27 Arti Status Pengiriman J&T Express 2022 : Istilah & Kode Gateway

komerce.id – J&T merupakan salah satu ekspedisi yang sedang naik daun di berbagai daerah. Pelayanannya tersedia dengan sistem komputerisasi dan online yang mudah diakses. Jika kamu kirim barang via J&T, penting untuk tahu arti istilah J&T yang banyak digunakan.

Misalnya, kamu kirim barang melalui kantor cabang ekspedisi ini. Kemudian diberikan resi, di dalam dokumen tersebut banyak istilah yang mungkin bagi orang awam kurang dipahami.

Sama halnya dengan pengecekan online alias tracking paket melalui situs resmi J&T, juga akan banyak istilah yang diinformasikan oleh sistem situs tersebut. Jika tidak paham, bisa terjadi salah persepsi bukan?

Istilah dan Arti Status Pengiriman J&T Express Lengkap

arti status pengiriman j&t
arti status pengiriman j&t

Seperti halnya ekspedisi lain, ada beberapa istilah yang sangat familiar bagi para pengguna jasa tersebut. Misalnya, invalid airway bill, sprinter, gateway, dan masih banyak lagi.

Bagi yang belum paham tentu harus punya kamus sendiri, sebagai panduan ketika mengirimkan barang atau dokumen melalui jasa ekspedisi J&T.

Berikut ini beberapa istilah yang bisa kamu ketahui dalam dokumen resi maupun situs tracking J&T. Lengkap dengan penjelasan dari masing-masingnya, supaya tidak bingung apakah barang yang kamu kirim sudah di perjalanan atau bahkan sudah sampai atau belum.

Status Pengiriman J&TArti Status Pengiriman J&T Express
GATEWAYIstilah ini berhubungan dengan kode unik untuk memberikan tanda pada paket kiriman, sudah sampai di daerah manakah saat ini. Bisa juga disebutkan sebagai gudang pusat dari J&T yang ada di sejumlah daerah di Indonesia.
Biasanya, kode gateway merupakan singkatan nama daerah tempat paket sedang berada. Sebagai contoh, ketika paket sudah sampai di gateway PDG artinya paket ada di gudang pusat Kota Padang, Sumatera Barat.
SPRINTERSprinter memiliki arti kurir J&T, biasanya terdapat nama sprinter yang tercantum ketika cek resi. Kurir yang mengantarkan barang pesanan ke alamat penerima. Kurir akan mengambil barang dari lokasi drop point sesuai area kerjanya, kemudian mulai mendistribusikan paket sesuai data pengiriman yang diberikan.
Kurir juga bekerja sesuai jadwal tertentu, yang sudah dipersiapkan oleh petugas drop point sehingga tidak terjadi kesalahan pengantaran paket. Oleh karena itu, biasanya kurir akan menghubungi nomor telepon penerima ketika akan melakukan pengantaran paket. Untuk memastikan, penerima ada di alamat pengantaran sehingga kurir tidak harus menunggu lama.
ON DELIVERYArti on delivery J&T adalah paketan sedang dalam proses pengiriman
NOMOR PELACAKAN DIBUATNomor pelacakan dibuat J&T artinya nomor resi sudah tersedia dan akan siap digunakan
FIND DROP POINTArtinya proses pencairan untuk menuju ke lokasi gudang J&T
DROP POINTDrop Point yaitu istilah yang sering dipakai untuk menyebut agen J&T Express, di berbagai wilayah. Mulai dari tingkat kecamatan, kota, kabupaten, provinsi yang tersebar di berbagai daerah Indonesia. Di tempat agen inilah barang akan melalui proses identifikasi data, sebelum dikirim dan sebelum diantar ke alamat penerima.
PAKET AKAN DIKIRIMKAN KE DROP POINTPaket akan dikirimkan ke drop point artinya paketan sudah dikonfirmasi dan akan diantarkan ke agen J&T terdekat
PAKET TELAH SAMPAI DI DROP POINTPaket telah sampai di drop point artinya paketan sudah masuk ke agen J&T
DROP CENTERArti drop center J&T adalah gudang pusat penyortiran barang berdasarkan daerah tujuan
PAKET TELAH SAMPAI DI DROP CENTERPaket telah sampai di drop center artinya telah sampai ke gudang sortir J&T
SHIPPING RATESLayanan untuk melihat ongkos kirim dari J&T
PAKET SUDAH SAMPAI TUJUANMemiliki arti barang sudah sampai ke lokasi tertentu mencakup transit maupun kota tujuan
PAKET SUDAH DITERIMAPaketan telah diterima dan sampai tujuan
SUDAH DITERIMAIni adalah status yang ditunggu-tunggu oleh penerima paket, dimana artinya paket yang sudah dikirim sudah diterima sesuai alamat tujuan.
Selama tidak ada komplain oleh penerima, seperti kondisi barang rusak atau tidak sesuai maka status ini akan muncul. Lengkap pula dengan dokumentasi pendukung, seperti foto penerima, nama, dan tanda tangan pada resi penerimaan barang.
SPRINTER SEDANG MENGIRIMPunya arti kurir telah sampai ke drop point kemudian mengirimkan ke alamat tujuan
SCANScan artinya paket sedang dalam tahap scanning, di kawasan drop point J&T sebelum diantarkan ke alamat penerima. Scanning dilakukan untuk memastikan data penerima dan informasi seputar paket lainnya. Seperti siapa nama penerima, dimana alamatnya, apa kode gateway yang tertera pada paket, sampai nomor resi utama paket tersebut.
Proses scanning dilakukan, untuk memudahkan identifikasi barang dan cross check data dari pengirim dan memastikan penerima sudah sesuai dengan data yang diberikan sebelumnya. Sehingga paket tidak salah antar ke lokasi yang berbeda.
SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCANSementara waktu barang disimpan pada lokasi drop point kemudian menunggu jadwal pengiriman selanjutnya
SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCANBarang sampai ke drop point tetapi belum dapat diproses karena penyebab sistem error, salah sorting, isi mencurigakan dan lain sebagainya
SIMPANSimpan yaitu istilah, untuk menegaskan bahwa paket kiriman kamu dalam kondisi disimpan di kantor drop point paling dekat dari alamat penerima. Penyimpanan dilakukan dengan berbagai alasan, yang menyebabkan tidak bisa langsung dikirim ketika sudah sampai di drop point. Misalnya, cuaca tidak mendukung para kurir untuk melakukan pengantaran.
Atau paket tersebut tiba di luar jam kerja pengantaran, sehingga akan dikirim keesokan harinya ke alamat penerima. Penyimpanan akan diinformasikan, melalui status tracking yang dilakukan melalui situs resmi J&T atau aplikasi.
BERMASALAHBiasanya paket bermasalah, berhubungan dengan proses scanning yang dilakukan. Sehingga paket belum dapat di antar oleh kurir padahal sudah tiba di lokasi drop point. Salah satu yang sering terjadi adalah ketika alamat penerima ternyata tidak lengkap sehingga bisa menimbulkan kerancuan saat kurir melakukan pengantaran.
Dapat juga terjadi, akibat paket yang tercecer di lokasi agen lain atau sistem scanning yang sedang bermasalah sehingga petugas tidak bisa melakukan cross check dokumen. Ada juga kejadian, dimana ternyata paket ternyata berisi barang yang tidak boleh dikirim atau dilarang secara hukum dan aturan ekspedisi.
PICK UPKurir J&T akan melakukan proses penjemputan paket
HAS BEEN PICKED UPBarang sudah diambil kurir J&T dari tangan pengirim
ON HOLDArti status on hold J&T adalah paket sementara ditahan karena penyebab tertentu
INVALID AIRWAY BILLBiasanya status ini terjadi, saat kamu melakukan tracking paket berdasarkan nomor resi. Invalid artinya ada nomor yang tidak sesuai atau tidak lengkap dimasukkan, alhasil data dari paket tidak muncul.
Bisa juga terjadi akibat sistem tracking yang sedang mengalami masalah, jaringan internet yang dipakai melalui perangkat HP atau komputer sedang tidak stabil sehingga mengakibatkan pending proses tracking terjadi. Jadi, kamu harus memastikan data resi yang dimasukkan ke dalam kolom resi tracking J&T benar-benar lengkap dan tidak ada salah sedikitpun.
PACKAGE IS SUCCESSFULLY DELIVERED TO DESTINATIONPengiriman berhasil dilakukan sampai ke lokasi tujuan
HAS BEEN RECEIVED, RECEIVER NAMEBarang sudah diterima dan akan tercantum namanya
Transit CenterTransit Center adalah tempat penyimpanan barang atau gudang utama dari J&T. Lokasinya ada di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Jadi alur barang yang dikirim, dari kota pengirim akan transit terlebih dahulu di lokasi transit center terdekat antara kota pengirim dan kota atau kabupaten tujuan.
Sebagai contoh, ketika barang dikirim dari Kota Padang ke Bali maka akan ada transit dilakukan di transit center Jakarta sebelum menuju drop point di Bali atau Kota Denpasar.

Daftar Kode Gateway J&T Express Indonesia

daftar kode gateway j&t indonesia
daftar kode gateway j&t indonesia

Sebagai upaya memudahkan kamu melakukan tracking yang berhubungan dengan gateway posisi barang, berikut ini adalah daftar kode gateway di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia yang dipakai oleh J&T.

Kode GatewayKotaKode GatewayKota
ABUAtambuaAEGPadang Sidempuan
AGDAnggiAHIAmahai
AMPTojo Una-UnaAMQAmbon
AYXAyawasiBDJBanjarmasin
BDOBandungBEJTanjung Redep, Berau
BIKBiakBJKBenjina
BKSBengkuluBMUBima
BPNBalikpapanBTHBatam
BTJBanda AcehBTOTangerang
BUWBau-BauBWXBanyuwangi
BXBBaboBXTBontang
BXWBaweanCBNCirebon
CGKJakarta, TangerangCKPCikampek
CXPCilacapDJBJambi
DJJJayapuraDOBDobo
DPKDepokDPSDenpasar
DTBSiborong-BorongDTDMahakam Ulu
DUMDumaiENEEnde
FKQFakfakFLZSibolga
FOOSchoutenGLXGalela
GNSGunung SitoliGTOGorontalo
JBBJemberJIOMoa
JKSJakarta SelatanJKTJakarta
JOGYogyakartaKAZKao
KDIKendariKJTMajalengka
KNGKaimanaKNOMedan, Deli Serdang
KOEKupangKSRSelayar
KTGKetapangLAHLabuha
LBJLabuan BajoLBWLong Bawan
LLGLubuklinggauLLOLuwu
LOPMataramLPULong Apung
LSEKepulauan BatuLUVTual
MDCManadoMEQSuka Makmue
MESMedanMJUMamuju
MKQMeraukeMKWManokwari
MLGMalangMNAMelonguane
MOFMaumereMOHMorowali
MXBMasambaNAHSangihe
NAMNamleaNBXNabire
NDABandaNNXNunukan
NRENamroleNTIBintuni
NTXRanaiORGOksibil
OTIMorotaiPCBTangerang Selatan
PDGPadangPGKPangkal Pinang
PKNPangkalanbunPKUPekanbaru
PKYPalangkarayaPLMPalembang
PLWPaluPNKPontianak
PPJKepulauan SeribuPWOBanyumas
PSUPutussibauPUMKolaka
RKISiporaSAUSavu
SIWSimalungun, Toba SamosirSMQSampit
SNXSinabangSOCSurakarta
SOQSorongSQGSintang
SRGSemarangSRISamarinda
SUBSurabayaSWQSumbawa Besar
SXKSaumlakiTIMTimika
TJQTanjung PandanTJSTanjung Selor
TKGBandar LampungTMCWaikabubak
TNJTanjung PinangTRKTarakan
TSYTasikmalayaTTETernate
TXETakengonUPGMakassar
WGPWaingapuWMXPuncak Jaya
WSRWasiorWUBBali

Jangan lupa untuk selalu memastikan paket yang dikirim bisa diterima dengan baik sesuai alamat penerima. Ada beberapa hal perlu dipastikan, untuk mencegah masalah saat proses pengiriman.

Lakukan cek resi melalui cara yang benar, bisa lewat situs resmi J&T atau situs lain yang bekerjasama dengan J&T. Kemudian, segera hubungi customer service jika mengalami masalah saat pengecekan resi.

Dengan semakin lengkapnya pemahaman tentang arti istilah J&T dan berbagai informasi lainnya. Akan semakin mempermudah kamu untuk melakukan tracking paket.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar