15+ Contoh Deskripsi Toko Online (Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak)

komerce.id – Bisnis toko online makin banyak diminati karena kebiasan masyarakat yang berubah dari belanja langsung ke store menjadi belanja online. Bagi orang awam, membuka toko online mungkin dianggap gampang. Padahal, ada banyak elemen yang perlu diperhatikan lho, termasuk soal contoh deskripsi toko online.

Deskripsi dari toko online sendiri tidak bisa dibuat asal atau kamu mengarang bebas begitu saja, ada beberapa hal penting yang perlu kamu lampirkan dalam deskripsi toko dan itu harus sesuai dengan fakta.

Bersamaan dengan deskripsi toko, ada juga istilah deskripsi produk. Wah, apa lagi nih? Tidak perlu bingung, dibawah nanti juga akan dijelaskan apa bedanya kedua deskripsi ini. Jadi buat kamu yang berencana membuka toko online, yuk pelajari soal deskripsi toko.

Kenapa Deskripsi Toko Itu Penting?

kenapa deskripsi toko itu penting

Jadi di dalam marketplace yang akan kamu pilih untuk membuka toko online (Shopee, Lazada, Tokopedia, atau lainnya), akan ada ratusan bahkan ribuan toko online lain.

Nah, fungsi dari deskripsi toko adalah memberikan berbagai informasi kepada audiens mengenai toko kamu supaya audiens tidak bingung toko kamu ini sebenarnya jual apa.

Selain itu, deskripsi toko ini juga berguna untuk menampilkan kesan profesional dan secara tidak langsung meyakinkan calon pembeli.

Deskripsi toko online itu sama dengan identitas dari toko kamu, jadi kalau kamu tidak melampirkan deskripsi toko dengan jelas, atau bahkan tidak ada deskripsinya sama sekali, pelanggan jadi kurang informasi.

Bedanya Deskripsi Toko dan Deskripsi Produk

Sekilas, deskripsi toko dan produk mungkin dianggap sama oleh para pemilik toko online pemula, padahal sebenarnya keduanya berbeda lho. Kalau deskripsi toko biasanya berisi informasi dari toko itu sendiri (mungkin jenis produk yang dijual, visi misi, alamat toko fisik kalau ada, jam operasional, dll.).

Sedangkan untuk deskripsi produk lebih berisi mengenai kegunaan produk, kondisi produk (baru atau bekas), pilihan ukuran dan/atau warna (kalau ada), cara menggunakan produk / cara penyimpanan. Deskripsi produk tergantung jenis produk itu sendiri, apakah skincare, makanan, fashion, atau lainnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis Deskripsi Toko

hal yang perlu diperhatikan saat menulis deskripsi toko

Supaya kamu bisa menulis deskripsi toko online yang bagus dan terlihat profesional, inilah beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan:

1. Nama Toko

Tuliskan nama toko kamu yang sebaiknya langsung menggambarkan tentang produk yang kamu jual, misalnya Larissa Shoes, Sweet Cake, Mukena Store, dll.

2. Tagline Sesuai SEO

Lampirkan tagline yang sesuai dengan produk yang kamu jual misalnya, “Jual mukena travel anti kusut dan tidak makan tempat”, atau “Aneka sepatu cewek modis yang empuk dan nyaman dipakai”.

3. Jenis Produk yang Dijual

Misalnya produk yang kamu jual fokus di makeup. Karena jenis makeup sangat banyak, kamu perlu informasikan ke calon pembeli jenis makeup apa saja yang ada di toko kamu, misalnya pensil alis, bedak, foundation, maskara, eye shadow, lipstik, bulu mata palsu, lem bulu mata, dll.

4. Alamat dan Kontak

Kalau kamu ada toko fisik, kamu bisa lampirkan juga alamatnya. Tapi kalau tidak ada, cukup tuliskan dengan lengkap dan jelas kemana pelanggan bisa menghubungi kamu selain lewat chat di marketplace tersebut, misalnya di whatsapp, telepon kantor, email, atau lainnya.

Contoh Deskripsi Toko Online yang Menarik

Kalau kamu masih bingung gimana cara membuat deskripsi toko yang tepat sekaligus bisa menarik pembeli, kamu bisa cek beberapa contoh deskripsi toko dari brand yang terkenal seperti berikut:

Maybelline

maybelline indonesia

Johnson & Johnson

johnson & johnson

Unilever

unilever indonesia

Salah satu toko kosmetik di kawasan Jakarta

ailin kosmetik jakarta

Contoh Deskripsi Toko Tokopedia yang Bikin Toko Rame!

Semua deskripsi toko di Tokopedia sudah otomatis menampilkan pilihan ekspedisi karena menjadi bagian dari fitur Tokopedia. Beberapa contohnya adalah:

1. Toko Kue Meisya

tokopedia toko kue meisya

Salah satu toko kue di kawasan Jakarta ini membuat deskripsi toko yang berisi informasi kontak, jam dan hari buka, serta batas maksimal order agar produk bisa dikirim pada hari yang sama.

2. Bmodis Tas Sepatu Wanita Jakarta

tokopedia bmodis tas sepatu wanita jakarta

Toko ini menginformasikan jenis produk yang dijual, kondisi, dan bahkan jenis layanan dan sistem pembelian di bagian deskripsi tokonya.

3. Mazaya Mukena

tokopedia mazaya mukena

Berlokasi di Bekasi, toko mukena ini membuat deskripsi toko yang menginformasikan mengenai produk apa saja yang dijual selain mukena itu sendiri.

Contoh Deskripsi Toko Bukalapak Agar Terpercaya

Kalau kamu lebih tertarik untuk membuka toko online di Bukalapak, maka inilah beberapa contoh deskripsi toko di platform ini:

1. Mentari Jaya Jahit

bukalapak mentari jaya jahit

Toko yang khusus menjual peralatan jahit ini memiliki deskripsi toko berisi jam operasional, hari kerja, dan sistem komplain jika produk yang dikirim bermasalah.

2. Viva Apotek

bukalapak viva apotek

Deskripsi apotek online ini menekankan bahwa produk-produk yang dijual adalah asli dan banyak macamnya. Lalu ada juga informasi mengenai jam operasional toko.

3. Toko AlphaBeta

bukalapak toko alphabeta

Toko ini memberitahu pelanggan tentang jenis barang yang dijual dengan cukup lengkap lewat deskripsi toko. Tapi sayangnya tidak disebutkan jam operasional toko dan hal lainnya.

Contoh Deskripsi Toko Lazada yang Menarik

Marketplace yang satu ini juga sukses menarik banyak seller dan buyer di platformnya. Kalau kamu berminat join di sini sebagai seller, inilah beberapa contoh deskripsi toko yang bisa kamu coba:

1. Leviora

lazada leviora

Selain menyebutkan nama lengkap toko, deskripsi dari gambar di atas juga menginformasikan jam buka toko, kondisi barang yang ready stok, dan sistem tukar barang.

2. Heyho Official Shop

lazada heyho official shop

Toko ini punya deskripsi yang lumayan lengkap mulai dari profil toko, karakter produk, jenis produk, sub brand, jam kerja, maksimal order, dan hari libur toko.

3. AdorableProjects

lazada adorableprojects

Toko ini memilih menggunakan bagian deskripsi untuk memperkenalkan profil toko dan visi misi kepada pelanggan daripada pmenyebutkan jam operasional dan detail lain yang sejenis.

Contoh Deskripsi Toko Shopee yang Menarik

Shopee juga menjadi salah satu marketplace paling populer di Tanah Air yang punya banyak toko online dengan aneka jenis produk yang dijual. Beberapa contoh deskripsi toko dari platform ini adalah:

1. Toko 3Second

shopee 3second

3Second adalah merek pakaian asli dalam negeri yang dinaungi oleh Bi-Ensi Fesyenindo. Deskripsi toko dari merek ini cukup singkat karena hanya menginformasikan jam kerja dan jenis brand yang terdaftar di toko tersebut.

2. Toko Erigo

shopee erigo

Erigo membuat deskripsi toko yang padat dan singkat dengan lebih menekankan keunggulan dari produk yang dijual.

3. Damn! Love Indonesia

shopee damn! love indonesia

Toko ini membuat deskripsi yang lebih banyak menginformasikan mengenai visi misi toko sebagai salah satu cara untuk menarik audiens.


Ada banyak contoh deskripsi toko online yang bisa kamu jadikan inspirasi. Ada toko yang lebih memilih menekankan visi misi di bagian deskripsi, ada juga yang menyebutkan jenis produk dan jam operasional.

Kalau dilihat dari sejumlah contoh di atas, bisa disimpulkan kalau masing-masing toko punya karakter tersendiri.

Ada yang berpatokan dengan empat kaidah penulisan deskripsi toko online di atas, tapi ada juga yang super singkat dan terkesan informasinya kurang lengkap. Sebagai saran, sebaiknya kamu menulis deskripsi yang lengkap supaya pelanggan tidak kurang informasi.

admin marketplace komtim
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar