas dari yang namanya kode pengiriman barang. Coba tengok contoh status pengiriman di atas, di bagian atas sendiri terdapat STT, itu juga merupakan kode pengiriman.

Tidak hanya saat melihat status pengiriman, di kertas resi pengiriman barang serta di label kiriman yang ditempelkan di barang atau paket juga akan ada kode tertentu. Berikut adalah kode yang biasa digunakan oleh Lion Parcel.

Kode Lion ParcelArti Kode Pengiriman Lion Parcel
STO (Station Transit Out)Barang sedang menuju ke gudang bandara
STI-SC (Station Transit In Sub Consolidator)Barang sudah sampai di sub konsolidator
STI (Station Transit In)Barang sudah sampai di konsolidator awal
STI DEST – SC (Station Transit In Destination – Sub Consolidator)Barang sudah sampai di sub konsolidator yang dituju
POD (Proof of Delivery)Barang yang dimaksud telah diterima oleh penerima yang bersangkutan
PUP (Picked Up)Penjemputan atau pengambilan barang kiriman
NON STI (Non Station Transit In)Barang telah dinyatakan tidak ditemukan
HND (Handover)Barang telah diserahkan ke sub konsolidator
GTO (Gateway Transit Out)Barang sudah keluar dari bandara
GTI (Gateway Transit In)Barang sudah masuk ke dalam bandara
DEL (Delivery)Barang dalam proses pengiriman
STT (Surat Tanda Terima)Nama lain dari nomor resi
CONS (Consolidation)Penggabungan STT dalam 1 koli
CNX (Cancelation)Pembatalan STT
BKD (Booked)Booking pembuatan STT

Istilah Pengiriman Barang di Lion Parcel

istilah pengiriman barang di lion parcel
istilah pengiriman barang di lion parcel

Berbagai kode pengiriman Lion Parcel menjadi salah satu informasi penting yang memang harus kamu ketahui. Akan tetapi, selain kode, Lion Parcel juga punya sejumlah istilah pengiriman yang juga punya arti khusus. Berikut diantaranya.

Istilah Lion ParcelArti Istilah Pengiriman Lion Parcel
STT AdjustedTerdapat pengeditan atau perubahan baik itu berat barang, alamat yang dituju maupun dimensi barang
TruckSTT dalam proses truk booking
STT RemoveSTT dihapuskan atau dihilangkan dari konsolidasi
MisrouteBarang sebenarnya sudah tiba, namun tiba di kota yang salah
E-cargoSTT masih dalam proses e-cargo Surat Muat Udara atau SMU
OutSTT sudah keluar dari konsolidator
TransitPaket sudah sampai di kota transit
STI-DESTBarang sudah sampai di sub konsolidator tujuan
DEXBarang tidak bisa terkirim dengan alasan khusus
ScrapBarang telah ada di kota tujuan dan sebenarnya juga sudah dikirim, tetapi alamat penerimanya tidak berhasil ditemukan dan nomor HP yang tertera tidak dapat dihubungi
ShortlandBarang dinyatakan tidak masuk ke kota tujuan atau tidak ditemukan

Arti Status Pengiriman Lion Parcel

arti status pengiriman lion parcel
arti status pengiriman lion parcel

Dengan memahami arti istilah sekaligus kode pengiriman yang ada di Lion Parcel, pastinya kamu bisa lebih mudah membaca status pengirimannya nanti. Namun, kalau kamu kesulitan memahami arti status pengiriman Lion Parcel, tenang saja, berikut informasi yang bisa kamu simak.

Stutus Pengiriman Lion ParcelArti Status Pengiriman Lion Parcel
Booked BySudah dilakukan STT atau pembuatan nomor resi yang cuma bisa dibuat oleh Corporate atau POS saja. Biasanya, di belakang kata Booked By, juga akan muncul nama pihak yang mengirimkannya
Booking in E-CargoSurat Muat Udara atau yang biasa disingkat dengan SMU sedang ada dalam proses pembuatan setelah paket atau barang diterima di gudang milik Lion Parcel
Paket Transit di Station (Consolidator_Name)Paket atau barang yang dikirimkan sudah sampai di kota yang dituju tetapi masih transit di gudang Lion Parcel yang ada di kota tujuan
Paket sudah diinput olehPaket atau barang yang dikirimkan sudah dimasukkan ke dalam list atau daftar pengiriman serta sudah terdata di sistem Lion Parcel. Biasanya juga di belakang kata ‘oleh’ akan ada nama petugas yang melakukan input paket tadi
Paket di picked up olehPaket atau barang yang dikirimkan sudah diambil oleh kurir selaku petugas Lion Parcel. Sama seperti sebelumnya, di belakang kata ‘oleh’ juga biasanya ada nama kurir yang melakukan pekerjaan tersebut
Paket dalam perjalanan ke kota tujuan dengan nomor trukPaket atau barang yang dikirimkan sedang dalam perjalanan untuk menuju ke kota tujuan dengan menggunakan kendaraan truk dan nomor truknya juga akan dicantumkan di belakang kalimat
Paket dalam penerbangan ke kota tujuan dengan nomor SMUPaket atau barang yang dikirimkan telah diberangkatkan dari kota tempat paket tersebut berasal menuju ke kota tujuan tetapi menggunakan jalur udara
Paket tiba di kota tujuanPaket atau barang yang dikirimkan sudah sampai di kabupaten atau kota tujuan yang sesuai dengan alamat yang tertulis
Paket dalam pengantaranPaket saat ini sedang diantar oleh kurir yang namanya juga disebutkan ke alamat tujuan

Contoh Status Pengiriman Barang di Lion Parcel

Nomor resi yang diberikan oleh Lion Parcel akan menghadapkan kamu pada sejumlah status pengiriman barang. Status pengiriman barang ini biasanya juga disertai dengan tanggal dan waktunya sehingga bisa lebih jelas kapan dan di mana barang tersebut berada. Untuk contoh status pengirimannya seperti ini.

contoh status pengiriman barang di lion parcel
contoh status pengiriman barang di lion parcel

Penjelasan Singkat Status Pengiriman Lion Parcel

penjelasan singkat status pengiriman lion parcel
penjelasan singkat status pengiriman lion parcel

Sekarang sudah paham dengan arti status pengiriman Lion Parcel bukan? Selain berbagai status serta istilah yang sudah disebutkan di atas, ada juga keterangan lain yang masih berkaitan dengan status pengiriman. Keterangan lain yang dimaksud sebagai berikut.

1. Paket Telah Diproses E-Cargo

Artinya, paket atau barang yang dikirimkan masih ada dalam proses pembuatan SMU atau Surat Muat Udara sebelum kemudian diberangkatkan ke kota tujuan.

2. Kode CGK Lion Parcel

CGK pada dasarnya adalah kode dari Bandara Soekarno – Hatta. Kode ini ditetapkan dengan mengacu pada kota-kota yang punya bandara.

Kode tersebut juga dibuat dengan mengikuti kode International Air Transport Association atau IATA. Jadi, kalau ada kode ini, ini adalah kode kota asal atau bisa juga kode kota tujuan.

3. Konsolidator Lion Parcel

Konsolidator adalah sebutan untuk perwakilan utama Lion Parcel Pusat. Konsolidator ini ada di setiap kota dan tugasnya adalah mengumpulkan barang sebelum kemudian diberangkatkan ke bandara.

4. Shortland Lion Parcel

Kalau status yang satu ini, maksudnya adalah paket atau barang yang dikirimkan tidak ditemukan. Bisa juga tidak masuk dalam daftar pengiriman di sistem Lion Parcel.


Dengan bagusnya layanan yang diberikan, Lion Parcel menjadi salah satu jasa ekspedisi yang layak diperhitungkan. Lion Parcel menjamin keamanan barang yang dikirimkan dan akan segera mengantarnya ke tempat tujuan. Soal lama waktu pengiriman, ditentukan oleh banyak faktor termasuk jarak dan cuaca.

Kalau kamu khawatir dengan keberadaan paket, segera manfaatkan nomor resi yang diberikan oleh Lion Parcel. Tidak perlu bingung lagi dengan arti status pengiriman Lion Parcel, sebab kamu bisa membaca ulang informasi di atas kapan saja.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar