Arti Paket telah Dikirim dari Gudang Sortir & Estimasinya

komerce.id – Gudang sortir adalah tempat yang digunakan untuk urusan dan proses logistik. Untuk kamu yang mempunyai atau sering berbelanja di toko online pasti sudah tidak asing dengan jenis gudang yang satu ini.

Umumnya gudang sortir dimiliki oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspedisi atau jasa pengiriman. Fungsinya adalah untuk mempermudah proses pengiriman dan pendistribusian paket. Di gudang ini paket akan disimpan untuk sementara sebelum nantinya disortir lalu dikirim ke penerima.

Apabila sering menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang, kamu pasti sering mendapatkan informasi berupa “paket sudah dikirim dari gudang sortir”. Sebenarnya apa maksud dari informasi tersebut? Untuk menemukan jawabannya, simak pembahasan tentang gudang sortir berikut ini.

Baca juga: Cara Sortir Barang di Gudang dan Rumah

Apa itu Gudang Sortir?

apa itu gudang sortir
Apa itu gudang sortir?, sumber gambar: pexels.com

Bagi kamu yang sering membeli sesuatu secara online, biasanya proses pengiriman barang dilakukan melalui penyedia jasa ekspedisi. Tujuannya supaya proses pengiriman menjadi lebih mudah dan barang sampai tepat waktu.

Paket yang dikirim akan melalui beberapa tempat penyimpanan atau gudang untuk dilakukan penyortiran. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang pengertian gudang sortir yang wajib kamu ketahui dalam bisnis ekspedisi.

Pengertian gudang sortir adalah tempat atau lokasi dimana penyedia jasa ekspedisi akan memisahkan paket berdasarkan kota dan alamat tujuannya. Sehingga proses pengiriman bisa dilakukan secara berurutan dan sampai lebih cepat ke tangan penerima.

Keberadaan gudang sortir ini sangat penting karena biasanya paket yang bedatangan jumlahnya sangat banyak. Adanya proses sortir barang di dalam gudang akan mempermudah pihak ekspedisi dan kurir dalam pendistribusian paket.

Tak hanya digunakan sebagai tempat untuk menyortir paket berdasarkan alamat, gudang sortir juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang. Dengan begitu saat barang dikirim, kondisinya masih bagus dan terhindar dari kerusakan.

Baca juga: Apa itu Receiving Gudang?

Sistem Kerja dalam Gudang Sortir

sistem kerja dalam gudang sortir
Sistem kerja dalam gudang sortir, sumber gambar: pexels.com

Setiap gudang memiliki fungsi dan sistem yang berbeda-beda. Dalam gudang sortir sistem kerjanya terdiri dari pengelompokan paket, pemberian kode, persiapan proses distribusi, dan finishing. Seluruh aktivitas dalam gudang ini dilakukan secara sistematis dengan urutan sebagai berikut.

1. Pengelompokan Paket Berdasarkan Tujuan

Langkah pertama dalam sistem kerja gudang sortir adalah pengelompokan paket berdasarkan tujuan dan alamat penerima. Semua paket yang akan dikirim ke daerah yang sama akan dikelompokkan sendiri-sendiri.

Dengan adanya pengelompokkan ini, pihak ekspedisi dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses pengiriman. Selain itu kurir juga bisa mengirimkan paket secara berurutan ke setiap alamat penerima untuk lebih menghemat waktu.

2. Pemberian Kode (Three Letter Code)

Setelah barang-barang di dalam gudang dikategorikan sesuai alamat tujuan, proses penyortiran yang selanjutnya adalah pemberian kode. Biasanya kode ini berupa kombinasi tiga huruf atau three letter code untuk menggambarkan nama suatu kota.

Kode tersebut diberikan dengan tujuan untuk memudahkan petugas ketika melakukan loading atau unloading dari transportasi pengiriman. Ada beberapa contoh kode yang sering digunakan untuk menamai kota-kota besar di Indonesia, yaitu:

  • Jakarta atau JKT
  • Bandung atau BDO
  • Semarang atau SRG
  • Denpasar atau DPS
  • Palembang atau PLM

3. Persiapan Proses Pengiriman

Tahap selanjutnya dalam sistem kerja gudang sortir adalah proses pengiriman. Proses ini merupakan yang paling penting karena barang akan diantarkan menuju alamat penerima. Dimulai dengan pengecekan dokumen penunjang dan resi yang dilakukan oleh petugas.

Kemudian paket akan dikemas dan diberi kemasan tambahan untuk meningkatkan perlindungan. Misalnya seperti kardus, bubble wrap, plastik, dan kayu. Sehingga saat di perjalanan, barang yang ada di dalam paket tidak mengalami kerusakan.

4. Finishing

Alur terakhir dalam gudang sortir adalah finishing. Dalam alur ini, petugas akan memeriksa dokumen pengiriman dan surat jalan untuk yang terakhir. Tujuannya supaya tidak ada kesalahan alamat atau paket yang harus didistribusikan.

Jika pemeriksaan dokumen sudah selesai dilakukan oleh petugas ekspedisi, maka proses berikutnya akan diserahkan kepada kurir. Kemudian paket segera dikirim oleh kurir ke alamat penerima yang telah dicantumkan sebelumnya.

Estimasi Lama Paket pada Gudang Sortir

estimasi lama paket pada gudang sortir
Estimasi lama paket pada gudang sortir, sumber gambar: pexels.com

Sebenarnya proses sortir barang di dalam gudang tergantung pada banyaknya paket yang masuk. Tetapi biasanya proses ini hanya memakan waktu satu sampai dua hari saja. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu dapat menyimak pembahasan estimasi waktu di gudang sortir berikut ini.

Estimasi atau lamanya waktu penyortiran di gudang dapat berubah kapan saja. Tak hanya bergantung pada jumlah barang, namun juga momen-momen tertentu. Contohnya saat harbolnas, tanggal kembar, atau hari raya besar lainnya.

Pada momen tersebut, proses pengiriman akan menjadi lebih lama. Apalagi jika ada tanggal merah atau libur yang membuat jumlah petugas di kantor cabang jadi terbatas. Namun biasanya kurir akan mengantarkan paket ke alamat tujuan selanjutnya dalam 1x24jam.

Selain itu waktu pengiriman juga dipengaruhi oleh jarak gudang sortir dengan lokasi atau alamat penerima. Semakin jauh jaraknya, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang juga lebih lama. Umumnya proses ini membutuhkan waktu 3 hari hingga 1 minggu lamanya.

Baca juga: Proses Inbound dan Outbound dalam Gudang

Arti Paket telah Dikirim dari Gudang Sortir

arti paket telah dikirim dari gudang sortir
Arti paket telah dikirim dari gudang sortir, sumber gambar: pexels.com

Dalam proses pendistribusian paket menggunakan jasa ekspedisi, kamu dapat mengecek status pengirimannya melalui aplikasi atau website. Nantinya akan muncul status yang menyatakan bahwa paket sedang dikirim dari gudang sortir. Berikut adalah arti dari status tersebut.

Jadi, paket dengan status sedang dalam proses pengiriman dari gudang sortir memiliki dua arti yang berbeda. Pertama, jika lokasi penyortiran berada di wilayah pengiriman, maka paket akan dikirim ke gudang sortir yang terletak di kota penerima.

Sementara itu, apabila gudang sortir berada di wilayah yang sama dengan alamat penerima, maka paket akan langsung dikirimkan ke tujuan. Sehingga proses distribusinya bisa berjalan lebih cepat dan diterima tepat waktu.

Cara Mengetahui Lokasi Gudang Sortir

Gudang sortir adalah tempat untuk mengelompokkan paket sesuai dengan tujuan pengiriman. Setiap gudang memiliki lokasi yang berbeda-beda untuk setiap jasa pengirimannya. Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menemukan lokasi gudang ini, yaitu:

  • Akses situs resmi dari jasa ekspedisi yang digunakan.
  • Kemudian kamu akan diarahkan untuk mengisi nomor resi pada kolom yang telah tersedia.
  • Setelah nomor resi dimasukkan, maka website akan menunjukkan perjalanan paket dari gudang ke gudang lainnya.
  • Biasanya kamu dapat melihat lokasi gudang berdasarkan kota yang dilewati. Contohnya seperti status, “paket telah sampai di gudang sortir Jakarta Selatan”.

Seperti namanya, kamu dapat menarik kesimpulan bahwa gudang sortir adalah tempat yang digunakan untuk menyortir dan mengelompokkan barang sesuai tujuan pengiriman. Dengan adanya gudang ini kurir akan lebih mudah mengirimkan paket.

Fokus utama dalam gudang sortir yaitu untuk menyelesaikan proses penyortiran supaya paket bisa segera didistribusikan ke alamat tujuan. Sehingga paket akan diterima sesuai dengan estimasi waktu tertentu.

Namun perlu diingat bahwa paket yang masih berada di gudang sortir tidak bisa diambil oleh penerima. Pasalnya di gudang ini ada puluhan sampai ratusan ribu paket setiap harinya. Paket hanya bisa diambil jika berada di kantor cabang.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar