Apakah JNE Bisa Kirim Dokumen? Ini Cara dan Pengemasannya

Apakah JNE bisa kirim dokumen? Mengirim dokumen, terutama yang memiliki nilai penting dan urgensi, memerlukan perhatian khusus agar dapat tiba di tujuan dengan selamat. Tentu supaya barang dapat sampai di tujuan dengan selamat tak bisa lepas dari keamanan proses pengemasannya. 

JNE sebagai salah satu jasa pengiriman barang yang banyak diminati masyarakat. Hal ini tentu didasari oleh kepercayaan masyarakat. Tahun 2021, JNE Express berhasil meraih WOW Brand 2021 Category Service.  Artinya, telah banyak barang yang terkirim dengan jasa JNE termasuk dokumen yang dianggap krusial bagi banyak orang. 

Selain menjawab pertanyaan apakah JNE bisa kirim dokumen asli, artikel ini juga akan menjelaskan mengenai cara mengirim dokumen lewat JNE sekaligus cara mengemas dokumen agar aman. 

Cara Mengemas Dokumen Agar Aman 

Tidak sembarangan, dokumen fisik yang sifatnya tertulis atau tercetak sebagai bahan bukti atau keterangan memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pahami Jenis Dokumen yang Akan Dikirim

Sebelum memulai proses pembungkusan, penting untuk memahami jenis dokumen yang akan dikirim. Dokumen pribadi, seperti KTP dan SIM, memiliki kebutuhan pembungkusan yang berbeda dengan dokumen niaga atau sejarah. Mengetahui karakteristik masing-masing jenis dokumen akan membantu menentukan langkah-langkah yang tepat.

  1. Persiapkan Dokumen dengan Teliti

Pastikan semua dokumen yang akan dikirim telah disiapkan dengan teliti. Memastikan kelengkapan dokumen sebelum memulai proses pembungkusan adalah kunci keberhasilan.

  1. Sediakan Perlengkapan yang Diperlukan

Sediakan perlengkapan pembungkusan seperti gunting, lakban, amplop sesuai jenis dokumen, plastik flyer, dan kardus. Pemilihan kardus juga memiliki peran penting dalam melindungi dokumen dari kerusakan fisik selama proses pengiriman.

  1. Langkah Pembungkusan yang Efisien

Langkah awal pembungkusan melibatkan pemakaian plastik anti-air untuk melindungi dokumen dari cairan, debu, dan noda. Dokumen kemudian dibungkus dengan potongan kardus untuk memberikan perlindungan tambahan. Penggunaan lakban yang kuat memastikan seluruh bagian kardus tertutup rapat.

  1. Pilih Jasa Pengiriman yang Terpercaya

Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya untuk memastikan keamanan dokumen selama perjalanan. Sebagai contoh; Pos Indonesia, JNE, Paxel, TIKI, atau J&T adalah beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan. Kepercayaan pada penyedia layanan sangat penting dalam menjaga integritas dokumen.

  1. Tuliskan Alamat Penerima dengan Jelas

Tuliskan alamat penerima dengan lengkap dan jelas pada paket. Hal ini tidak hanya memudahkan kurir dalam menemukan lokasi pengiriman, tetapi juga memberikan informasi yang diperlukan jika ada kebingungan terkait pengantaran.

  1. Nomor Resi untuk Pelacakan

Sertakan nomor resi pada pemberitahuan kepada penerima setelah dokumen dikirimkan. Nomor resi ini memungkinkan penerima untuk melacak status pengiriman dengan mudah, memberikan transparansi dan kejelasan terkait proses pengiriman.

Lalu Bagaimana dengan Cara Mengirimnya Lewat JNE? 

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menggunakan JNE sebagai ekspedisi untuk mengirim barang kamu. 

  • Pengirim bertanggung jawab atas keamanan kemasan dokumen sesuai dengan standar keamanan yang berlaku
  • Dokumen kiriman bukan merupakan barang terlarang menurut undang-undang hukum
  • Wajib mencantumkan informasi data pengirim serta penerima pada kemasan kiriman dengan lengkap; nama, alamat, kelurahan, kecamatan, kode pos dan nomor telepon
  • pengirim bertanggung jawab terhadap isi kiriman atas ketidaksesuaian keterangan pengirim tentang barang kiriman. Termasuk barang terlarang dan/atau melanggar peraturan pemerintah dan hukum
  • pengirim membebaskan tanggung jawab pihak JNE atas keterlambatan, kehilangan, kerusakan dan/atau biaya yang timbul akibat kesalahan dan kelalaian pengirim. 

Setelah memahami syarat-syarat pengiriman dan proses mengemas dokumen, yang perlu kamu lakukan adalah mengecek tarif kirim dokumen lewat JNE. Adapun cara mengetahui tarif kirim dokumen ialah dengan masuk ke situs resmi jne.co.id dan masukkan lokasi asal pengirim, lokasi penerima serta berat paket. 

Jika semua sudah dilakukan, selanjutnya kamu bisa mendatangi agen JNE terdekat untuk menyerahkan paket dan meminta petugas mengkonfirmasi layanan pengiriman yang kamu pilih. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengirim dokumen lewat JNE dengan mudah dan mengetahui cara mengemas dokumen agar aman sampai tujuan. Kejelasan dan ketelitian dalam setiap langkah menjadi kunci dalam menjaga keamanan dokumen penting selama proses pengiriman. 

komship ongkir
Tyas

Pernah belajar jurnalistik, penyuka Dewa dari Leuwinanggung dan menjadikan nongkrong sebagai produktifitas.

Tinggalkan komentar