Ikuti Flash Sale Tokopedia biar Penjualanmu Meningkat Saat Harbolnas 12.12

Siapa yang tak tau Harbolnas. Sebagai orang yang akrab dengan bisnis online, harbolnas menjadi moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Hal itu karena pada momen Harbolnas akan banyak orang berbelanja dan berburu sale di marketplace.

Jika kamu salah satu seller di marketplace, tak ada salahnya untuk mengikuti momen yang diselenggarakan tiap tahun ini. Moment ini sangat tepat untuk kamu meningkatkan penjualan, apalagi jika kamu ikut dalam flash sale.

Kamu bisa mengikuti program Flash Sale yang diselenggarakan oleh Tokopedia pada saat Harbolnas. Tokopedia sebenarnya juga banyak menyediakan event Flash Sale pada Kejar Diskon, Kejar Diskon Spesial, TokoMart, Tokopedia NYAM, dan masih banyak lagi. 

Kamu juga bisa loh mengatur dan membuat flash sale sendiri  dengan fitur Flash Sale Toko! Namun fitur ini hanya bisa dinikmati oleh Seller Power Merchant PRO dan Official Store. Buat kamu yang sudah terdaftar dalam dua kategori seller tersebut, pada artikel ini Komerce akan membahas cara mengatur flash sale untuk tokomu

Apa itu Flash Sale Tokopedia?

Flash sale tokopedia adalah program kampanye dari Tokopedia di mana seller dapat mengikuti program dengan memberikan potongan diskon dengan jangka waktu yang ditentukan oleh Tokopedia. 

Produkmu akan muncul di halaman utama tokopedia jika kamu mengikuti program ini. Keuntungannya, produkmu akan dilihat oleh lebih banyak pembeli dan berpeluang tinggi untuk dibeli. Flash sale ini juga menjadi ajang promosi yang baik untuk produkmu.

Dengan mengikuti flash sale Tokopedia kamu juga berpeluang untuk menjual hingga 50% produk yang kamu daftarkan. Terdengar menggiurkan bukan?

Apa itu Flash Sale Toko?

Flash Sale Toko adalah fitur promosi flash sale yang bisa diatur sendiri oleh seller di tokonya. Dengan fitur ini, pembeli bebas mengatur sendiri diskon, jadwal, stock, maupun produk andalan. Itu artinya, kamu bebas untuk menentukan nominal diskon menarik dan langsung tampil di tokomu.

Meskipun sekilas tampak sama dengan flash sale Tokopedia (kejar diskon), namun sebenarnya kedua program ini berbeda. Pada flash sale ini, program diselenggarakan oleh seller. Jadwal, produk, dan kategorinya pun diatur sesuai dengan kebutuhan seller. 

Kamu bisa menggunakan fitur flash sale toko untuk memberikan diskon suka-suka kamu. Meskipun begitu, produk hanya dapat dibeli pada periode promo seperti flash sale pada umumnya. Jadi, tak perlu khawatir kalau omset penjualanmu bakal anjlok ya.

Cara Membuat Flash Sale Toko:

  1. Buka menu Tokopedia Seller
  2. Pilih Iklan dan Promosi
  3. Pilih Flash Sale Toko
  4. Pilih Buat Campaign
  5. Atur Jadwal dan Informasi
  6. Pilih Produk yang akan kamu promosikan
  7. Atur diskon dan Stoknya 
  8. Selesai!

Tips Mengikuti Flash Sale dan Promo dari Tokopedia

apa itu flash sale

Sebelum mengikuti Flash Sale dan Promo dari Tokopedia kamu harus tau jika tidak semua seller dapat mengikuti program Flash Sale dari Tokopedia. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan peluang ikut promo dan flash sale Tokopedia:

1. Upgrade status keanggotaan tokomu

Tidak semua seller bebas mengikuti event ini, hanya seller dengan status keanggotaan tertentu yang berpeluang besar mengikuti promosi dan flash sale dari Tokopedia. Maka hal yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan meningkatkan status keanggotaan tokomu.

Tingkatkan status keanggotaanmu menjadi Power Merchant, Power Merchant PRO, dan Official Store, biar kesempatan mengikuti Promo Tokopedia dan Flash Sale Tokopedia semakin besar.

2. Tingkatkan skor performa toko

Nggak cuma upgrade status keanggotaan tokomu,kamu juga perlu meningkatkan dan mempertahankan skor performa tokomu. Tingkatkan dengan mempertahankan beberapa parameternya seperti tingkat kesuksesan pesanan, kecepatan membalas chat, dan lainnya.

3. Pastikan SKU produk aktif dan stoknya cukup

Cek kembali SKU dan stock produk kamu! Apakah cukup untuk mengikuti flash sale? Hal ini untuk mengantisipasi barang yang out of stock ketika promosi dan flash sale sedang berlangsung. 

4. Perbanyak variasi jenis produk

Dengan banyaknya variasi produk maka kamu akan lebih berpeluang dalam mengikuti promo dan flash sale dari Tokopedia. Banyaknya variasi juga akan membuat pembeli memiliki pilihan yang lebih banyak.

5. Konsisten dalam meningkatkan skor produkmu

Untuk meningkatkan skor produk, kamu harus dapat menjaga kualitas beberapa hal seperti kualitas gambar, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Untuk kualitas gambar, usahakan agar gambar memiliki resolusi yang tinggi dan tidak berbeda jauh dibandingkan produk aslinya.

6. Tingkatkan jumlah penjualan produk dan perbanyak rating produk bintang 5

Rating produk yang tinggi akan semakin meningkatkan minat pembeli untuk membeli produkmu. Tak hanya itu, Tokopedia akan semakin mudah dalam mendeteksi produkmu untuk diikutsertakan dalam promo dan flash sale.

7. Berikan harga atau diskon yang menarik

Buatlah harga atau diskon yang menarik mata pembeli ketika check out produkmu. Jangan menaikkan harga kemudian memberikan diskon yang seolah-olah tinggi untuk mendongkrak penjualanmu, karena itu akan mengurangi kepercayaan konsumen.

8. Hindari menjual produk bekas, grosir, atau preorder

Untuk menjaga kualitas barang sampai ke tangan pembeli, hindari menjual produk bekas. Tak hanya itu, barang grosir akan membuat pembeli mengurungkan niat membeli karena harus membayar untuk jumlah yang banyak, dan barang pre order tidak dapat langsung dikirim saat itu juga sehingga pembeli akan menunggu terlalu lama.

9. Pastikan kamu tidak menjual produk yang dilarang Tokopedia

Patikan produk kamu bukanlah produk-produk yang dilarang di Tokopedia, ya. Produk-produk yang dilarang secara otomatis tidak akan diikutsertakan dalam promo dan flash sale yang diadakan oleh Tokopedia.


Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan dan perhatikan ketika kamu ingin mengikuti promosi dan flash sale di Tokopedia pada Harbolnas 12.12. Sebenarnya persiapan ini tidak terlalu sulit dan cukup mudah untuk diterapkan.

Harbolnas menjadi hal yang sangat ditunggu oleh penggemar belanja online dan pebisnis online. Dengan tingginya antusias masyarakat dalam berbelanja ada baiknya sebagai pebisnis kamu memanfaatkan dengan baik momen ini untuk meningkatkan penjualan produkmu.

admin marketplace komtim
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar