15 Istilah dan Arti Status Pengiriman Indah Cargo 2022 (Terlengkap)

komerce.id – Ada banyak sekali jasa ekspedisi yang dapat dipilih di Indonesia, salah satunya adalah Indah Cargo. Jasa ekspedisi ini melayani pengantaran antar provinsi bahkan antar pulau di Indonesia. Jika Anda sering menggunakan jasa ekspedisi, maka simak juga arti status pengiriman Indah Cargo.

Layanan ekspedisi dari Indah Cargo ternyata sudah cukup lama berdiri dan sudah banyak melayani berbagai pelaku bisnis di Indonesia. Selain itu, jasa ekspedisi ini terkenal sebagai jasa ekspedisi yang memiliki layanan yang super lengkap.

Karena sudah cukup lama berdiri, maka Indah Cargo juga terus berkembang. Salah satu bentuk perkembangan dari jasa ekspedisi ini adalah adanya aplikasi Indah Cargo yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengecekan resi pengiriman.

Arti Kode & Istilah Pengiriman Indah Cargo

daftar istilah pengirima indah cargo
daftar istilah pengirima indah cargo

Pada saat melakukan prosedur pengiriman, setiap perusahaan ekspedisi pasti memiliki kode sendiri untuk menggambarkan proses yang sedang terjadi. Kode ini biasanya memiliki bentuk dan makna yang berbeda dari jasa ekspedisi yang satu dengan jasa ekspedisi lainnya.

Bagi pengguna baru jasa ekspedisi Indah Cargo, istilah-istilah status pengiriman Indah Cargo tentu saja cukup membingungkan. Namun kamu tak perlu khawatir, berikut ini merupakan beberapa arti status pengiriman Indah Cargo dan juga penjelasan dari masing-masing istilah.

Kode / Istilah PengirimanMakna / Arti Status Pengiriman Indah Cargo
ConsigneeSebutan untuk pihak penerima barang
Date of ShipmentMerupakan tanggal pengiriman barang yang dilakukan
ShipperSebutan untuk pihak pengirim barang
DestinationSebutan untuk kota tujuan penerima
OriginIstilah yang digunakan untuk kota asal pengirim
On ProcessIstilah yang digunakan untuk barang sedang dalam proses
Processed at Sorting CenterSebutan untuk barang sedang diproses di dalam tempat sorting
ServicesIstilah untuk berbagai jenis layanan di Indah Cargo
Received at Sorting CenterIstilah yang menjelaskan bahwa barang yang dikirim sudah tiba di tempat sorting
Received at Origin GatewayIstilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa barang yang dikirimkan sudah berada di jalur pengiriman
Received at WarehouseIstilah yang digunakan untuk menyampaikan bahwa barang sudah diterima di gudang kota tujuan.
Shipment Picked Up by CourierIstilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa barang sedang diantar kurir ke tempat sorting
Shipment Received by Courier OfficerIstilah yang digunakan untuk memberi tahu bahwa barang sudah berada di cabang Indah Cargo
DeliveredIstilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa barang telah sampai di alamat penerima
With Delivery CourierIstilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa barang sedang diantar kurir ke alamat penerima

Beberapa istilah tersebut adalah istilah yang paling sering dijumpai ketika kamu menggunakan jasa ekspedisi dari Indah Cargo. Setelah mengetahui makna dari istilah-istilah tersebut, diharapkan kamu tidak akan merasa bingung lagi jika menemukan istilah tersebut.

Contoh Resi Jasa Ekspedisi Indah Cargo

contoh resi dari jasa ekspedisi indah cargo
contoh resi dari jasa ekspedisi indah cargo

Setelah memahami istilah-istilah yang ada pada Indah Cargo, kamu juga dapat meilhat dan memahami resi dari jasa ekspedisi satu ini. Di dalam resi tersebut, kamu dapat mengecek status pengiriman dari barang yang akan dikirimkan. Berikut ini merupakan contoh resi yang biasanya digunakan oleh Indah Cargo. 

