Perbedaan Kurir, Cargo, Logistik dan Ekspedisi

komerce.id – Saat ini bisnis jual beli bukan hanya terbatas secara offline saja. Dengan perkembangan teknologi yang ada, banyak produk yang juga diperjualbelikan secara online sehingga dalam proses pengirimannya dibutuhkan jasa pengiriman barang. Lantas, apa perbedaan kurir, cargo, logistik dan ekspedisi?

Tidak heran jika akhir-akhir ini banyak bermunculan jasa pengiriman barang dengan berbagai jenis layanan yang disediakan, dalam hal ini jasa pengiriman akan membantu mengirimkan barang ke tempat tujuan sesuai kebutuhan dengan cepat dan aman.

Saat ini setidaknya ada empat jenis jasa pengiriman barang yang bisa dibedakan sesuai kategorinya. Yaitu jasa kurir, cargo, logistik serta ekspedisi. Meskipun sekilas mirip, namun masing-masing jenis layanan rupanya memiliki beberapa perbedaan.

Baca juga: Pengertian COD (Cash On Delivery)

Perbedaan Kurir, Cargo, Logistik dan Ekspedisi

pengertian dan perbedaan cargo, ekspedisi, kurir dan logistik
pengertian dan perbedaan cargo, ekspedisi, kurir dan logistik. sumber gambar: pexels.com

Mungkin selama ini kamu juga tidak begitu memperhatikan jika masing-masing jenis layanan jasa pengiriman ternyata berbeda antara satu dengan yang lain, karena memang jika dilihat dari layanan yang diberikan masing-masing memberikan kemudahan dalam hal pengiriman barang.

Jadi sebelum kamu menggunakan jasa pengiriman barang, ada baiknya mengetahui apa saja perbedaan kurir, cargo, logistik dan ekspedisi seperti berikut ini.

1. Kurir

pengertian kurir
pengertian kurir, sumber gambar: pexels.com

Jika kamu amati, bisa terlihat kalau jasa kurir banyak menjamur di tanah air sejak jual beli online semakin ramai. Padahal jasa kurir sebenarnya sudah ada sejak dulu sebagai salah satu media bagi perusahaan untuk mengirimkan dokumen atau barang kepada pihak lain.

Pengertian kurir

Kurir bisa diartikan sebagai perusahaan maupun perorangan yang bertugas mengirimkan barang atau dokumen dalam jumlah kecil hingga menengah dari satu tempat ke tempat tujuan lainnya menggunakan pengiriman jalur darat, laut atau udara.

Keunggulan jasa kurir

Menggunakan jasa kurir dianggap sebagai solusi paling cepat dan praktis, selain itu juga aman sehingga banyak perusahaan yang menggunakan jasa kurir. Sementara dengan perkembangan bisnis online saat ini peran kurir menjadi sangat penting.

Pasalnya kurir dianggap mampu mengirimkan barang ke konsumen dengan lebih baik, terlebih dengan adanya fitur pelacakan yang memungkinkan konsumen untuk memantau secara langsung produk yang dibelinya secara online.

Keunggulan lainnya adalah tersedianya fasilitas COD yang memungkinkan konsumen untuk membayar produk yang dibeli langsung di tempat. Hal ini tentu saja lebih praktis dan pastinya lebih hemat biaya jika dibandingkan jasa pengiriman lainnya.

2. Cargo

pengertian cargo
pengertian cargo, sumber gambar: pexels.com

Jika kurir lebih kepada jasa pengiriman barang dengan jumlah yang tidak banyak, maka hal itu berbeda dengan cargo. Ya, jasa pengiriman barang ini biasanya digunakan untuk mengirimkan barang dalam kapasitas besar sehingga banyak dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan.

Pengertian cargo

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cargo bisa diartikan sebagai layanan pengiriman barang dengan kapasitas besar menuju ke tempat tujuan melalui jalur  darat, laut dan udara dalam jarak tempuh yang cukup jauh hingga antar negara.

Keunggulan cargo

Penggunaan jasa cargo untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang besar dianggap lebih menguntungkan karena biayanya lebih murah. Terlebih dengan opsi pengiriman yang disediakan, seperti jalur darat, laut, udara, antar kota dan bahkan antar negara.

Sementara untuk tarifnya sendiri bisa disesuaikan dengan rute dan tujuan barang, serta berat dan ukuran barang yang dikirim. Selain itu, biasanya juga ada tambahan biaya untuk keperluan asuransi, packing dan proses bongkar muat barang.

Adapun perbedaan kurir, cargo, logistik dan ekspedisi bisa dilihat dari waktu pengiriman barang hingga tiba di tempat tujuan. Dengan kapasitas barang yang cukup besar maka waktu pengirimannya tidak bisa secepat seperti pada pengiriman barang kecil dengan jumlah sedikit.

Selain itu, biasanya jasa cargo tersedia di berbagai wilayah kota besar, serta di beberapa tempat seperti stasiun kereta api, pelabuhan hingga bandara. Dengan banyaknya jasa cargo yang tersedia maka kamu bisa dengan mudah mengirimkan barang dengan kapasitas besar.

Baca juga: Cara Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

3. Logistik

pengertian logistik
pengertian logistik, sumber gambar: pexels.com

Apa itu pengiriman logistik? Berbeda dari jasa cargo, jasa logistik biasanya disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang pada bisnis dengan skala menengah ke bawah. Itulah mengapa jasa logistik banyak digunakan dalam pengiriman barang perusahaan.

Pengertian jasa logistik

Logistik bisa diartikan sebagai pengelolaan berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan pengiriman. Mulai dari pengadaan barang, penyediaan gudang, hingga penyimpanan barang.

Opsi pengiriman menggunakan jasa logistik bisa disesuaikan dengan rute dan tujuan pengiriman. Setidaknya ada tiga jenis pengiriman yang bisa dipilih, yaitu melalui jalur darat menggunakan truk dengan kapasitas tertentu, melalui jalur laut dan jalur udara.

Keunggulan jasa logistik

Dengan kebutuhan pengiriman yang cukup tinggi, keberadaan jasa logistik sudah tersebar di berbagai wilayah secara merata bahkan hingga ke pelosok tanah air. Hal ini bertujuan agar barang cepat sampai ke tangan konsumen.

Perlu diketahui bahwa layanan logistik lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen dalam skala yang besar sehingga tidak hanya terbatas pada pengiriman barang saja. Selain itu, pengiriman dilakukan sesuai peta distribusi dari produk konsumen tersebut.

Dalam hal ini produk yang didistribusikan melalui jasa logistik biasanya merupakan produk perusahaan yang akan disalurkan ke berbagai daerah. Sehingga tidak heran jika kapasitas barang yang dikirim juga berskala besar dengan bobot antara 10 – 50 ton.

4. Ekspedisi

pengertian ekspedisi
pengertian ekspedisi, sumber gambar: pexels.com

Jika dibandingkan dengan jasa cargo, perbedaan cargo dengan ekspedisi bisa dilihat dari kapasitas barang yang dikirimkan. Pada dasarnya jasa ekspedisi digunakan untuk mengirimkan produk atau barang dalam kapasitas sedang hingga kecil ke berbagai tempat tujuan.

Pengertian jasa ekspedisi

Jasa ekspedisi bisa diartikan sebagai jenis layanan pengiriman barang yang disediakan oleh perusahaan ekspedisi dengan proses pengiriman yang sangat cepat. Untuk tujuan pengirimannya disesuaikan permintaan para pengirim.

Sementara jenis layanannya sendiri bisa dibedakan menjadi dua, yaitu jasa ekspedisi reguler dan jasa ekspedisi khusus. Untuk jenis ekspedisi reguler biasanya digunakan dalam pengiriman barang seperti pada umumnya.

Sementara jasa ekspedisi khusus akan mengirimkan barang menuju ke wilayah tertentu secara lebih akurat. Untuk pengirimannya sendiri menggunakan armada khusus, tujuannya agar barang bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat.

Keunggulan jasa ekspedisi

Salah satu alasan menggunakan jasa ekspedisi adalah proses dan waktu pengiriman yang cepat karena jasa ini menyediakan layanan kirim 1 hari sampai, bahkan dalam satu hari perusahaan ekspedisi bisa mengirimkan barang ke ratusan alamat.

Terkait dengan tarif pengiriman, biasanya disesuaikan dengan berat barang serta jarak yang ditempuh, sementara ekspedisi khusus ada tambahan biaya asuransi. Kamu bisa memilih jenis layanan ini jika ingin barang sampai dalam 1 hari.

Adapun perbedaan jasa logistik dan ekspedisi bisa dilihat dari cakupan layanan yang disediakan. Karena jasa logistik memiliki cakupan yang lebih luas, diantaranya menyediakan jasa pengiriman barang, gudang, manajemen hingga dalam hal transportasi.

Baca juga: 10 Plugin Ongkos Kirim Terbaik Untuk Toko Online

Penggunaan jasa pengiriman barang saat ini dianggap sebagai salah satu solusi yang paling praktis dan ekonomis, karena berbagai jenis barang bisa dikirimkan ke alamat tujuan dengan aman secara mudah dan tepat waktu.

Dengan mengetahui perbedaan kurir, cargo, logistik dan ekspedisi, maka akan memudahkan kamu dalam memilih jenis jasa pengiriman yang paling tepat sesuai kebutuhan. Jika kapasitasnya sedang dan kecil bisa menggunakan jasa kurir dan ekspedisi, kalau kapasitasnya besar gunakanlah jasa cargo.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar