Berapa Lama Pengiriman SiCepat? Berikut Ketentuannya! 

komerce.id – Saat ini, bisnis jasa ekspedisi sangat berkembang pesat. Salah satu jasa pengiriman yang sudah cukup lama bermain di bisnis ini adalah SiCepat. SiCepat adalah salah satu ekspedisi yang memiliki pengiriman dalam jumlah yang banyak.

Hal ini dikarenakan ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh jasa pengiriman yang sudah berdiri sejak 2014 yang lalu tersebut. Bahkan, SiCepat sekarang sudah banyak digunakan sebagai salah satu jasa pengiriman untuk banyak marketplace.

Walau sudah cukup lama berdiri, namun masih ada masyarakat yang belum pernah memakai jasa ini dan tentunya belum akrab dengan layanan yang ditawarkan. Untuk membedakan layanan SiCepat dengan layanan lain, maka kamu harus paham jenis layanan serta peraturan pengiriman lainnya.

Baca juga: Cara Cek Resi SiCepat 2022 (Reg, SiCepat Halu, dan SiCepat Gokil)

Berapa Lama Pengiriman SiCepat?

Daftar Urutan Pengiriman SiCepat

Pertanyaan yang kerap kali disodorkan oleh konsumen adalah tentang waktu yang dibutuhkan bagi ekspedisi dalam mengirimkan barang. Tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhi lama atau tidaknya suatu pengiriman, beberapa faktornya adalah sebagai berikut:

1. Jenis Layanan SiCepat

Sama seperti ekspedisi lainnya, SiCepat juga memiliki berbagai jenis layanan. Misalnya SiUntung yang menetapkan waktu pengiriman kurang lebih 15 jam saja untuk daerah Jabodetabek dan Bandung.

Layanan Best memberikan jaminan pengiriman 1 hari, asalkan kota tujuan termasuk ke dalam kota besar di Indonesia. Perbedaan jenis layanan yang dipilih akan memberikan perbedaan pula pada durasi pengiriman.

2. Daerah Tujuan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berbeda tempat tujuan juga akan memberikan efek pada lamanya paket sampai ke tujuan. Misalnya paket yang dikirim untuk sesama tempat di Jabodetabek dengan paket yang dikirim dari Jabodetabek ke Cimahi, pasti akan berbeda.

Terlebih jika alamat tujuan berada di daerah kecamatan yang jauh dari gudang transit SiCepat, maka pengiriman tentu akan jauh lebih lama.

3. Masa Sibuk

Hari-hari di sekitar bulan puasa, menjelang Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru adalah hari yang sangat sibuk untuk ekspedisi manapun, termasuk pengiriman SiCepat. Belum lagi untuk tanggal-tanggal khusus ketika ada diskon besar-besaran di marketplace, maka penumpukan pengiriman akan terjadi.

Hal-hal tersebut bisa menyebabkan paket terlambat sampai, rentang waktu perbedaannya bisa dari 3 hari sampai satu minggu dibandingkan di hari biasa. Jika masuk di masa seperti ini, baik penjual maupun pembeli harus bersabar.

4. Melewati Hari Minggu dan Libur Nasional

Perlu diperhatikan juga bahwa pengiriman paket SiCepat juga bisa mengalami kemunduran jika hari pengiriman melewati hari Minggu dan Libur Nasional. Misalnya kamu menggunakan layanan BEST, tetapi paket kamu antarkan di hari Sabtu pukul 20.00.

Maka paket tetap akan dikirim hari Senin karena di hari Minggu tidak ada pengiriman dari SiCepat, hal semacam ini juga mempengaruhi lama atau tidaknya pengiriman ekspedisi.

Baca juga: Urutan Pengiriman SiCepat

Layanan dan Lama Pengiriman SiCepat

fitur dan layanan sicepat
fitur dan layanan sicepat

Kalau kamu ingin menggunakan layanan SiCepat, maka kamu juga harus mengetahui jenis layanan yang mereka sediakan. Hal ini bukan hanya akan berpengaruh pada kecepatan pengiriman, tetapi juga biaya yang harus dibayarkan. 

1. SIUNTUNG

Layanan pengiriman satu ini adalah layanan yang disediakan khusus untuk masyarakat di daerah Jabodetabek dan Bandung. Layanan ini cukup jadi favorit karena kecepatan layanannya yang hanya memakan waktu 15 jam saja.

Penghitungan durasi pengiriman ini sudah disesuaikan dengan Estimated Time of Arrival (ETA) dari tempat asal hingga ke tujuan di wilayah sekitar kedua daerah Jabodetabek dan Bandung.

2. BEST

Arti dari pengiriman ini adalah BEsok Sampai Tujuan. Sesuai dengan namanya, maka layanan satu ini memberikan pengalaman mengirim barang dengan cepat, yaitu hanya 1 hari saja. Namun, hal yang perlu diingat adalah pengiriman tersebut haruslah berasal dari dan menuju kota besar di Indonesia. 

3. GOKIL

Layanan yang satu ini sama dengan layanan kirim kargo lainnya karena memberikan estimasi pengiriman 1-3 hari. Untuk bisa menggunakan layanan GOKIL, maka berat maksimal paket yang dikirim tidak boleh kurang dari 10 kg. 

4. HALU

Estimasi pengiriman layanan satu ini sama seperti GOKIL yaitu sekitar 1-3 hari. Bedanya, berat pengiriman untuk paket layanan HALU bisa mulai dari 0,1 gram. Biaya yang ditetapkan pun terjangkau, mulai dari Rp 5 Ribu saja.

5. COD

SiCepat kirim COD adalah sistem yang cukup ramai digunakan akhir-akhir ini karena lama pengiriman tidak boleh lebih dari 8 jam. Layanan ini hampir sama dengan layanan same day atau instant. Untuk bisa mengakses layanan ini, maka penjual dan pembeli harus ada di satu kota. 

Tidak semua kota bisa menikmati layanan ini. Kota yang bisa menggunakan SiCepat COD adalah Solo, Semarang, Surabaya, Jabodetabek, Bandung dan Yogyakarta.

6. H3LO

Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha, sebab ongkir barang dengan berat 3,3 kg hanya akan dihitung untuk berat 2 kg saja. Selain itu, estimasi pengirimannya juga standar yaitu 1-4 hari.


Mengirim barang menggunakan jasa ekspedisi memang sudah bukan hal baru. Malahan, sekarang ini semakin banyak orang yang memilih transaksi online dibandingkan dengan bertemu secara fisik.

Pengiriman SiCepat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu kurir datang menjemput barang atau penjual dapat mendatangi gerai SiCepat terdekat. Asalkan tidak menyalahi aturan pengiriman barang, semua barang hingga berat 50 kg bisa dikirim lewat jasa satu ini.

Untuk kamu yang sibuk mengurus paket order, Komship menyediakan layanan Gratis Pick Up Barang untuk semua layanan ekspedisi yang tersedia di Komship. Kamu benar-benar tidak perlu untuk membayar biaya pick up diluar ongkos kirim. 

Cara untuk mengecek pengiriman pun juga sangat mudah, bisa melalui aplikasi, situs resmi atau melalui situs pihak ketiga. Jika bekerjasama dengan marketplace, maka biasanya resi dan pengecekan sudah otomatis tersedia di aplikasi. Jika kamu adalah user Komship, kamu dapat mengecek pengiriman melalui dashboard Komship. Mudah kan? Daftar sekarang di Komship.id

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar