18+ Istilah dan Arti Status Pengiriman LEX ID (Lazada Express)

komerce.id – Saat ini semua marketplace di Indonesia berlomba menyediakan berbagai fasilitas pendukung, untuk semakin memuaskan pelanggannya. Salah satu yang paling populer adalah pengiriman LEX ID yang dimiliki Lazada dengan arti status pengiriman LEX ID yang wajib diketahui penjual maupun pembeli.

Sebagai salah satu marketplace dengan pengguna terbanyak, Lazada selalu menyempurnakan fitur-fiturnya. Sehingga tak kalah dengan pesaingnya seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Inovasi yang dilakukan anak perusahaan Alibaba Group ini juga semakin gencar, terutama soal pengiriman. Dimana LEX ID hadir untuk mempermudah pengiriman, hingga pengecekan status barang yang dikirim.

Daftar Istilah Pengiriman LEX ID (Lazada Express)

daftar istilah pengiriman lex id
daftar istilah pengiriman lex id, sumber gambar: katadata.co.id

Istilah pengiriman LEX ID sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah pada ekspedisi pada umumnya, biasanya istilah dan status akan mempertegas posisi paket yang kamu beli. Sejak awal kirim sampai akhirnya diterima pembeli.

Supaya kamu jadi lebih paham tentang semua status kirim yang diinformasikan oleh LEX ID, akan lebih baik mengerti arti dari masing-masing status tersebut. Alasannya, di LEX ID lebih banyak dipilih menggunakan bahasa Inggris.

IstilahKeterangan
Nomor ResiMerupakan nomor khusus yang akan berbeda untuk setiap paket, fungsinya untuk mempermudah melakukan pelacakan paket selama proses pengiriman.

Bukan saja toko online yang bisa melakukan pelacakan berdasarkan nomor resi di LEX ID, pembeli juga punya akses sama. Jadi, ketika barang tidak kunjung sampai dapat dicari dimana letak kesalahannya.
Status PengirimanIstilah ini menjelaskan status dari paket tersebut, apakah sudah dikirim atau sudah diterima oleh pembeli. Bisa dicek langsung melalui LEX ID, menggunakan sistem yang mudah dipahami bahkan bagi kamu pembeli perdana di Lazada.

Informasi status akan diberikan langsung melalui fitur di akun Lazada kamu, tidak perlu cek lagi melalui situs lain.
Alamat PenerimaAdalah alamat tujuan dari pengiriman paket tersebut. Berisikan detail sebuah lokasi rumah atau kantor mulai dari jalan, nomor, RT, RW, kelurahan, hingga provinsi dan tidak lupa harus memberikan informasi kode pos yang tepat.

Gunanya, agar ketika barang sampai di provinsi tersebut bisa langsung diantar menuju gudang terdekat dari alamat penerima.
Kota Asal PengirimKota Asal Pengirim yaitu alamat dari penjual atau toko online, tempat kamu membeli sebuah produk melalui Lazada. Akan diisi oleh penjual dan tertera pada informasi pada paket tersebut. Detailnya juga sama dengan milik pengirim, dari jalan hingga kodepos yang tepat.
Jenis LayananAda lagi istilah jenis layanan yang akan muncul, ketika Anda akan memilih ekspedisi dan berapa lama maksimal paket akan sampai.

Pada umumnya ekspedisi punya beberapa layanan begitu juga dengan LEX ID, seperti layanan satu hari sampai, standar, hingga layanan paling biasa. Tentunya dengan harga ongkos kirim berbeda-beda.
Tanggal PengirimanAkan menjelaskan kapan barang dikirim oleh toko online mitra Lazada. Biasanya tanggal kirim tidak akan selalu sama dengan hari kamu memesan sebuah barang, dapat dikirim sehari setelahnya atau beberapa hari tergantung antrian pembelian di toko online tersebut.
Customers have cleared and released your parcelBea Cukai sudah meloloskan paketmu
Your parcel has arrived inPaket sudah sampai ke negara yang disebutkan
Your parcel has been packed and will be handed over to our logistics partnerArti dan maknanya adalah pengelola toko online tempat kamu membeli barang sedang mengemas barang pesanan. Kemudian siap untuk diambil oleh kurir resmi dari LEX ID, yang akan datang langsung ke alamat penjual.

Pada proses ini, barang sudah kamu pesan dan penjual sudah melakukan konfirmasi pemesanan lalu melanjutkan proses pemilihan barang pesanan. Lalu meminta pihak LEX ID untuk menjemput pesanan tersebut.
Your parcel has been picked up by LEX IDSelanjutnya, status ini menjelaskan bahwa barang sudah diambil oleh kurir LEX ID, untuk diantarkan ke kantor cabang terdekat dari posisi penjual.

Berhubung LEX ID sudah semakin luas jangkauannya, jadi di setiap daerah sudah cukup banyak kantor cabang yang bisa dimanfaatkan untuk kirim barang order Lazada.
Your parcel has been inbounded at the logistics facility LEX IDPada posisi ini, barang dalam proses antar ke kantor cabang. Semakin dekat alamat penjual dari cabang terdekat LEX ID, maka akan semakin cepat juga proses pengantaran. Alhasil, pada status ini pembeli bisa bernafas lega karena paket mereka akan segera dikirim ke alamat penerima.
Your parcel has departedPaket sudah berangkat dari negara tercantum
Your parcel has departed the logistics facility LEX IDKetika barang sudah sampai di kantor cabang terdekat, maka petugas akan langsung melakukan update bahwa barang sudah mereka terima dan siap dikirim ke penerima. Sesuai alamat yang sudah dimasukkan ke dalam sistem, saat melakukan order barang di toko online.
Your parcel has being delivered by LEX ID driverUntuk status ini, artinya barang sudah sampai di cabang terdekat dari alamat penerima. Lalu akan segera diantar ke alamat penerima. Tandanya, paket sebentar lagi sudah bisa kamu terima.
Your parcel has been delivered!Ini biasanya akan muncul ketika paket sudah diterima pembeli, tentunya jika kondisi paket tidak rusak dan bisa langsung dimanfaatkan. Jika kondisi paket bermasalah, maka akan ada prosedur lain untuk meminta ganti rugi atau hal lainnya.
ParcelPaket/barang
HoldTertahan
FailedPengiriman gagal
HubGudang

Contoh Resi Pengiriman LEX ID (Lazada Express)

contoh resi pengiriman lex id (lazada express)
contoh resi pengiriman lex id (lazada express), sumber gambar: pintarjualan.id

Pada gambar diatas, tampak sebuah resi yang menjelaskan riwayat pengiriman sebuah barang. Detailnya sangat lengkap dimana ada tanggal, waktu, dan status pengiriman dari barang tersebut.

Status akan muncul dimulai saat barang sudah dikirim oleh penjual, akan muncul notifikasi status kirim dengan arti status pengiriman LEX ID mudah dipahami dan menjelaskan bahwa produk pesanan sudah diverifikasi oleh Lazada.

Lalu akan berlanjut dengan pengemasan oleh penjual, pengiriman menggunakan LEX ID. Setelah itu, pada setiap titik pengiriman mulai dari gudang sampai produk diterima kamu akan mendapatkan notifikasi terbarunya.


Memahami semua istilah dan arti status pengiriman LEX ID, akan membantu kamu untuk melakukan pelacakan paket dengan mudah. Masing-masing status punya makna sendiri, jika sudah paham maka miskomunikasi dengan penjual dan kurir tidak akan terjadi.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar