25 Istilah dan Arti Status Pengiriman Anteraja 2022 (Terlengkap)

komerce.id – Salah satu jasa ekspedisi yang mulai dikenal saat ini adalah Anteraja. Meskipun tergolong sebagai jasa ekspedisi baru, ekspedisi ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Tetapi karena tergolong baru, masih banyak orang yang belum mengetahui istilah dan arti status pengiriman Anteraja.

Selain itu, jasa ekspedisi ini sedang populer akhir-akhir ini sehingga banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. Bahkan Anteraja juga sudah terintegrasi dengan teknologi sehingga proses pemesanan layanan sudah dapat dilakukan via aplikasi.

Meskipun menawarkan kemudahan dan pelayanan terbaik, ternyata Anteraja memiliki biaya ongkir yang relatif murah. Hal inilah yang membuat Anteraja semakin banyak digunakan oleh orang-orang.

Memahami Detail pada Resi Anteraja

kode resi anteraja
kode resi anteraja

Saat ini, semua paket yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi sudah dapat dilacak keberadaannya. Hal ini dilakukan dengan menggunakan nomor resi, nomor resi adalah identitas dari paket yang dikirimkan.

Sama seperti jasa ekspedisi lainnya, Anteraja juga dapat melakukan pelacakan paket dengan menggunakan nomor resi. Namun, ternyata banyak orang yang belum terlalu paham mengenai arti dan makna detail yang ada pada resi Anteraja.

Berikut ini merupakan detail resi yang setidaknya harus kamu pahami.

1. Details

Bagian ini dapat dikatakan sebagai bagian penting dari informasi yang ditampilkan pada saat pelacakan resi. Pada bagian ini akan terdapat informasi mengenai nomor resi, identitas dari pengirim, pihak yang akan menerima paket, dan jenis layanan ekspedisi yang digunakan.

Contoh dari bagian details resi dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

details resi anteraja
details resi anteraja

2. History

Bagian lainnya yang harus kamu ketahui adalah history. Pada bagian ini, kamu dapat melihat detail dari perjalanan paket. Kamu dapat melihat history perjalanan paket dari proses pengiriman, pendistribusian hingga paket sampai ke pihak penerima.

Adapun contoh dari bagian history dapat dilihat pada gambar berikut.

history resi anteraja
history resi anteraja

Istilah-Istilah pada Jasa Pengiriman Anteraja

istilah pengiriman anteraja
istilah pengiriman anteraja

Pada layanan Anteraja terdapat beberapa istilah yang mungkin belum diketahui maknanya oleh orang awam, berikut ini merupakan beberapa istilah yang ada pada jasa pengiriman Anteraja yang harus kamu ketahui.

  • SATRIA merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut nama pengantar paket dari Anteraja.
  • PARCEL merupakan nama lain yang digunakan untuk menamai barang atau paket yang sedang dikirimkan.
  • PICKUP merupakan istilah yang digunakan untuk proses penjemputan paket yang akan dikirimkan dari pihak pengirim.
  • STAGING STORE merupakan sebutan lain yang digunakan untuk menyebut gudang cabang ekspedisi Anteraja.
  • HUB merupakan nama lain yang digunakan untuk menyebut gudang pusat Anteraja.

Kode & Arti Status Pengiriman Anteraja

arti pengiriman anteraja
arti pengiriman anteraja

Berikut ini merupakan arti status pengiriman Anteraja dan penjelasannya

Istilah Status PengirimanArti Status Pengiriman Anteraja
Pickup sudah di-request oleh shipper & Satria akan pickup parcelPengirim sudah melakukan request pickup, kemudian kurir akan menjemput barang yang akan dikirimkan di lokasi pengirim.
Menunggu dijemput oleh SatriaPermintaan pickup telah disetujui oleh Anteraja dan kurir akan segera dikirimkan untuk menjemput paket.
Satria telah ditugaskan & parcel akan segera di-pickupKurir sedang berada di perjalanan ke lokasi pengirim barang.
Parcel telah tiba di Staging Store [kantor cabang] untuk menuju ke HubPaket telah berhasil dijemput dan diantarkan ke cabang terdekat. Kemudian, paket tersebut siap diantar ke pihak penerima sesuai dengan alamat tujuan
Parcel telah tiba di Hub AnterajaPaket sudah tiba di kantor pusat/gudang Anteraja sesuai dengan alamat tujuan.
Hub [nama kota] – Barang sudah diterimaPaket berhasil diantarkan ke alamat tujuan dan dapat dicek ketika informasi sudah terupdate di resi Anteraja kamu.
Proses transit parcel dikirim dari Hub asalPaket sedang berada dalam perjalanan menuju alamat tujuan dan sementara sedang transit di kantor pusat Anteraja yang terdekat dengan lokasi penerima.
Hub [nama kota] – Satria sudah ditugaskan dan parcel akan segera diantar ke penerimaPaket berhasil sampai di kantor pusat Anteraja terdekat dari lokasi penerima dan kurir sudah diberikan tugas untuk mengantarkan ke alamat penerima.
Parcel belum ready untuk di-pickupPaket barang belum siap untuk di-pickup
Hub [nama cabang] – Info detail pengiriman tidak tepatAlamat penerima paket belum lengkap sehingga paket belum bisa dikirimkan.
Penundaan delivery karena cuacaPengantaran ke alamat penerima ditunda karena cuaca sedang tidak bersahabat.
Hub [nama kota] – Ubah waktu penerimaan & pengiriman sesuai persetujuan pelangganKurir memberi info ke pengirim bahwa waktu pickup serta pengantaran akan berubah sesuai dengan persetujuan dari pengirim.
Hub [nama kota] – Parcel telah di-pickup oleh SatriaPaket telah berhasil di-pickup oleh kurir untuk diantarkan ke kantor cabang Anteraja terdekat dengan lokasi penerima.
Kendala operasional, penundaan penjemputanTerdapat kendala operasional sehingga proses penjemputan paket ditunda dalam beberapa jam atau bisa jadi keesokan harinya.
Kode Booking/ No RESI/ AWBMemiliki arti 13 nomor unik yang berguna sebagai identitas paket ketika proses pengiriman dan cek resi
Kode ServiceArtinya kode unik yang mewakili jenis layanan seperti ND (Next Day), SD (Same Day) serta REG (Regular).
ShipperPunya arti pihak yang mengirimkan barang
PenerimaPunya arti pihak yang menerima barang

Jenis Layanan Pengiriman yang Ditawarkan Anteraja

jenis layanan anteraja
jenis layanan anteraja

Sama seperti jasa ekspedisi lainnya yang menawarkan berbagai jenis layanan, Anteraja juga tidak mau ketinggalan. Jenis layanan yang dimiliki oleh Anteraja terbagi menjadi tiga jenis layanan, sehingga kamu dapat memilih layanan pengantaran sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan budget yang disiapkan untuk proses pengantaran barang. Setiap jenis layanan memiliki biaya kirim yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah jenis layanan yang sesuai dengan budget yang tersedia.

Adapun tiga jenis layanan yang dimiliki oleh jasa ekspedisi Antreraja antara lain adalah:

1. Layanan Pengiriman Reguler

Jenis layanan ini adalah jenis layanan yang paling ekonomis. Banyak orang yang menggunakan jenis layanan ini dikarenakan tarifnya yang terjangkau. Biaya ongkir untuk layanan pengiriman reguler ini dibandrol dengan biaya mulai dari Rp.5.000 saja.

Meskipun terbilang ekonomis, tetapi pelayanan yang diberikan tetap maksimal. Jasa ekspedisi Anteraja dengan jenis layanan ini pun tetap mampu mengantarkan barang ke seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan estimasi waktu yang diperlukan berkisar 1 hingga 2 hari saja.

2. Layanan Pengiriman Next Day

Jika kamu ingin barang yang dikirimkan cepat sampai, maka pilihan layanan pengiriman next day dapat dijadikan sebagai pilihan. Namun, karena memiliki pelayanan yang lebih cepat, tarif ongkir yang dibebankan pun sedikit lebih mahal dibandingkan layanan pengiriman reguler.

Adapun tarif yang dibebankan untuk layanan pengiriman next day ini adalah Rp. 8.000. Dengan menggunakan jenis layanan ini, barang yang dikirimkan sudah dapat diterima pada keesokan harinya.

3. Layanan Pengiriman Same Day

Jasa ekspedisi Anteraja ternyata juga memiliki layanan pengiriman yang menawarkan paket sampai pada hari yang sama, layanan ini dikenal dengan layanan same day. Biasanya paket yang dikirimkan akan sampai maksimal 8 jam dari proses pengiriman.

Jenis layanan ini sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang memiliki kebutuhan mendesak. Adapun tarif yang dibebankan untuk layanan pengiriman same day adalah Rp.13.500.


Bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis yang sering mengirimkan paket ke konsumen, maka jasa ekspedisi Anteraja ini dapat jadi pilihan yang tepat. Ada banyak layanan yang dapat dipilih dengan harga yang cukup murah. Selain itu, pelayanan yang diberikan sangatlah memuaskan.

Namun, sebelum menggunakan jasa ekspedisi ini kamu harus mengetahui berbagai macam istilah dan juga arti status pengiriman Anteraja ini. Dengan demikian, kamu dapat memahami status paket yang dikirimkan dengan mudah dan cepat.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar