Repeat Order: Pengertian, Kelebihan dan Tips Meningkatkannya

komerce.id – Saat kamu mempunyai sebuah usaha, maka sangat penting untuk memperhatikan apakah ada banyak pelanggan yang membeli kembali. Sayangnya, masih ada banyak orang belum mengetahui apa arti repeat order. Padahal, hal ini bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Repeat order dapat terjadi ketika ada pembelian berulang atas sebuah produk. Dengan begitu, pelanggan yang sudah membeli akan datang kembali untuk melakukan pembelian ulang. Tidak heran jika dapat disebut sebagai pelanggan setia.

Itulah mengapa, kamu harus bisa meningkatkan repeat order tersebut. Pasalnya, langkah ini bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang. Adapun hal yang perlu diperhatikan agar tingkat pembelian tinggi adalah hubungan baik antara penjual dan pelanggan.

Baca juga: Pengertian Kepuasan Pelanggan

Apa Arti Repeat Order?

Apa Arti Repeat Order
Arti Repeat Order

Secara harfiah, repeat order adalah pemesanan kembali. Repeat order biasanya dilakukan oleh para pembeli yang puas dengan produk yang dibeli. Istilah repeat order juga bisa diartikan sebagai aktivitas berbelanja kembali pada tempat atau toko yang sama secara berulang kali.

Tentunya ada banyak alasan mengapa pembeli melakukan hal tersebut, adapun alasan paling utamanya adalah produknya berkualitas. Dengan begitu, pelanggan tidak akan ragu untuk membeli kembali di lain waktu karena produknya sudah terbukti mempunyai value sesuai yang mereka perlukan.

Tidak hanya itu saja, tentunya masih ada banyak alasan lain mengapa pembeli ingin melakukannya, seperti; mendapatkan pelayanan yang baik, layanan belanja memudahkan mereka, serta nilai-nilai plus dari sebuah usaha yang bisa menjadikan pelanggan sebagai pelanggan setia.

Kelebihan Repeat Order untuk Usaha

Kelebihan Repeat Order
Kelebihan Repeat Order

Tahukah Kamu, bahwa ketika meningkatkan tingkat pembelian ulang dari pelanggan tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Seperti dapat memangkas biaya pemasaran dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, simak beberapa keuntungannya pada penjelasan di bawah ini:

1. Meningkatkan Nilai Brand

Disadari atau tidak, apabila tingkat pemesanan berulang semakin meningkat, maka secara tidak langsung akan meningkatkan nilai brand. Hal ini berarti akan berbanding lurus sehingga promosinya juga lebih tepat sesuai sasarannya.

Tidak hanya itu, hal ini juga akan menjadikan pelanggan berpikir-pikir jika ingin membeli di toko lain. Dengan begitu, tentu saja usaha kamu semakin dipercaya. Oleh sebab itu, jangan hanya mengedepankan kuantitas saja akan tetapi juga pastikan memberikan kualitas secara optimal.

2. Mengurangi Biaya Promosi

Ada banyak orang yang masih belum menyadari, bahwa sebenarnya tingginya nilai repeat order juga dapat membantu mengurangi biaya promosi/iklan. Sampai saat ini, banyak pengusaha masih terkendala mengenai marketingnya sehingga dalam memasarkan produk memerlukan banyak biaya.

Baik itu untuk mencetak brosur, memasang iklan di media sosial, membayar karyawan marketing, menyewa jasa influencer, dan masih banyak lagi lainnya. Berbeda apabila repeat order yang kamu peroleh sudah banyak maka tentunya tidak memerlukan biaya banyak dalam mempromosikannya.

3. Sebagai Parameter Usaha

Pada dasarnya, parameter usaha dapat kamu ketahui dari banyaknya jumlah repeat orderan yang masuk. Baik itu dalam satu tahun ataupun per bulannya. Umumnya sebuah perusahaan akan melakukan identifikasi mengenai hal ini sebagai bagian dari strategi promosi agar lebih baik kedepannya.

Artinya apabila repeat order tinggi, maka tentu saja ketertarikan sekaligus eksistensi toko semakin terakui. Hal ini umumnya menunjukkan bahwa ada banyak keunggulan dari produk maupun usahanya. Entah itu dari teknik pelayanan yang memuaskan, produk berkualitas, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Dapat Mempertahankan Karyawan/Pelanggan

Keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh adalah dapat mempertahankan karyawan maupun pelanggan. Hal ini karena adanya orderan cukup tinggi sehingga usaha tersebut akan tetap berjalan. Tenaga kerja di dalamnya juga mempunyai kesempatan untuk bekerja secara kontinyu.

Mereka juga tidak akan mengalami PHK secara sepihak. Begitu juga dengan pelanggan yang akan bertambah seiring berjalannya waktu karena kualitas produknya sudah terbukti. Hal ini juga dapat menjadikan arus keuangan meningkat dan berjalan stabil sehingga bisa menambah karyawan lagi.

Baca juga: 12 Alasan Mengapa Produk Jualan Tidak Ada yang Beli (Tidak Laku)

Tips Meningkatkan Repeat Order

Tips Meningkatkan Repeat Order
Tips Meningkatkan Repeat Order

Setelah memahami berbagai keuntungannya di atas, maka tentu saja kamu sebagai pelaku usaha sudah tidak sabar lagi untuk meningkatkan repeat order. Dalam hal ini sendiri terdapat beberapa cara yang perlu diterapkan. Agar mengetahuinya, maka simak ulasan berikut:

1. Buat Promo Menarik

Sebenarnya, repeat order termasuk sebagai langkah untuk mendatangkan keuntungan lebih banyak atas sebuah usaha. Oleh sebab itu, salah satu cara meningkatkannya secara efektif adalah dengan memberikan tawaran promosi dengan rajin. Contohnya saja memberikan diskon pada pelanggan setia.

Tentu saja akan meningkatkan tingkat repeat order itu sendiri. Hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan loyalitas mereka terhadap produknya. Adapun beberapa cara lainnya adalah memberikan voucher bebas ongkir, menawarkan buy one get one, serta masih banyak lagi lainnya.

2. Berikan Pelayanan Ramah

Selanjutnya, usahakan juga untuk memberikan pelayanan ramah. Oleh sebab itu, jangan hanya berfokus pada kualitas produknya saja. Pastikan juga memberikan pelayanan toko ramah serta saling menghargai. Dalam ini ini sendiri penting menjalin komunikasi dengan pembeli.

Contohnya saja saat menghadapi pertanyaan dari pelanggan. Pastikan kamu selalu bersabar dan menjelaskan dengan bahasa sopan serta mudah dimengerti. Hal ini juga berlaku ketika mendapatkan pelanggan komplain. Usahakan memberi perhatian ekstra kemudian cari solusi terbaik.

3. Maksimalkan Pembuatan Konten

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan pembuatan konten. Termasuk di sosial media mengingat sekarang ini ada banyak orang menggunakannya. Dengan begitu, akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru kemudian menjadikannya sebagai pelanggan setia.

Salah satu caranya adalah dengan merepost unggahan pelanggan tentang produk kamu. Tentu saja hal ini akan menjadikan usaha semakin dekat di mata mereka. Selain itu, menyebabkan pelanggan ingin membeli kembali serta produknya juga lebih mudah dipercaya oleh pembeli baru.

4. Buat Kemasan Terbaik

Hingga sekarang ini masih ada banyak pengusaha yang masih mengesampingkan pembuatan kemasan produk. Padahal, fungsinya sangat penting termasuk dalam meningkatkan repeat order. Oleh sebab itu, usahakan Kamu menciptakan desain kemasan secara multifungsi sehingga dapat menjadi nilai plus.

Hal ini juga tentunya secara efektif dapat membantu meningkatkan pembelian berulang. Pasalnya pelanggan akan lebih mudah tertarik membeli produk berdasarkan tampilan kemasannya. Seperti kemasan jam tangan dengan kotak yang dapat berfungsi sebagai celengan koin serta masih banyak lagi.

5. Perhatikan Ketepatan Pengiriman

Pengiriman merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan angka repeat order dalam sebuah usaha. Apabila pelanggan puas mengenai hal ini maka bukan tidak mungkin mereka ingin membeli produk kembali di lain waktu atau merekomendasikannya ke orang-orang terdekat.

Sekarang ini sendiri sudah hadir kompack.id yang membantu kamu dalam menyediakan gudang untuk stok produk. Tentu saja kebutuhan pelanggan akan lebih mudah tercukupi sesuai permintaan produknya. Pengirimannya juga akan lebih mudah dilakukan tanpa perlu khawatir kekurangan area penyimpanan.


Sekarang kamu sudah mengetahui betapa pentingnya arti repeat order bagi seorang pengusaha. Tentu saja perlu memperhatikan bagaimana cara meningkatkannya mulai dari sekarang. Hal ini agar nantinya produk tersebut tetap eksis di kalangan pembeli.

Selain itu, keuntungan usaha kamu juga semakin mengalami peningkatan. Bukan tidak mungkin apabila ingin menambah jumlah karyawan atau menaikkan gajinya sebagai sebuah apresiasi. Dengan begitu, mereka akan lebih semangat untuk berdedikasi.

Terlebih sekarang sudah ada banyak cara bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan angka pembelian ulang. Tentu saja sangat penting menerapkannya sedari awal agar nantinya usaha tersebut tetap berjalan dengan arus keuangan yang bagus.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar