With Delivery Courier JNE Artinya & Berapa Lama Pengiriman

Komerce.id – Apakah kamu pengguna setia JNE? Sebagai jasa ekspedisi yang sudah berkecimpung lama di dalam bisnis pengantaran barang, banyak orang yang telah menggunakan JNE sebagai pilihan ekspedisi. Nah, saat kamu mengecek resi, seringkali ada status ‘With delivery courier JNE’.

Apakah kamu bingung dengan status tersebut? Sebagian besar masyarakat kebanyakan masih bingung dengan status-status pengiriman yang ada pada JNE. Status ‘with delivery courier’ sendiri akan selalu muncul di seluruh proses pengiriman dari JNE.

Oleh sebab itu, penting bagimu untuk memahami apa arti ‘with delivery courier’ supaya kalau ada kesalahan, maka kamu bisa segera melayangkan protes. Apalagi kalau kamu merupakan adalah pebisnis online, kelancaran pengiriman paket ke customer adalah prioritas utama.

Baca juga: 45+ Arti Status Pengiriman JNE dan Istilah Terlengkap 2022

Arti With Delivery Courier JNE

arti with delivery courier jne
Arti with delivery courier jne

JNE mempunyai sebuah sistem untuk menangani alur pengiriman dari kamu selaku pengirim hingga barang sampai ke customer selaku penerima paket. Apabila paket ini sudah di tangan agen JNE, maka setiap perjalanannya akan secara otomatis terupdate di sistem untuk memudahkan pelacakan.

Ketika kamu sedang mengecek resi maka akan muncul istilah with delivery courier JNE, nah arti dari status itu menjelaskan bahwa paketmu sedang dikirim oleh kurir ke alamat tujuan.

Jadi kalau status sudah muncul tulisan tersebut, tidak menunggu lama lagi, paket akan segera sampai ke alamat, kamu hanya perlu menunggu saja kurir untuk menghubungi nomor yang dicantumkan.

Namun, jika di informasi cek resi sudah ada tulisan ‘with delivery courier’ namun paket tidak kunjung datang, sudah dipastikan ada masalah atau hambatan.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express

Status With Delivery Courier JNE Berapa Lama?

Ketika paket sudah ada tulisan ‘with delivery courier’ kira-kira membutuhkan waktu berapa lama untuk sampai ke lokasi yang dituju? Nah, proses pengantaran kurir hingga ke rumah yang dituju dengan status ‘with delivery courier’ membutuhkan waktu yang cepat.

Proses pengantaran hanya butuh beberapa jam atau maksimal 1 hari. Jadi, kalau paket kamu belum diantarkan meski status di resi sudah bertuliskan ‘with delivery courier’, maka kamu bisa bersabar sebab kurir JNE memang perlu mengantarkan paket sesuai dengan daerah operasionalnya.

Namun dalam beberapa kasus, paket bisa saja diantarkan lebih dari 2 hari. Jika paket tidak segera diantarkan meski sudah berhari-hari, maka biasanya ada masalah. Beberapa masalah yang membuat paket kamu tidak kunjung sampai adalah:

1. Alamat Tidak Lengkap

Menuliskan alamat yang tidak lengkap menjadi salah satu penyebab yang sering membuat kurir lama mengantarkan barang.

Jadi, ketika ada tulisan status ‘with delivery courier JNE’ namun masih saja paket tidak kunjung sampai, bisa jadi alamat yang dituliskan keliru atau bisa juga kurang lengkap sehingga pengiriman menjadi lama.

2. Ada Kendala Internal

Penyebab selanjutnya mengapa paket tidak kunjung sampai adalah karena ada masalah internal, bisa jadi kurir sedang mendapatkan masalah seperti ban bocor atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia tidak mengantarkan paket tepat waktu.

3. Masalah Penyortiran

Sebelum dikirimkan ke alamat yang dituju, paket akan disortir terlebih dahulu untuk memudahkan kurir mengantarkan barang dengan rute yang satu jalur.

Jika ada masalah di penyortiran barang, maka itu akan menghambat proses pengiriman barang sehingga bisa jadi barang akan dikirim di luar estimasi.

4. Ramai Pengantaran

Di beberapa periode seperti hari belanja online nasional atau lebaran, biasanya kurir akan overload dalam mengantarkan barang. Jadi, akan ada banyak paket yang harus diantarkan oleh kurir sehingga menyebabkan paket kamu menjadi lama prosesnya.

5. Barang Bermasalah

Hambatan selanjutnya yang membuat paket kamu berkendala dan tidak segera diantarkan adalah terjadi masalah di barang. Bisa jadi barang hilang di jalan atau rusak sehingga perlu penanganan lebih lanjut.

Ketika hal di atas terjadi dan kamu menunggu paket terlalu, maka untuk mengantisipasinya, aktifkan nomor telepon agar kurir bisa dengan mudah menghubungi nama yang tercantum di paket.

Jika tidak ada nomor telepon yang dicantumkan, maka akan mempersulit kurir mengantarkan paket ke alamat yang dituju sekalipun status pengiriman adalah ‘with delivery courier’. Status itu tidak akan berubah selama paket belum sampai ke rumah atau tidak dikonfirmasi jika sudah diambil.

Ada kasus yang mana paket sudah sampai ke alamat namun tidak mengkonfirmasi bahwa barang sudah diambil atau sudah sampai sehingga status tidak kunjung berubah.

Baca juga: Biaya Packing Kayu JNE

Alur Pengiriman Expedisi JNE

Alur Pengiriman Expedisi JNE
Alur Pengiriman Expedisi JNE

Merupakan sebuah hal yang wajar jika tampilan informasi cek resi akan muncul ‘with delivery courier’ hingga 2 kali. Bisa jadi memang ada kendala pengirimannya. Nah, supaya kamu tidak panik, kamu perlu memahami alur pengiriman dari JNE dari setiap status yang muncul, berikut alurnya:

  • Shipment Received by JNE Officer. Artinya paket kamu telah diterima di kantor JNE yang dilayani langsung oleh petugas yang bekerja di sana.
  • Shipment Picked Up by JNE Courier. Artinya paket kamu sudah diterima untuk kemudian diambil dari kantor cabang. Selanjutnya, paket kamu diantarkan menuju kantor JNE lainnya.
  • Received at Sorting Center. Artinya paket kamu sudah masuk ke bagian penyortiran milik JNE. Kalau sudah di fasilitas penyortiran, maka barang akan disimpan terlebih dahulu.
  • Processed at Sorting Center. Artinya paket milik kamu akan disortir untuk diklasifikasikan sesuai alamat yang dituju bersama dengan paket-paket lainnya.
  • Received at Origin Gateway. Artinya adalah barang sudah diterima oleh agen JNE di kota yang menjadi tujuan.
  • Received at Warehouse. Artinya adalah paket kamu telah masuk gudang JNE untuk kemudian diantarkan menuju alamat penerima.
  • With Delivery Courier. artinya paket kamu yang diambil dari gudang akan diantarkan oleh kurir menuju alamat.
  • Delivered. Artinya paket kamu sudah berhasil diterima ke nama yang dicantumkan.

Jadi, status apapun yang ada di resi saat kamu mengecek, kamu bisa paham tanpa harus terburu-buru melakukan komplain atau panik.

Cara Mengatasi Paket JNE Belum Sampai

Kalau kamu mengecek resi dan mendapatkan status dengan tulisan ‘with delivery courier inbound’, artinya ada hambatan di masalah pengantaran. Jika paket kamu tidak diantar sampai lebih dari 2 hari, kamu bisa segera melakukan klaim dengan menghubungi langsung call center JNE.

Baca juga: Cara Komplain JNE

Pengertian With Delivery Courier JNE adalah menunjukkan bahwa paket sudah dibawa oleh kurir untuk diantarkan ke alamat yang dituju. Paket dengan tulisan status di atas tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke alamat.

Biasanya akan dibutuhkan waktu dalam hitungan jam atau maksimal 1 hari. Namun, jika paket tidak sampai hingga 2 hari lebih setelah status ‘With Delivery Courier’, artinya ada kendala di pengiriman.

Kamu bisa segera menghubungi call center JNE untuk menangani masalah pengiriman yang tidak kunjung sampai ke alamat tujuan.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.