facebook-viewcontent

Apa Itu Omnichannel Marketing? Ini Manfaat, Cara Kerja dan Rekomendasinya

Kamu lagi mengalami kenaikan biaya admin marketplace yang makin tinggi? Omnichannel marketing solusinya. 

Sebelum terlalu jauh, yuk kita pahami dulu apa itu omnichannel marketing dan bagaimana hal tersebut penting dalam dunia bisnsi online. 

Omnichannel marketing adalah pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan berbagai platform untuk memaksimalkan penjualan, baik toko online, offline, hingga website bisnis. 

Strategi pemasaran model ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan memastikan konsumen dapat berinteraksi dengan merek secara konsisten, terlepas dari saluran yang mereka gunakan.

Bagaimana Cara Kerja Konsep Omnichannel Marketing? 

Sistem omnichannel bekerja dengan sangat sederhana. Pertama, pelanggan menemukan produk di salah satu sosial media misalnya, setelah merasa tertarik pelanggan mengklik link di bio sosial media hingga membawa mereka ke situs web toko.

Setelah sampai di website, pelanggan memutuskan untuk membeli produk. Barang kemudian dikirim dan diterima dengan baik. Setelah pembelian, pelanggan mendapat email otomatis yang meminta mereka memberikan ulasan. Jika puas dengan produk dan layanan, mereka kemungkinan besar akan kembali membeli melalui proses yang sama di lain waktu. 

Contoh Omnichannel Marketing

Marketplace

Marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada, adalah salah satu saluran penjualan online yang dapat digunakan sebagai bagian dari strategi omnichannel.

Platform tersebut banyak digunakan para penjual untuk memasarkan produk mereka. Konsumen akan merasa terbantu dengan banyak pilihan produk yang terangkum di marketplace. 

Media Sosial dan Live Shopping

Menggunakan platform seperti TikTok untuk live shopping, di mana konsumen bisa langsung berbelanja sambil melihat produk. 

Penting untuk menggunakan aplikasi pengecekan ongkir untuk memberikan transparansi kepada konsumen mengenai biaya pengiriman.

Website

Mengingat biaya admin di marketplace yang semakin hari semakin naik, banyak pebisnis yang menjadikan website sebagai alternatif yang dapat diandalkan. 

Lewat website, memungkinkan pebisnis untuk mengelola data konsumen dengan lebih baik, melakukan up selling dan cross-selling.

Kamu bisa memanfaatkan API pengiriman untuk menciptakan pengalaman belanja yang efisien pada konsumen. 

Selain itu, website bisnis yang sudah mengintegrasikan API pengiriman juga memungkinkan pemantauan dan pelacakan pengiriman dengan akurat. 

Cek Ongkir Lengkap 

Jika kamu ingin membuat website untuk bisnismu, pastikan melengkapinya dengan API pengiriman.

Menggunakan API Pengiriman dari RajaOngkir Kamu bisa menawarkan layanan cek ongkir untuk berbagai ekspedisi, baik domestik maupun internasional. 

Selain itu, API Pengiriman RajaOngkir juga memungkinkan pelanggan melacak resi dengan mudah dan mengirim paket langsung dari websitemu dengan tarif yang lebih hemat berkat diskon melimpah yang tersedia. 

Tentu ini akan meningkatkan kenyamanan belanja pelanggan dan membuat bisnis onlinemu lebih profesional serta terpercaya.

Jika Kamu membuat website bisnis online pakai API Pengiriman dari RajaOngkir, ada banyak kemudahan seperti : 

  1. Bebas atur margin ongkir
  2. Cek ongkir pengiriman di berbagai ekspedisi COD dan non-COD
  3. Lacak resi pengiriman dengan mudah
  4. Pengiriman COD dan non-COD dapat dipickup gratis
  5. Memudahkan pengecekan status pengiriman paket
  6. Memantau pengiriman bermasalah dan langsung terhubung dengan ekspedisi untuk solusi cepat
  7. Tidak perlu khawatir sebab ada dim support yang siap membantu ketika Kamu mengalami kendala baik siang maupun malam

Sila cek fitur dan rasakan kemudahannya di rajaongkir.com  

Tyas

Pernah belajar jurnalistik, penyuka Dewa dari Leuwinanggung dan menjadikan nongkrong sebagai produktifitas.

Tinggalkan komentar