13 Cara Meningkatkan Followers Bukalapak dengan Aman Tanpa Bot

Komerce.id – Followers tidak hanya penting untuk pemilik media sosial, namun untuk pemilik toko online juga. Banyaknya followers akan memperbesar peluang bagi toko untuk mendapatkan banyak keuntungan. Oleh sebab itu, pemilik toko online harus tahu cara meningkatkan followers toko di Bukalapak.

Kamu jangan menganggap bahwa jumlah follower itu tidak penting, karena dengan jumlah followers banyak, toko bisa terlihat lebih terpercaya dan tidak menutup kemungkinan penjualan juga akan meningkat karena produknya laris manis.

Sehebat itulah kekuatan followers. Jadi kalau kamu punya toko di Bukalapak, pastikan untuk menaruh perhatian khusus pada jumlah followers ini ya. Tetapi, kamu jangan menggunakan bot untuk menambah jumlah follower ya.

Cara Mendapatkan Pengikut Toko di Bukalapak

tampilan awal aplikasi bukalapak

Untuk mendapatkan followers di Bukalapak sebenarnya sangat mudah, hanya saja sedikit menyita waktu dan kamu perlu menimbang-nimbang waktu untuk melakukannya. Beberapa cara meningkatkan followers Bukalapak yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

1. Buat Tampilan Profil Semenarik Mungkin

Pertama, kamu harus buat tampilan profil yang semenarik mungkin. Memang di marketplace selalu ada kemungkinan calon pembeli tidak melihat tampilan profil. Namun, tampilan profil yang menarik juga turut mempengaruhi kemauan para pengguna Bukalapak untuk mengikuti akun milikmu.

Apa yang akan dijadikan profil ini bebas, apakah produkmu, logo tokomu, atau justru fotomu sendiri. Hanya saja yang perlu ditekankan adalah profil ini harus menarik dan profesional, jadi lebih baik memakai logo tokomu sebagai profil.

Hal ini bisa membuat pengguna Bukalapak semakin mengenali tokomu. Mudahnya, mereka akan melihat identitas tokomu sebanyak dua kali, yaitu pada tampilan profil dan nama.

Oleh sebab itu, pembuatan logo sebaiknya mampu merepresentasikan nama dan produk yang ditawarkan. Jangan membuat logo sembarangan, logo juga sebaiknya dibuat dengan tampilan yang sangat menarik supaya tampak profesional dan mereka tidak ragu untuk menjadi followers.

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Logo Brand Bisnis yang Tepat

2. Menulis Keterangan Secara Detail dan Menarik

Selain foto dan video, tulisan adalah sesuatu yang bisa menggerakkan hati seseorang untuk membeli, menjadi pelanggan, dan mengikuti toko di Bukalapak dan marketplace lain. Oleh sebab itu, setiap tulisan mengenai toko atau produk ini harus dibuat semenarik mungkin.

Hindari menulis keterangan dengan asal-asalan dan sebaiknya keterangan ini juga disesuaikan dengan kondisi toko serta produk. Jangan menulis keterangan yang tidak benar karena akan membuatmu dicap sebagai penjual yang tidak terpercaya.

Kalau kesulitan menulis keterangan yang menarik, kamu bisa mencari inspirasi di toko-toko online (kompetitor) yang sudah mempunyai banyak pelanggan. Bisa juga dengan minta bantuan teman atau saudara untuk merancang dan menuliskannya juga.

Keterangan ini selain harus ditulis dengan detail dan menarik, sebaiknya juga yang mampu menunjukkan kredibilitas tokomu. Hindari penggunaan singkatan yang tidak umum supaya mereka yang membacanya bisa memahami keterangan itu dengan mudah.

3. Follow Akun Pembeli

Cara meningkatkan followers Bukalapak yang ketiga ialah follow akun pembeli. Teknik follow ini bisa menjadi pancingan untuk mereka supaya follow balik ke akunmu. Ini juga menjadi bentuk perhatianmu kepada mereka supaya mereka tahu saat kamu memperkenalkan produk baru.

Tidak perlu sungkan atau enggan untuk follow akun pembeli duluan. Kamu yang butuh mereka untuk meningkatkan followers serta untuk meningkatkan kredibilitas tokomu dalam jangka panjang, sedangkan mereka akan butuh kamu hanya pada saat-saat tertentu saja.

4. Coba Beri Tagline Buy 2 Get 1 Free

Jika mengacu pada pengertian dasarnya, maka tagline berarti ucapan pamungkas atau ucapan jitu. Tagline juga bisa dianggap sebagai slogan yang berhubungan erat dengan promosi, tagline dikenal efektif dalam mendongkrak penjualan.

Apalagi kalau kamu memasang tagline ‘buy 2 get 1 free’, beli dua gratis satu. Siapa sih yang tidak tergiur dengan hal-hal yang berlabel gratis? Bukan hanya bisa mendongkrak penjualan, ini juga bisa menarik minat pelanggan untuk mengikuti akun tokomu di Bukalapak.

Kamu tidak perlu melakukan hal ini setiap saat jika memang kondisi produk dan finansial tidak memungkinkan. Sesekali saja dan juga tidak harus diterapkan pada setiap produk, terapkan pada produk-produk tertentu saja.

5. Maksimalkan Fitur Chat

Bukalapak juga menyediakan fitur chat untuk mempermudah kamu berinteraksi dengan pembeli, fitur ini bisa dimaksimalkan fungsinya untuk calon pembeli dan pelapak untuk berkomunikasi secara langsung. Kamu bisa menambah followers melalui fitur ini yaitu dengan memberikan pesan balasan dengan cepat.

Cara lainnya ialah dengan melakukan pesan broadcast di chat tersebut untuk memberikan informasi terbaru mengenai promo dan produk yang ada di tokomu.

Para pengguna yang tertarik akan memasukkan produkmu ke keranjang belanja mereka, akan sekaligus mengikuti akun tokomu. Kalau ingin melakukan ini, lakukan secara berkala saja, jangan setiap hari karena itu hanya akan membuat mereka terganggu.

Jika followers merasa terganggu, tidak menutup kemungkinan mereka justru memutuskan untuk memblokir akun tokomu. Jadi, jarang-jarang saja tetapi harus ada jadwalnya.

Baca juga: 12 Cara Menangani Customer yang Marah dan Kecewa

6. Buat Post Menarik di Feed

Sudah pernah mendengar soal feed Instagram? Nah, di Bukalapak juga ada feednya. Sama seperti di Instagram, di feed Bukalapak kamu juga bisa membuat postingan-postingan menarik terkait produk maupun promosi yang sedang berlaku di tokomu.

Alih-alih membuat status yang tidak ada manfaatnya di feed Bukalapak, lebih baik kamu menggunakannya untuk menarik minat orang lain agar mau menjadi followers akun tokomu itu. Caranya sama yaitu dengan membuat postingan di sana.

Akan tetapi, postingannya harus yang menarik. Sebab, postingan yang biasa tidak akan membawa dampak apa-apa, baik pada penjualan maupun pada jumlah followers. Jadi mulai sekarang buat postingan yang berkonsep di feed Bukalapak.

7. Tampilkan Harga Coret

Pernah tidak kamu melihat harga yang dicoret baik pada toko offline maupun pada toko online? Nah, kamu juga bisa meniru strategi itu untuk menambah followers di Bukalapak. Cara meningkatkan followers Bukalapak satu ini biasanya dilakukan dengan menampilkan dua harga.

Harga pertama adalah harga yang lebih mahal dan biasanya diklaim sebagai harga asli produk dan harga yang lebih murah sebagai harga jual saat ini. Harga yang dicoret adalah harga yang lebih mahal untuk menunjukkan bahwa produk atau tokomu sedang mengadakan diskon.

Diakui atau tidak, ini juga bisa jadi sarana untuk memancing para pengguna Bukalapak untuk menengok produk yang kamu tawarkan. Tidak menutup kemungkinan juga mereka akan memutuskan untuk membeli produk tersebut bahkan berkembang menjadi followers tokomu saat itu juga.

Apakah tidak rugi menurunkan harga seperti itu? Sebenarnya tidak kok, kamu bisa mengakalinya dengan menaikkan harga yang dicoret terlebih dahulu, lalu menuliskan harga yang lebih murah setelahnya.

8. Buat Promo yang Menarik

Lebih lanjut lagi, kamu perlu membuat promo yang menarik. Keberadaan promo selain bisa mendongkrak penjualan, juga bisa menambah jumlah followers. Apalagi kalau kamu menambahnya dengan kalimat ‘ikuti toko online ini untuk mendapatkan promo terbaik setiap saat’.

9. Follow Akun Pengikut Toko Kompetitor

Di masa sekarang, produk apa sih yang tidak ada kompetitornya? Rasanya tidak ada. Keberadaan kompetitor yang punya banyak followers ini jangan dianggap sebagai sesuatu yang membahayakan.

Anggap saja ini sebagai peluang untuk kamu bisa mengikuti jejak mereka, salah satunya dengan melakukan follow pada akun followers toko kompetitor tersebut. Untuk bisa melakukannya, tentu kamu harus menyingkirkan rasa malu, rasa tidak nyaman, dan rasa enggan ya.

Siapa tahu saja setelah kamu follow mereka, mereka jadi tertarik karena punya alternatif lain saat memerlukan suatu produk, mereka jadi belanja di tokomu dan bahkan menjadi followers juga.

10. Tingkatkan Interaksi dengan Mengadakan Giveaway

Sebelas dua belas dengan tagline yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa mengadakan giveaway sesekali. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli potensial.

Tawarkan produk yang menarik dari tokomu yang sesuai dengan kondisi finansial tokomu. Pengadaan giveaway seperti ini, bebas mau dilakukan berapa kali dalam sebulan atau bahkan setahun.

Untuk orang-orang yang akan mengikuti giveaway ini, kamu bisa menyisipkan peraturan harus follow akun toko online dulu. Mereka yang tertarik sudah pasti akan menjadi followers kamu tanpa terpaksa.

11. Promosikan Toko Online di Media Sosial

Walaupun di Bukalapak ada banyak ‘orang’ yang berseliweran, tidak ada salahnya loh kamu mempromosikannya juga di media sosial. Manfaatkan akun Instagram kamu, Facebook kamu dan akun media sosial lainnya untuk meraih lebih banyak followers.

Baca juga: Pemasaran Media Sosial Organik VS Iklan

12. Beli Jasa Followers Bukalapak (Opsional)

Terakhir untuk meningkatkan jumlah followers di Bukalapak, kamu juga bisa menggunakan jasa followers yang semakin banyak di luar sana. Munculnya jasa ini tidak lain karena ada banyak orang yang juga memerlukan followers, baik di media sosial maupun di marketplace.

Kamu bisa mengakses jasa followers tersebut kalau tertarik dengan cara yang satu ini. Soal harga, tentunya sangat beragam tergantung pada kebijakan si penyedia jasa. Biasanya, harga juga tergantung pada berapa banyak followers yang diinginkan.

Meskipun harus bayar dan tidak gratis, cara menambah jumlah pengikut di Bukalapak yang satu ini juga sangat efektif. Nilai plusnya lagi, kamu jadi tidak perlu repot. Serahkan urusan penambahan followers pada jasa yang sudah ahli dan kamu hanya perlu menikmati hasilnya dengan cepat.


Mengingat begitu pentingnya jumlah followers, sebaiknya kamu tidak menganggapnya remeh. Dalam satu waktu, kamu bisa melakukan beberapa dari cara meningkatkan followers toko Bukalapak di atas sekaligus.

Tetapi memang harus sabar karena kadang hasil dari usaha itu tidak terlihat dengan cepat. Jika kamu punya team, buatlah jadwal untuk melakukan beberapa tips di atas kemudian lakukan evaluasi dan setelah itu, lakukan lagi tips yang bekerja dengan baik dan tingkatkan sesuai hasil evaluasi

Jika kamu kesusahan mengatur toko di Bukalapak, serahkan pada kami. Dengan jasa Admin marketplace dari komerce, kami akan mengelola tokomu, mulai dari balas pesanan, broadcast, iklan, order, dan lainnya. Ayo konsultasi sekarang !

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.