8 Arti Status Pengiriman aCommerce 2022, Istilah & Contoh Resi

komerce.id – Akulaku dikenal sebagai salah satu financial technology yang biasanya memberikan kesempatan siapa saja untuk meminjam uang secara online. Selain itu, Akulaku juga merupakan sebuah marketplace yang menyediakan berbagai produk kebutuhan. Oleh karena itu, tersedia juga sistem pembelian online dengan sistem yang sama dengan marketplace lain seperti Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia.

Untuk memperlancar ekspansi bisnis, Akulaku bekerjasama dengan salah satu ekspedisi bernama aCommerce yang sudah jadi salah satu perusahaan ternama di kawasan Asia tenggara. Salah satu layanan yang disediakan adalah pengecekan pengiriman barang lewat proses tracking dan cek resi.

Kamu harus tahu, bahwa Istilah atau kode pengiriman aCommerce memakai bahasa Inggris, karena aCommerce merupakan perusahaan internasional dan tidak hanya beroperasi di Indonesia saja. Dengan mengetahui arti status pengiriman aCommerce, kamu akan dapat tahu lokasi terkini paket.

Status yang Sering Muncul di aCommerce

status yang sering muncul di acommerce
status yang sering muncul di acommerce

Jika dibandingkan dengan istilah yang lain, beberapa istilah status berikut ini paling sering muncul. Masing-masing, memiliki arti berbeda dan pastinya berhubungan dengan status terkini sebuah paket yang sedang dikirim. Beberapa diantaranya adalah:

  • Canceled
  • Ready to ship
  • In transit
  • Order received
  • Completed
  • Failed to deliver
  • Rejected

Daripada bingung apa maksud dari masing-masing status tersebut, kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Arti Status Pengiriman aCommerce Akulaku

arti status pengiriman acommerce akulaku
arti status pengiriman acommerce akulaku

Sebenarnya secara umum, walaupun menggunakan bahasa Inggris namun jika diartikan maka masing-masing istilah berikut sangat familiar didengar. Hanya saja, Akulaku memiliki persepsi berbeda dan harus diketahui oleh pelanggan supaya tidak ada informasi yang salah diterima nantinya.

Sebagai panduan bagi kamu yang akan menggunakan aplikasi atau situs belanja ini untuk melakukan transaksi, ada beberapa penjelasan lengkap terkait status dari status pengiriman barang.

StatusPenjelasan
Order receivedPaket yang sudah di order melalui Akulaku, akan diproses untuk pengiriman. Biasanya waktu proses tergantung pada ketersediaan barang dari toko online dan antrian pengiriman yang ada pada toko tersebut. Ada yang butuh waktu beberapa jam hingga beberapa hari
Ready to shipPaket sudah diproses dan datanya sudah masuk ke dalam sistem. Proses ini dilakukan di kantor utama terdekat dari aCommerce, kemudian kurir yang ditentukan akan melakukan pengantaran sesuai alamat penerima
In TransitPaket sudah berada di tangan kurir dari HUB aCommerce, untuk selanjutnya akan dikirim ke alamat tujuan. Proses ini membutuhkan waktu tertentu, tergantung banyaknya jumlah paket yang diantar kurir.
CompletedPaket sudah diterima dengan baik oleh penerima sesuai lokasi yang sudah diinformasikan oleh pengirim ketika akan melakukan pengiriman barang.
Failed to deliverPaket belum bisa diberikan kepada penerima oleh kurir karena beberapa alasan. Diantaranya, alamat pengantaran kosong sehingga tidak ada yang menerima paket. Bisa juga karena kurir tidak dapat menghubungi penerima sesuai nomor telepon yang dimasukkan pengirim saat input data. Kendala lain seperti cuaca dan lainnya
CanceledPaket batal dikirimkan ke alamat penerima, karena alasan tertentu. Detailnya bisa langsung ditanyakan kepada pengirim barang, supaya tidak terjadi salah informasi yang merugikan pihak penerima barang.Contoh kasusnya pembatalan akibat barang yang dikirim ternyata salah dan harus ditarik dan dikirim ulang sesuai pesanan.
RejectedPaket ditolak langsung oleh penerima dengan berbagai alasan. Jika hal ini terjadi, maka penerima sebaiknya menghubungi pengirim untuk memastikan langkah selanjutnya dari paket tersebut. Apakah akan dikembalikan dan dikirim ulang dengan produk yang tepat, atau uang dikembalikan dengan prosedur yang sudah ditentukan.
Shipment received by JNE counter officer atJika status tracking resi aCommerce Akulaku muncul seperti ini, itu artinya paket kiriman diproses atau diteruskan ke pihak JNE.

Berdasarkan penjelasan status di atas, bisa dilihat bahwa ada beberapa kondisi dimana paket mengalami perubahan ekspedisi pengiriman. Salah satu yang paling menonjol adalah, perubahan ekspedisi pengiriman dari aCommerce Akulaku menjadi JNE. 

Pada kenyataannya ketika paket sudah sampai ke Indonesia maka akan dialihkan pengirimannya misalnya aCommerce ke JNE maupun jasa ekspedisi lainnya. Hal ini karena aCommerce belum memiliki fasilitas pengiriman di Indonesia, hanya ada kantor di area Jakarta dan Bekasi saja sehingga membutuhkan ekspedisi lainnya.

Tentunya akan berimbas pada jadwal sampainya barang di tangan penerima, dimana barang tersebut harus kembali melalui proses identifikasi oleh pihak JNE sebelum diantar oleh kurir ke alamat tujuan.

Kondisi tersebut, akan memperlambat proses pengiriman dan menjadi kekecewaan tersendiri oleh penerima. Apalagi, bagi kamu yang ingin paket agar cepat sampai karena akan segera digunakan untuk kebutuhan tertentu.

Contoh Status Resi Pengiriman aCommerce

Tidak jauh berbeda dengan histori pengiriman barang pada ekspedisi dan marketplace lain, aCommerce juga punya sistem dan tampilan riwayat kirim yang detail dan jelas. Seperti pada gambar berikut.

contoh status resi pengiriman acommerce
contoh status resi pengiriman acommerce, sumber gambar: myopensketchbook.com

Pada contoh tersebut terlihat jelas, rincian pengiriman sebuah paket. Mulai dari diterimanya order oleh toko online, kemudian dilakukan pengiriman oleh penjual menggunakan sistem yang sudah disediakan marketplace ini.

Tentunya akan mempermudah melakukan pelacakan paketmu. Apakah sudah dikirim, sudah berangkat dari gudang atau bahkan sudah hampir sampai di lokasi penerima.


Apakah kamu akan melakukan pengiriman melalui aCommerce Akulaku? Jika iya, dengan memahami semua arti status pengiriman aCommerce Akulaku akan membantu, supaya lebih mudah melakukan pelacakan paket sehingga tidak terjadi salah informasi.

Kamu dapat melacak posisi terkini paket, kamu juga dapat komplain apabila ada masalah pada paket saat dalam perjalanan. perlu kamu ketahui, kelemahan aCommerce adalah masih mengandalkan ekspedisi lain untuk meneruskan pengiriman di Indonesia.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar