facebook-viewcontent

40 Arti Status Pengiriman Wahana Express dan Istilah Terlengkap 2022

komerce.id – Apakah kamu mau mengirim barang pakai Wahana Express? Jangan lupa untuk mengetahui arti status pengiriman Wahana yang digunakan saat melakukan pelacakan paket, juga berbagai istilah pada resi yang diterima usai mengirim barang.

Terkadang orang dibuat bingung, dengan istilah-istilah dunia ekspedisi. Ada yang artinya berbeda dengan arti kata sebenarnya, begitu juga dengan kode-kode tertentu berbeda untuk tiap ekspedisi.

Jadi kamu perlu tahu definisi dan makna dari berbagai istilah tersebut, apalagi Wahana Express merupakan salah yang banyak dipilih dan punya segudang status tersendiri untuk setiap paket yang dikirimkan.

Apa itu Kode Wahana Express?

apa itu kode wahana express
apa itu kode wahana express

Yang dimaksud dengan kode Wahana Express adalah deretan informasi berupa huruf dan angka. Isinya berupa informasi lengkap seputar paket yang dikirim, mulai dari statusnya, lokasi, pengirim, data penerima, dan informasi lainnya.

Guna dari kode tersebut yaitu untuk melacak keberadaan paket yang sudah dikirim dan dalam perjalanan menuju alamat tujuan. Jadi ketika nantinya ada masalah seperti barang yang rusak, hilang, terlambat sampai di alamat tujuan dapat segera ditindaklanjuti berdasarkan kode tersebut.

Arti Kode Tracking Wahana & Istilah Pengiriman

arti istilah pengiriman wahana
arti istilah pengiriman wahana

Ada beberapa istilah yang dipakai oleh pihak Wahana untuk mengidentifikasi paket kirimanmu. Masing-masing punya makna tersendiri, yang akan membantu pengirim memantau perjalanan dari paketnya.

Status PengirimanPenjelasan
Nomor resiNomor resi adalah nomor yang mengidentifikasi paket kiriman. Isinya ada delapan kolaborasi angka dan huruf. Sehingga saat pelacakan melalui situs akan lebih mudah dan cepat
ServiceMerupakan layanan yang disediakan oleh Wahana Express untuk para pelanggannya. Beberapa yang paling populer adalah: Kargo, Express, Pop Box, Next Day, Singapore, Ekonomis, Gedung dan Apartemen
PengirimInformasi tentang orang yang mengirimkan barang menggunakan salah satu service Wahana.Identitas yang dibutuhkan untuk pengirim, mulai dari nama, alamat, hingga nomor telepon yang aktif
AsalDaerah asal dari paket yang dikirim
TujuanDaerah tujuan pengiriman paket
Status TerakhirAdalah histori terakhir riwayat pengiriman paket
Diterima di Sales CounterPaket sudah diterima oleh petugas di kantor agen terdekat dari lokasi pengiriman.kemudian data terkait paket tersebut sudah diinput ke dalam sistem
Diterima di fasilitas WAHANAPaket-paketnya sudah berada di gudang kota Wahana.
Di pick up  oleh petugasPaket dalam proses penjemputan oleh petugas kurir, dari agen yang akan mengirimkannya ke gudang utama daerah pengiriman
FasilitasGudang Wahana
HUBArti hub dalam ekspedisi adalah gudang transit. Paket telah diterima hub pengiriman artinya sudah sampai ke gudang transit.
Pickup DateTanggal serta waktu status pengiriman
In ProcessMemiliki arti barang sedang diproses pengirimannya Pickup Date
Lead TimeAdalah estimasi waktu barang sampai dari tangan pengirim ke penerima
OriginKota asal
Pelaksana KirimanAdalah nama kurir Wahana, tercantum juga nomor telepon untuk dihubungi
Pengiriman dari …… ke HUBPengiriman dari gudang kota ke gudang transit.
Diterima di fasilitas HUBPaket yang dikirim sudah berada di gudang pusat daerah kirim.
Pengiriman dari HUBPaket dalam proses kirim dari gudang pusat kota pengirim menuju lokasi tujuan. Paket bisa diantar ke HUB utama daerah tujuan, untuk dilanjutkan pengantarannya ke alamat
Diterima di FasilitasPaket yang dikirimkan, sudah berada di gudang utama daerah tujuan
Proses pengantaran oleh kurir Paket dalam proses diantar ke alamat tujuan
Diterima olehPaket sudah diterima oleh orang di alamat penerima. Namanya akan tercantum dalam riwayat pengiriman beserta dokumentasi serah terima paket
Gagal terkirim. Hubungi Customer ServicePaket belum bisa dikirim karena data belum bisa diidentifikasi. Pada kasus ini, pengirim bisa langsung menghubungi pihak Wahana melalui Customer Service
Belum terkirim. Proses Penjadwalan UlangPaket belum dapat dikirim akibat kendala tertentu. Seperti cuaca yang tidak memungkinkan kurir melakukan pengiriman. Bisa juga karena paket sampai di luar jam kerja, sehingga baru bisa diantar pada hari berikutnya
ReturPaket dikembalikan kepada pengirim karena terdapat kerusakan, tidak sesuainya barang yang dikirim dengan keinginan penerima, serta alasan lainnya yang diakomodir
Alamat tidak lengkapAlamat pengiriman tidak lengkap, sehingga paket tidak bisa dikirim sampai ke alamat penerima
Data tidak ditemukanTidak ditemukannya data pengirim maupun penerima yang sudah diinput pada sistem Wahana Express
(Diwakilkan)Arti dari status ini ada paket sudah diterima orang lain dengan cara diwakilkan dan namanya akan muncul
(Penerima Langsung)Memiliki arti barang sudah diterima oleh orang sesuai informasi pada paket
Address Not CompleteAlamat tidak lengkap ataupun mengalami kesalahan input
Dalam proses manifestPaket sampai ke agen Wahana kemudian menunggi pengiriman ke kota tujuan
DestinationKota tujuan
Di pickup oleh petugasPaketan sudah diambil petugas wahana dari agen menuju ke gudang
Receive DateTanggal serta waktu paket diterima
ReceiverPenerima
Receiver FamilyMerupakan keluarga penerima paket
Receiver ItselfMemiliki arti penerima paket sesuai dengan informasi pengiriman
ReturnPaketan akan dikirim kembali atau retur ke pengirim
Selesai proses KlaimArtinya ganti rugi sudah selesai diproses dari paket bermasalah
WPLWahana Prestasi Logistik

Contoh Resi Wahana Express

contoh resi wahana express
contoh resi wahana express

Sebagai referensi, kamu bisa cek langsung contoh resi di atas. Terlihat bagian-bagian penting dari informasi pengiriman. Diantaranya identitas pengirim, yang terdiri dari nomor resi, nama pengirim dan penerima, kota asal dan kota tujuan.

Kemudian ada juga status terakhir dari pengiriman barang, apakah sudah diterima atau masih dalam proses pengiriman. Sebagai tambahan wawasan, berikut ini penjelasan dari beberapa informasi yang ada pada sebuah resi.

IstilahArti
Di pick up petugas Tangerang CipondohArtinya barang sudah diambil oleh kurir dari Wahana cabang Cipondoh, Tangerang. Cabang akan disesuaikan dengan lokasi terdekat dari alamat pengirim
Diterima di Fasilitas Wahana HUB Jakarta 1Artinya paket tersebut sudah berada di gudang pusat Wahana yang ada di Jakarta
Pengiriman dari HUB Jakarta 1 ke HUB Jawa 1Artinya paket dalam proses pengiriman dari gudang yang ada di Jakarta ke gudang pusat yang ada di kawasan Jawa 1
Diterima di Fasilitas Wahana HUB Jawa 1Paket sudah berada di gudang utama yang ada di Jawa 1
Pengiriman dari HUB Jawa 1 ke HUB Jawa 6Paket yang sudah ada di gudang Jawa 1, sudah dikirim ke Jawa 6 untuk kemudian dilanjutkan ke proses berikutnya.
Diterima di Fasilitas Wahana HUB Jawa 6Paket sudah ada di gudang utama Jawa 6
Proses Pengantaran Oleh Kurir BanjarmasinPaket dalam proses pengantaran ke lokasi tujuan sesuai alamat yang diberikan oleh pengirim
Gagal Terkirim. Hubungi Customer ServicePengiriman dari HUB Jawa 6 ke Banjarmasin tidak bisa dilakukan karena alasan tertentu, sehingga pengirim diminta untuk langsung menghubungi Customer Service
Pengiriman dari HUB Jawa 6 ke BanjarmasinPaket dikirim ulang ke Banjarmasin oleh kurir
Diterima di Fasilitas Wahana BanjarmasinPaket sudah sampai di fasilitas Wahana Banjarmasin
Proses Pengantaran Oleh Kurir BanjarmasinPaket dalam proses pengantaran ke alamat tujuan
Belum Terkirim, Proses Penjadwalan Ulang BanjarmasinPaket belum bisa sampai di alamat tujuan, kemudian akan dikirim hari berikutnya
Diterima Oleh (Penerima Langsung)Paket sudah diterima langsung oleh penerima sesuai nama penerima yang diinformasikan oleh pengirim.

Cara Melacak Pengiriman Paket Wahana Express

cara melacak pengiriman paket wahana express
cara melacak pengiriman paket wahana express

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melacak paket jika menggunakan jasa ekspedisi Wahana.

1. Melalui Situs Resmi Wahana

Jika kamu memilih untuk pakai situs resmi, langkahnya sangat mudah yaitu:

  1. Pastikan perangkat komputer terhubung dengan internet untuk mempermudah proses tracking.
  2. Buka situs resmi dari Wahana yaitu wahana.com.
  3. Pilih fitur Lacak Kiriman yang berada di bagian paling bawah halaman utama situs tersebut.
  4. Masukkan Nomor Resi dengan benar pada kolom resi.
  5. Klik Lacak untuk memastikan informasi pengiriman bisa didapatkan.
  6. Tunggu sampai histori pengiriman muncul.

2. Melalui Situs Pihak Ketiga

Jika menggunakan situs pihak ketiga, biasanya caranya hampir sama dengan cara di atas, hanya saja akan ada pilihan nama ekspedisi yang muncul. Kamu tinggal pilih Wahana, lalu masukkan nomor resi dan klik lacak.

Untuk melacak atau tracking paket yang sudah kamu kirim, bisa dilakukan dengan dua cara di atas. Pertama, langsung melalui situs resmi Wahana yang memiliki fitur khusus pelacakan paket.

Kemudian, dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi atau website pihak ketiga yang bekerjasama dengan Wahana. Tertarik untuk pakai ekspedisi Wahana Ekspress? Tentunya informasi seputar arti kode tracking Wahana express dan penjelasannya di atas sangat membantu.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar