18 Rekomendasi Produk Terlaris di Tokopedia 2022, Ayo Jualan!

Komerce.id – Berjualan di tokopedia masih menjadi pilihan banyak orang, terutama seller toko online, hal ini dikarenakan tokopedia masih menduduki posisi teratas sebagai marketplace yang paling banyak digunakan oleh pengguna dari Indonesia. Tak hanya itu, sebagai marketplace dalam negeri, Tokopedia memiliki kebanggaan tersendiri bagi penggunanya.

Sebelum memutuskan berjualan di tokopedia, terlebih dahulu kamu harus tau produk apa saja yang paling banyak dibeli oleh pengguna, hal ini dilakukan agar produkmu dapat laku dan laris manis. Dengan produk yang laris, maka pendapatanmu juga akan bertambah begitu juga dengan profitmu. 

Dalam artikel ini, Komerce merangkum 18 rekomendasi produk terlaris di Tokopedia. Dengan menerapkan rekomendasi produk tersebut, diharapkan kamu akan menjual produk yang tepat dan dicari banyak pembeli. Apa saja rekomendasi produk tersebut?

Baca juga: 20 Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Rekomendasi Produk Terlaris di Tokopedia

daftar produk terlaris tokopedia

Berikut ini adalah rekomendasi produk terlaris di Tokopedia. Produk-produk terlaris tokopedia dapat berubah seiring waktu, kamu bisa melakukan riset dengan membuka tokopedia dan mencari produk terlaris.

1. Perlengkapan Rumah Tangga

Produk perlengkapan rumah tangga merupakan produk yang sangat laris dan banyak diburu oleh pembeli, kebanyakan pembeli dari produk ini adalah konsumen berusia dewasa yang telah memiliki kebutuhan untuk rumahnya. 

Ada berbagai kebutuhan rumah tangga yang banyak diburu oleh pembeli seperti seperti pengharum ruangan, bantal tidur, disinfektan, air purifier, dan tissue. Perlengkapan rumah tangga tersebut merupakan yang terlaris di Tokopedia.

2. Perlengkapan Pesta Craft

Selama pandemi, masyarakat dilarang untuk mengadakan pesta besar-besaran yang menyebabkan kerumunan. Sebagai gantinya, mereka mengadakan pesta pribadi untuk merayakan moment penting dalam hidup mereka. Itulah mengapa perlengkapan pesta dan craft mengalami kenaikan pembelian.

Beberapa perlengkapan pesta yang banyak dicari adalah kartu ucapan, balon, tirai foil, buket bunga, banner dan sebagainya. Kamu bisa menjual perlengkapan pesta untuk acara-acara tertentu seperti valentine, halloween, ulang tahun, tahun baru, wisuda, bridal shower dan sebagainya.

3. Handphone dan Aksesoris

Tak bisa dipungkiri jika handphone menjadi alat komunikasi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh hampir semua orang. Berbagai jenis handphone banyak dijual sesuai dengan kebutuhan dan harga dari pembelinya. 

Tak hanya handphone, berbagai aksesoris handphone juga banyak dibeli oleh pelanggan. Aksesoris tersebut dapat berupa soft case, hands free, kabel, dan alat-alat pendukung lainnya seperti lighting tambahan. Berminat untuk menjual produk ini?

4. Perlengkapan Dapur

Saat ini terdapat banyak resep-resep yang viral di media sosial. Resep-resep tersebut mengundang pengguna media sosial untuk mencobanya sendiri karena cenderung mudah. Tak hanya itu, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makan dan minum di mana itu membutuhkan perlengkapan dapur.

Ada beberapa perlengkapan dapur yang terlaris. Perlengkapan dapur terlaris di Tokopedia diantaranya panci set, pisau set, piring, timbangan digital, tempat bumbu, kotak bekal, dan sebagainya. Apakah kamu pernah membeli produk-produk tersebut di Tokopedia?

5. Produk Kecantikan

Produk kecantikan juga banyak dibeli di tokopedia, loh! Apalagi untuk kaum hawa, produk kecantikan merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Produk kecantikan pun sangat banyak jenisnya, mulai dari perlengkapan makeup dan skincare.

Beberapa produk yang banyak dibeli adalah bedak, lipstick, eyeshadow, toner, sunscreen, serum, dan sebagainya. Saat ini perlengkapan kecantikan banyak sekali jenisnya, sehingga pembelian perlengkapan kecantikan pun semakin meningkat.

6. Makanan dan Minuman

Siapa sih yang gak suka jajan makanan atau minuman? Bisnis kuliner memang selalu jadi tipe bisnis yang digandrungi masyarakat karena semua orang membutuhkan itu. Jika kamu sedang mencari produk terlaku di Tokopedia, maka produk makanan dan minuman bakalan berada di urutan nomor satu, lho.

Tercatat sebanyak 9 dari 10% pembeli order produk ini pada bulan Mei 2022. Contoh makanan atau minumannya yaitu sembako makanan, daging, madu, buah, camilan manis, paket bumbu masak instan, makanan khas Korea, kopi literan, atau makanan kekinian lainnya.

7. Office Stationery

Produk selanjutnya yang banyak dibeli oleh pengguna Tokopedia adalah peralatan kantor atau office stationery, office stationery mengacu pada semua perlengkapan yang digunakan dalam pekerjaan di kantor.

Perlengkapan office stationery sangat beragam. Umumnya orang mencari peralatan kantor seperti bolpoint, buku tulis, cat warna, name tag, sticky notes, dan sebagainya. Saat ini alat lukis menjadi produk yang sedang mengalami kenaikan pembelian.

8. Perlengkapan Kesehatan

Di masa pandemi ini orang semakin peduli dengan kesehatan. Hal itu berpengaruh pada peningkatan angka pembelian perlengkapan kesehatan akhir-akhir ini. Apa saja yang pelanggan beli paling banyak dari kategori ini?

Untuk kategori produk perlengkapan kesehatan, orang paling banyak mencari termometer, hand sanitizer, suplemen herbal, face shield, vitamin, dan masker sekali pakai. Kenaikan ini juga turut dipengaruhi promosi yang banyak diberikan untuk produk perlengkapan kesehatan.

9. Perlengkapan Elektronik

Meskipun kenaikan angka pada pembelian perlengkapan elektronik tidak setinggi produk yang lain, namun untuk kategori produk ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini sedikit banyak merupakan pengaruh dari diberlakukannya WFH.

Untuk kategori ini, produk yang paling banyak dibeli adalah laptop, meja laptop, mouse, mouse pad, SSD/hard disk, RAM, keyboard, earphone/headphone, WiFi extender, holder, tripod smartphone, power bank, dan sebagainya.

10. Produk Ibu dan Bayi

Salah satu bisnis yang banyak dilakukan adalah bisnis penjualan perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi tidak hanya menyasar pada orang tua yang sedang mempersiapkan kelahiran buah hatinya saja, namun juga untuk orang-orang yang ingin menengok bayi.

Ada banyak perlengkapan ibu dan bayi yang banyak dicari pembeli, mulai dari peralatan mandi bayi, pakaian, gendongan bayi, tas ASI, selimut, handuk dan sebagainya. Perlengkapan bayi akan selalu dibutuhkan, karena memang proses kelahiran akan terus ada.

Baca juga: 10 Kesalahan Pemula Saat Jualan di Tokopedia, Wajib Dihindari!

11. Fashion Pria

Tidak hanya wanita, pria juga banyak berbelanja kebutuhan fashion mereka, loh! Bahkan persentase belanja fashion pria mencapai setengah dari total belanja fashion. Banyak kan? 

Produk yang paling banyak dicari dalam kategori ini adalah kaos polos, kemeja, t-shirt, celana panjang, hoodie, jaket mulai dari brand lokal maupun multinational brand. 

12. Hobi

Dengan banyaknya waktu luang di rumah yang dikarenakan larangan bepergian, banyak orang memiliki kesempatan untuk meneruskan hobinya yang lama tertunda karena bekerja. Tak hanya itu, hobi juga dapat membantu menyegarkan pikiran setelah seharian berkutat di hadapan komputer atau laptop.

Untuk perlengkapan hobi, produk yang banyak dibeli adalah perlengkapan dan media tanam, action figure, sepatu, peralatan mendaki gunung, dan sebagainya. 

13. Peralatan Olahraga

Tak hanya menekuni hobi, banyaknya waktu luang juga membuat orang-orang memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga. Olahraga sendiri memiliki banyak sekali cabang dan jenis yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pelakunya.

Peralatan olahraga yang paling populer adalah sepatu olahraga, baju olahraga, raket bulu tangkis, helm sepeda, sepeda lipat, dumbbell dan sebagainya.

14. Pakaian Muslim

Indonesia memiliki masyarakat mayoritas muslim. Oleh sebab itu, pakaian muslim sangat banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari karena sebagian orang menggunakan nya untuk berbagai aktivitas. Apalagi mayoritas masyarakat indonesia merayakan Idul Fitri di mana akan terjadi peningkatan penjualan pakaian muslim.

Pakaian muslim tak terbatas pada baju saja, tapi juga kerudung, sarung, tunik, gamis, celana, dan aksesoris lainnya guna menambah indah pakaian. Pakaian muslim akan terus mengalami pembelian karena pakaian muslim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

15. Tas Wanita

Tas merupakan hal yang sangat penting dalam melengkapi fashion, baik pria maupun wanita. Namun pada kenyataannya, wanita akan lebih banyak memiliki warna dan jenis tas untuk menyesuaikan tema dan warna pakaian.

Saat ini tas wanita tersedia dalam berbagai model. Tak hanya itu, saat ini brand yang mengusung tas wanita sudah sangat menjamur baik brand lokal maupun brand luar negeri. Harganya pun bermacam-macam tergantung model dan bahan tas itu sendiri.

16. Pertukangan

Siapa bilang produk pertukangan kurang laku di marketplace? Ternyata, produk pertukangan memiliki peminat yang tak sedikit loh! Hal ini dibuktikan dari hasil penjualan tokopedia untuk alat pertukangan di bulan Mei 2022 yang sangat melejit.

Beberapa contoh produk pertukangan yang banyak diminati pelanggan seperti perlengkapan listrik (stop kontak dan adaptor), kertas dinding, pompa angin, dan lainnya.

17. Perawatan Hewan

Sebagian orang memiliki ketertarikan untuk memelihara dan merawat binatang. Untuk mendukung itu semua, dibutuhkan perlengkapan dalam melakukan perawatan hewan yang jenisnya cukup banyak. Tak heran jika penjualan produk perawatan hewan bertambah di Tokopedia selama bulan Mei 2022. Totalnya mencapai 4%.

Produk perawatan hewan yang banyak dibeli adalah makanan hewan, perlengkapan mandi (sabun, sampo, pengharum), dan perlengkapan umum (tempat buang air besar, pasir, kandang, tempat makan standing).

18. Otomotif

Meskipun selama pandemi orang dilarang bepergian, kendaraan tetap memerlukan perawatan agar kondisinya tetap prima. Bagi orang yang ingin menjaga performa kendaraannya, penting untuk melakukan pengecekan berkala.

Sebanyak 5% dari total 10% konsumen Tokopedia membeli produk otomotif. Jenis produk otomotif yang dibeli seperti aksesoris motor atau mobil, helm, lampu utama motor dan mobil, pembersih jamur kaca, dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Daftar Marketplace Terpopuler di Indonesia Tahun 2022

Memulai bisnis di tokopedia sebaiknya memang harus mengetahui kondisi pasar. Salah satu yang harus diketahui adalah barang-barang yang banyak dibeli di marketplace, hal ini penting diketahui agar produk yang kamu jual banyak dibeli atau laris di pasaran.

Atas dasar itu, komerce memberikan 18 rekomendasi produk terlaris di Tokopedia untuk kamu yang ingin memulai bisnisnya di marketplace anak negeri ini. Produk-produk ini berdasarkan riset dan dapat berubah seiring dengan berubahnya tren.

Semoga dengan adanya list ini dapat membantu kamu dalam menentukan produk yang akan dijual. Jika kamu membutuhkan bantuan untuk mengelola marketplace, kamu bisa hire talent admin marketplace dari Komerce. Dengan talent yang terlatih dibantu dengan leader yang kompeten, kamu tak perlu ragu untuk mempercayakan urusan marketplacemu dengan kami.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

2 pemikiran pada “18 Rekomendasi Produk Terlaris di Tokopedia 2022, Ayo Jualan!”

  1. selamat malam,apakah ada nomor yang bisa dihubungi?
    saya ingin menanyakan tentang berjualan di tokopedia lebih dalam,Terima kasih.

    Balas

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.