Penjelasan Isi Resi Pengiriman Indah Cargo

Adapun penjelasan untuk setiap poin yang ada di dalam contoh resi tersebut antara lain adalah:

  • Poin Transaksi – [Nama Kota]
    Poin ini berada di bagian paling atas dari resi. Adapun arti dari status transaksi di pengiriman Indah Cargo tersebut adalah proses penginputan yang dilakukan untuk melakukan pengiriman paket baru.
  • Poin paket sudah berada di gudang asal – [Nama Kota]
    Poin ini menjelaskan mengenai status paket kiriman yang telah berada di gudang Indah Cargo asal. Selain itu, status ini juga dapat menjelaskan bahwa barang telah berada di gudang terdekat dari pengirim paket.
  • Poin paket dalam perjalanan dari gudang asal – [Nama Kota]
    Status pada poin ini memiliki arti bahwa barang kiriman sudah berada dalam perjalanan, perjalanan tersebut berasal dari gudang terdekat yang ada di kota pengirim menuju ke gudang tujuan kota penerima barang kiriman.
  • Poin paket telah sampai di gudang tujuan – [Nama Kota]
    Seperti yang telah tertulis, arti dari status pengiriman ini adalah barang telah sampai di gudang, gudang yang dimaksud adalah gudang yang ada di kota penerima paket.
  • Poin paket sedang diantar oleh kurir – [Nama Kurir]
    Seperti tertulis pada resi pengiriman, arti status dari resi pengiriman Indah Cargo ini adalah paket sedang menuju ke alamat tujuan. Paket tersebut akan diantar oleh kurir dengan nama yang sudah tercantum pada resi.
  • Poin paket telah diterima – [Nama Penerima + TTD]
    Poin resi ini memiliki arti bahwa paket kiriman telah sampai di alamat tujuan, nama yang tertulis tersebut merupakan orang yang telah menerima paket.

Arti dari Istilah Lainnya yang Sering Ditanyakan

arti istilah indah cargo yang sering ditanyakan
arti istilah indah cargo yang sering ditanyakan

Biasanya banyak orang yang menanyakan hal yang sama terkait istilah yang ada pada Indah Cargo, berikut ini merupakan beberapa istilah status pengiriman Indah Cargo yang sering ditanyakan beserta penjelasannya.

1. Gudang Transit Indah Cargo

Masih banyak yang belum mengerti dan paham mengenai istilah Gudang Transit pada Indah Cargo. Istilah ini digunakan untuk menyebut atau menjelaskan tempat persinggahan paket untuk antar provinsi.

Status ini biasanya muncul ketika paket dikirim untuk antar provinsi. Apabila status ini terlihat pada resi pengiriman, maka barang yang berasal dari luar pulau akan dipisahkan terlebih dahulu. Selanjutnya, barang tersebut akan dikirim ke lokasi yang ada di dalam pulau dengan menggunakan kendaraan khusus.

2. Paket Sudah Berangkat dari Gudang Transit Indah Cargo

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah paket telah berangkat dari gudang transit Indah Cargo. Nantinya, paket kiriman akan diberangkatkan ke gudang di provinsi tujuan. Biasanya proses pengangkutan ini dilakukan menggunakan mobil box.

3. Manifest Asal Indah Cargo

Ternyata banyak orang yang belum tahu mengenai arti manifest asal Indah Cargo. Istilah ini memiliki arti pengirim telah mengirimkan barang. Kemudian, barang tersebut telah sampai di agen Indah Cargo terdekat.

Paket tersebut telah dipilihkan kendaraan yang cocok untuk proses pengantarannya. Informasi ini muncul pada saat barang akan mulai dikirim. Dengan demikian, kamu sudah dapat membayangkan dengan apa barang tersebut diantarkan dan oleh siapa.


Mengetahui arti status pengiriman Indah Cargo sangatlah membantu. Kamu dapat dengan mudah mengetahui status barang yang akan dikirimkan dengan mudah. Hanya dengan mengecek resi menggunakan aplikasi pengecekan resi, kamu dapat mengetahui status barang tersebut.

Hal ini tentu saja sangat berguna. Jangan sampai kamu sudah bisa melacak posisi barang yang dikirimkan tetapi tidak mengetahui maksudnya karena tidak bisa memahami istilah yang ada di resi. Hal ini juga berlaku untuk jasa ekspedisi pengiriman barang lainnya.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar