Cara Lacak Paket JNE Lazada 2022 : Kode JNAP & Cek Resi

komerce.id – JNE adalah salah satu ekspedisi yang bekerjasama dengan berbagai marketplace, salah satunya yakni Lazada. Bagi kamu yang sering berbelanja online, mungkin sering melakukan pelacakan untuk barang yang kamu beli. Cara lacak paket JNE pada Lazada bisa kamu lakukan baik melalui website atau aplikasi.

Pelacakan barang dilakukan agar kamu bisa mengetahui dimana posisi barang yang kamu kirim atau beli. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui history perjalanan paket, serta perkiraan paket tersebut akan diterima. Sebagai salah satu marketplace terbesar, Lazada menyediakan fitur ini untuk memudahkan kamu.

Kerjasama JNE dan Lazada menghasilkan kode khusus untuk memudahkan kamu dalam melakukan pelacakan paket. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang cara melacak paket di Lazada yang menggunakan ekspedisi JNE, simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Cara Komplain JNE : Ask Joni, Call Center, Sosial Media, Email

Apa itu Kode JNAP Lazada?

Kode JNAP Lazada
Kode JNAP Lazada, sumber gambar: suara.com

Ketika kamu melakukan pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi, kamu akan menerima resi pengiriman barang. Resi pengiriman barang dari kerjasama JNE Express dan Lazada tersebut disebut JNAP. Kode ini disebut juga dengan istilah lain yakni LEL Express.

Kode ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan resi pengiriman barang yang lain. Kata “JNAP” terletak diawal nomor resi pengiriman barang, setelah itu diikuti dengan beberapa angka yang menjadi nomor identitas paket yang dikirimkan.

Rangkaian kode inilah yang nanti akan digunakan untuk melacak keberadaan paket kamu. Kode tersebut hanya bisa didapatkan jika kamu menggunakan jasa ekspedisi JNE Express saat membeli barang di Lazada.

Cara Lacak Paket JNE Lazada

Cara Lacak Paket Lazada Ekspedisi JNE
Cara Lacak Paket Lazada Ekspedisi JNE, sumber gambar: kompas.com

Kamu ingin melacak paket? Jika iya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Cara Cek Paket Lazada Menggunakan Aplikasi

Cara lacak paket JNE Lazada dari aplikasi dianggap lebih mudah dan praktis. Sebab, kamu tinggal membuka aplikasi, lalu memeriksa posisi paketmu di menu pesanan yang sudah kamu lakukan. Untuk lebih mudahnya, simak langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi Lazada di ponsel kamu, maka kamu akan melihat tampilan menu utama.
  • Pada pojok kanan bawah, klik menu akun.
  • Ketika muncul menu profile kalian lanjutkan dengan tap Dalam Pengiriman.
  • Tampil laman pesanan saya, pilih saja Semua kemudian akan tampil beberapa paket yang dikirimkan. Pergi ke paket yang kalian akan cek kemudian tekan Lacak Paket.
  • Akan muncul penerima, alamat, estimasi waktu sampai, nomor resi dan juga status pengirimannya. Untuk lebih jelas mengetahui pelacakan paket gulir layar ke arah bawah.

2. Cek Resi Paket Lazada lewat Situs JNE

Pelacakan paket juga bisa dilakukan melalui website JNE. Pada website tersebut, data pengiriman barang ditampilkan berdasarkan waktu pengiriman. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak barang dari website JNE yakni sebagai berikut:

  • Pada aplikasi atau website Lazada tadi silahkan tekan ikon salin pada nomor resi, kamu juga bisa mencatatnya.
  • Masuk ke halaman resmi jne.co.id, kemudian tempelkan nomor resi yang sudah disalin pada kotak merah dengan tulisan lacak kiriman.
  • Klik tombol tracking, lalu ketik kode captcha yang muncul.
  • Kemudian, ulangi klik tombol tracking.
  • Tunggu sampai website membuka halaman berikutnya, lalu swipe layar sampai menemukan tabel.
  • Klik pada bagian kolom yang menampilkan nomor AWB.
  • Informasi lengkap tentang paket kamu akan muncul di layar.
Baca juga: Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express

3. Cek Resi Paket Lazada dengan Cara Lainnya

Selain beberapa cara lacak paket JNE Lazada tersebut, kamu bisa melakukan pelacakan paket melalui aplikasi atau website pihak ke 3 yang menyediakan pelacakan resi. Caranya hampir sama seperti langkah sebelumnya, kamu harus menyalin nomor resi yang terdapat pada detail pengiriman di aplikasi Lazada.

Setelah itu, kamu masuk ke website penyedia layanan cek resi paket. Kamu tinggal menempelkan nomor resi tersebut di kolom yang telah disediakan, maka informasi paket akan ditampilkan.

Namun, jika kamu masih memiliki masalah dengan informasi keberadaan paket Lazada milikmu, kamu bisa menghubungi pusat bantuan Lazada. Melalui website pusat bantuan tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

Kamu juga bisa mengunjungi website resmi JNE, lalu masuk ke layanan CS untuk bertanya tentang masalah pengiriman yang kamu alami. Cara ini dilakukan jika kamu tidak mendapat informasi yang jelas tentang keberadaan paket kamu.


Lazada dan JNE merupakan dua penyedia jasa yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Lazada memberikan pilihan ekspedisi yang beragam, sedangkan JNE memberikan layanan pengiriman yang cepat dan aman.

Kamu bisa melakukan pelacakan dengan berbagai cara, baik dari aplikasi maupun website. Jadi, kamu bisa melacak dan mengetahui dengan jelas dimana lokasi paket yang sudah kamu pesan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar