Urutan Pengiriman SiCepat 2022 Paling Akurat

Komerce.id – Apakah kamu adalah pengguna setia ekspedisi SiCepat? Tahukah kamu bagaimana urutan pengiriman SiCepat? Ketika kamu menggunakan layanan dari SiCepat baik itu Gokil, Best, HALU dan sebagainya, maka ada baiknya sih jika kamu paham bagaimana proses dari pengiriman tersebut.

Jika kamu memahami bagaimana alurnya, maka kamu mungkin tidak akan resah ketika menunggu paket sampai ke penerima. Urutan pengiriman dari SiCepat sendiri merupakan sebuah proses pengiriman paket dari sejak kamu menyerahkannya ke kantor cabang ekspedisi sampai ke alamat penerima.

Jadi, dengan mengetahui urutan pengiriman SiCepat, maka kamu sudah tahu kapan paket akan sampai ke penerima. Kalau kamu adalah seorang pebisnis online, memahami urutan pengiriman dari SiCepat sangat penting sebab kamu bisa mengecek kapan paket tiba ke pelanggan tepat waktu.

Urutan Pengiriman SiCepat

Daftar Urutan Pengiriman SiCepat
Daftar Urutan Pengiriman SiCepat

Mengetahui urutan pengiriman dari SiCepat memudahkan pebisnis online memperkirakan kapan paket akan sampai ke tujuan, pengiriman dimulai dari fasilitas logistik yang dirasa paling dekat untuk kemudian disortir menuju ke kota si penerima. Bagi yang bingung dengan proses pengiriman SiCepat, berikut adalah urutannya:

1. Paket Sudah di Drop ke Gerai SiCepat atau Pickup Melalui Kurir

Urutan pertama dari SiCepat diawali dengan mengirimkan paket menuju ke gerai SiCepat. Apabila paket diantar menuju kantor cabang terdekatnya SiCepat, maka status yang dimiliki menjadi ‘didrop’.

Namun, untuk pengiriman melalui toko online, maka akan muncul status bertuliskan ‘terima permintaan’ jika melalui pickup kurir. Selanjutnya, paket kemudian dijemput oleh kurir dan akan muncul informasi bertuliskan pickup.

2. Paket Telah Diterima oleh Fasilitas Dari SiCepat

Ketika paket yang di pickup kurir ataupun diserahkan oleh pelanggan berada dalam satu lokasi, maka paket akan dikumpulkan semuanya di fasilitas SiCepat. Setelah itu petugas SiCepat memasukkan data paket dengan menginput semua data baik namanya si pengirim maupun si penerimanya.

Setelah data ditulis, maka status akan berubah menjadi ‘Manifested’. Kemudian, jika paket sudah diterima oleh kantor SiCepat, kamu hanya perlu menunggu proses pengiriman menuju kota tujuan.

Baru kemudian semua paket akan diberangkatkan dan statusnya keluar dari fasilitas SiCepat untuk menuju ke lokasi tujuan.

3. Penyortiran untuk Menuju Kota Tujuan

Jika barang atau paket sudah keluar maka proses selanjutnya adalah menuju pusat sortirnya SiCepat, proses sortir ini akan dibedakan sesuai dengan kota tujuan atau layanan dari SiCepat yang dipilih.

Setelah proses sortir, maka akan muncul status pengiriman dengan tulisan ‘line haul’. Status ini adalah jenis perjalanan yang meliputi jalur darat, laut dan udara ketika paket hendak keluar dari fasilitas yang disediakan SiCepat.

4. Urutan Paket Hingga ke Hub

Urutan status pengiriman SiCepat menuju ke Hub, maka ada urutan pengirimannya. Jadi, ketika paket hendak menuju ke Hub, maka resi akan menampilkan status ‘On Transit’ atau paket sampai ke kota paling dekat ke tujuan.

Setelah proses on transit ini, kemudian paket akan dijadwalkan untuk menuju kota yang dituju. Jika pengiriman paket sudah mulai berjalan, secara otomatis status akan berubah menjadi ‘On Process’. Adapun arti dari ‘On Process’ sendiri adalah sedang dalam proses pengiriman.

5. Menuju Kantor Perwakilan Wilayah Cabang Si Penerima

Selanjutnya, jika paket sudah sampai di kantor cabang SiCepat di kota yang dituju, maka resi akan menampilkan status ‘ROD (Received on Destination)’. Maksud dari status ROD ini adalah bahwa paket ini sampai di kota yang dituju, namun disimpan dahulu di kantor perwakilan cabang.

Baru kemudian urutan pengirimannya dari SiCepat setelah sampai di kota tujuan ini berhenti. Paket hanya perlu menunggu kurir untuk mengambil dan diantarkan ke lokasi.

6. Paket Dikirim oleh Kurir Sicepat

Jika paket sudah sampai di kantor perwakilan SiCepat, maka urutan selanjutnya adalah kurir akan mengambilnya dan diantar menuju alamat penerima. Ketika hendak dikirimkan ke alamat penerima, maka paket bisa saja sampai ke lokasi yang dituju, namun juga bisa gagal dengan beberapa alasan.

Pada umumnya, beberapa penyebab yang membuat paket menjadi gagal untuk dikirimkan ke alamat yang dituju adalah:

  • Jam kerja kurir SiCepat sudah berakhir.
  • Kekeliruan menuliskan alamat.
  • Salah dalam jalur pengiriman.
  • Tidak ada penerima atau alamatnya salah.

7. Paket Sampai ke Penerima

Urutan pengiriman SiCepat paling terakhir adalah sampai di alamat yang dituju. Jadi, ketika paket sudah sampai tujuan dan nama yang dicantumkan atau perwakilannya menerima langsung paket tersebut, urutan pengiriman dianggap sudah selesai.

Ketika paket sudah diterima, maka akan muncul status dengan istilah ‘Delivered’. Status ini menunjukkan bahwa paket telah berhasil diantar, hanya saja apabila paket tidak kunjung sampai, maka kurir akan mencoba mengirimkannya di keesokan harinya.

Apabila melihat bagaimana urutan pengiriman di atas, maka jelas bahwa SiCepat mempunyai sistem yang sudah teratur. Semua proses pengiriman benar-benar rapi dan sistematis. Berbekal dukungan fasilitas logistik dan kurir yang berdedikasi penuh, maka paket bisa cepat sampai.

Baca juga: Cara Komplain SiCepat

Masalah yang Banyak Ditanyakan pada SiCepat

Masalah Pengiriman SiCepat
Masalah Pengiriman SiCepat

Sudah paham ya bagaimana urutan pengiriman dari SiCepat? Namun tidak semua paket akan cepat sampai dengan yang diestimasikan. Ada beberapa kendala atau masalah yang biasanya dihadapi oleh SiCepat dalam mengantarkan setiap paket, seperti:

1. Bad Address SiCepat

Kendala pertama adalah ketika informasi yang dituliskan tidak jelas seperti:

  • Ada kesalahan dalam menuliskan nama jalan.
  • Salah nomor rumah, RT, RW.
  • Salah mencantumkan kode pos.
  • Keliru menulis nama penerima.

Biasanya status ‘Bad Address’ akan muncul apabila penerima di paket sulit dihubungi dan keliru dalam menuliskan alamat sehingga paket akan kurir bawa kembali.

2. Cnee Unknown

Masalah selanjutnya adalah ketika nama dari si penerima paket ini tidak jelas sehingga ketika kurir sudah sampai di lokasi, namun penerimanya bukan yang dimaksud. Hal ini dikarenakan ada kekeliruan dalam menuliskan alamat atau memang si penerima sudah pindah tempat.

3. ANT SiCepat

Ketika muncul status ‘ANT’, itu berarti paket sudah diantar kurir SiCepat menuju lokasi yang dicantumkan. Setidaknya butuh waktu maksimal sehari untuk perjalanan. Apabila sudah ada status ‘ANT’, maka penerima harus bersiap-siap mengambilnya.

4. Criss Cross SiCepat

Kalau ada status dengan tulisan ‘Criss Cross’ muncul, maka paket tertukar dengan milik orang lain jadi paket yang diterima menjadi tidak sesuai.

Jika paket tertukar dengan lainnya, maka kurir akan mengambil kembali dan ditukar dengan yang sesuai. Setidaknya butuh waktu sehari kerja untuk menukarnya.


Urutan pengiriman SiCepat yang sudah dijelaskan mulai dari drop atau pick up, penyortiran sampai ke kota tujuan dan diantarkan oleh kurir membutuhkan proses yang panjang. Kurir akan mengantarkan ke lokasi tujuan setelah semua urutan yang ada di atas.

Setiap estimasi pengiriman akan berbeda tergantung lokasi yang dituju dan layanan yang dipilih, namun semuanya tetap sesuai dengan urutan di atas. Apabila paket tidak segera sampai ke tujuan, biasanya ada beberapa kendala seperti salah alamat, salah penulisan nama sampai paket tertukar.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.