facebook-viewcontent

Apa perbedaan KOL dan Influencer? Pebisnis Wajib Tahu

Tahukah Kamu apa perbedaan Influencer dan KOL? Sebagian besar orang belum paham apa perbedaan keduannya. 

Sebagai pebisnis online, tentunya ingin produk jualan kita laku di pasaran. 

Ada banyak cara atau strategi guna membuat bisnis kita makin dikenal orang. Mulai dari pasang iklan hingga menggunakan jasa orang lain untuk ikut mempromosikan. 

Di antara berbagai taktik yang digunakan, kolaborasi dengan individu telah menjadi pilihan populer bagu banyak pebisnis. 

Pada konteks ini, muncul dua istilah yang seringkali membingungungkan, yakni Influencer dan KOL. 

Sebetulnya, keduanya memiliki tujuan yang hampir serupa yaitu mempengaruhi audiens. Tetapi, KOL dan Influencer adalah dua hal yang berbeda.

Perbedaan Influencer dan KOL

Media yang Dipakai

Influencer memiliki kecenderungan menggunakan platform media sosial sebagai alat utama proses promosi dirinya. Selain itu, influencer juga kerap bekerjasama dengan klien via media sosial. 

Sementara itu, Key Opinion Leader (KOL) beroperasi di media tradisional seperti televisi dan radio. KOL berusaha memanfaatkan pengetahuan dan profesi mereka sebagai sumber yang kredibel untuk dirujuk calon konsumen.

Kegiatan Sehari-hari 

KOL memiliki pekerjaan penuh waktu yang juga merupakan profesi mereka di dunia nyata. Melalui profesi tersebut, KOL mampu memberikan pengetahuan yang kredibel untuk audiens. 

Sebaliknya, influencer menghabiskan lebih banyak waktu di dunia online, dengan aktivitas yang berkaitan dengan pemasaran digital dan pembuatan konten di media sosial. 

Influencer melakukan hal tersebut guna meningkatkan pengikut pada akunnya agar bisa bersaing di pasaran. 

Motivasi Audiens

Bagi seorang influencer, pengikut (followers) sangatlah penting karena mereka memasarkan produk dan layanan kepada audiens tersebut. 

Dampak serta jumlah pengikut mereka sangat bergantung pada keaslian dan kualitas konten yang dibuat. 

Sebaliknya, KOL tidak mengutamakan jumlah pengikut untuk meraih keuntungan seperti influencer. Aktivitas mereka di media lebih merupakan tambahan dari pekerjaan utama mereka sehari-hari. 

Kredibilitas KOL didasarkan pada keahlian dan pengetahuan mereka, bukan pada seberapa banyak pengikut yang mereka miliki. 

Komunikasi dengan Audiens

Melalui media sosial, Influencer biasanya terlibat intens komunikasi dua arah dengan pengikut mereka, seperti menanggapi komentar, pertanyaan, atau saran. 

Berbeda dengan KOL yang jarang berinteraksi dengan audiens, jadi hubungan antara KOL dengan audiens cenderung satu arah. 

Pengiriman

Sebagai pebisnis Kamu bebas untuk memilih influencer maupun KOL guna mempromosikan produk atau layanan bisnismu sesuai kebutuhan.

Proses pengiriman adalah tahap akhir transaksi bisnismu setelah influencer atau KOL bekerja menarik minat calon konsumen. 

Apabila produk atau layanan bisnismu laku pesat di pasaran, Tidak perlu khawatir mengenai proses pengiriman menuju tangan konsumen. 

Komship hadir sebagai agregator yang dapat membantu mengelola pengiriman produk bisnismu dengan efisien. 

Menggunakan Komship pengiriman produkmu akan lebih terorganisir untuk sampai dengan selamat pada konsumen, sebab Komship telah bekerjasama dengan banyak ekspedisi terpercaya.

Hal ini memungkinkan Kamu untuk fokus pada pengembangan bisnis dan strategi pemasaran lebih lanjut tanpa terganggu oleh masalah logistik.

Keuntungan Komship 

Berikut ini dapat disimak kelebihan Komship

  1. Tanpa biaya administrasi bulanan 
  2. Biaya retur (Pengembalian COD) gratis se-Indonesia, mencakup ongkir pengembalian paket, pelanggan cukup membayar ongkir pengiriman di awal saja.
  3. Komship siap mengirim barang TANPA MINIMUM JUMLAH PENGIRIMAN
  4. Diskon ongkir Komship 
  • JNE Reg 25%, JNE Flat kirim dari dan ke Jawa dengan jangkauan 100% cuma Rp9.300/kg, Cargo (JNE Trucking) Diskon ongkir 5%, untuk orderan yang beratnya lebih dari 5 kg
  • SiCepat Reg 30%, Cargo mulai dari 2.500/kg + diskon 5% ( min. 10kg )
  • ID Express Reg 25% ( >½ kg ), ½ kg bayar ½-nya + diskon 15%
  • SAP Reguler 35%, Cargo (SAP Trucking) Diskon ongkir 5%, untuk orderan yang beratnya lebih dari 5 kg
  • Ninja Reguler 45%
  • J&T Reguler 25%
  1. Terakhir, Komship telah bekerjasama dengan beberapa ekspedisi ternama seperti JNE, SICEPAT, IDexpress, SAP, Ninjaxpress, J&Texpress

Mau hemat ongkir dan bebas biaya administrasi untuk bisnismu? Gunakan Komship sekarang! Info lebih lanjut Kamu bisa cek selengkapnya di Komship.id

Tyas

Pernah belajar jurnalistik, penyuka Dewa dari Leuwinanggung dan menjadikan nongkrong sebagai produktifitas.

Tinggalkan komentar