6 Penyebab Produk Tidak Muncul di Shopee Beserta Solusinya

Komerce.id – Shopee merupakan salah satu platform marketplace yang terkenal di kalangan masyarakat, sehingga banyak pengusaha yang memiliki toko di platform ini. Namun, terkadang muncul masalah seperti produk yang di publish tidak muncul, hal itu menyebabkan banyak penjual mencari penyebab produk tidak muncul di Shopee.

Walaupun terdengar sepele, masalah tersebut cukup membuat penjual menjadi kesal. Padahal masalah tersebut akan mudah diatasi jika kamu mengetahui penyebabnya. Oleh karena itu, jika muncul masalah produk yang tidak muncul di Shopee, kamu harus tenang dan mencari solusi sehingga penyebabnya bisa diketahui.

Dalam melakukan bisnis jual beli online, kamu dituntut untuk bisa mengatasi masalah teknis dengan tenang. Karena berbasis internet, pastinya masalah teknis yang akan kamu hadapi akan semakin banyak dibandingkan dengan toko konvensional.

Baca juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee Untuk Menarik Perhatian (2022)

Alasan Produk Tidak Muncul di Shopee

ilustrasi kategori produk di shopee
Sumber gambar: duwitmu.com

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab produk tidak muncul di Shopee. Biasanya, alasan ini umum ditemui di sebagian besar penjual yang pernah mengalami masalah ini. Adapun alasan yang biasanya menyebabkan produk gagal dimuat dan tidak muncul di Shopee antara lain adalah:

1. Produk Sedang Dalam Proses Peninjauan

Karena memiliki pengguna yang sangat banyak, tentu saja pihak Shopee memiliki aturan yang cukup ketat. Setiap produk yang akan diunggah ternyata harus melewati proses peninjauan quality control terlebih dahulu. Proses peninjauan ini akan menentukan apakah produk layak atau tidak.

Proses peninjauan ini biasanya akan memakan waktu paling lama 1×24 jam. Oleh karena itu, ketika kamu mengunggah produk di Shopee, produk tersebut tidak akan langsung muncul. Kamu harus menunggu sampai produk selesai ditinjau dan dianggap layak untuk diunggah.

Baca selengkapnya: https://help.shopee.co.id/s/article/Mengapa-produk-saya-tidak-muncul-di-toko-saat-di-cari

2. Produk yang Diunggah Memuat Informasi Kontak Penjual

Terdapat aturan dalam mengunggah produk di Shopee, kamu tidak boleh mencantumkan informasi mengenai kontak yang akan mengarah ke proses transaksi yang bisa dilakukan di luar Shopee. Hal ini termasuk tindakan pelanggaran.

Oleh karena itu, jika produk yang diunggah memuat hal tersebut, maka produk tersebut berisiko tidak bisa ditampilkan. Selain itu, jika ketahuan melakukan transaksi di luar Shopee maka selanjutnya kamu tidak akan bisa mengikuti event Shopee, seperti flash sale dan layanan iklan.

3. Produk yang Diunggah Terindikasi Melanggar Ketentuan Shopee

Shopee memiliki ketentuan tersendiri untuk produk yang akan diunggah dan dijual. Kamu harus mengetahui dengan jelas ketentuan tersebut. Secara umum, terdapat 3 jenis produk yang dinyatakan melanggar ketentuan Shopee, di antaranya:

  • Produk yang dilarang oleh pihak Shopee ataupun produk baru yang diunggah di halaman produk lama.
  • Produk tiruan karena produk ini dianggap telah melanggar kekayaan intelektual ataupun produk yang diunggah tanpa izin yang mengandung merek dagang tertentu.
  • Produk sama yang diunggah berkali-kali karena akan dianggap sebagai spam oleh pihak Shopee. Selain itu, produk yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran dan juga produk yang tidak memiliki informasi yang jelas.

4. Produk Shopee Diblokir

Shopee menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengecek status produk yang diunggah. Kamu akan mendapatkan notifikasi jika produk yang diunggah diblokir karena terindikasi melakukan pelanggaran.

Agar produk tersebut tetap bisa diunggah, kamu harus memperbaiki hal-hal yang dianggap melanggar dalam waktu 1×24 jam. Caranya adalah dengan menghapus produk yang diblokir tersebut, kemudian unggah kembali dengan memperbaiki hal yang dianggap melanggar.

5. Produk Shopee Diarsipkan

Jika tokomu tidak ada interaksi atau mengalami penurunan interaksi dalam kurun waktu yang lama, bukan tidak mungkin produk yang diunggah akan diarsipkan. Produk akan ditampilkan apabila interaksi toko meningkat. Oleh karena itu, pastikan toko tidak mengalami penurunan interaksi untuk mencegah hal tersebut.

Kamu bisa meningkatkan interaksi toko dengan membalas chat-chat pelanggan yang menanyakan mengenai produk yang dijual. Kecepatan membalas pesan juga mempengaruhi tingkat interaksi toko yang ada di Shopee. Oleh karena itu, pastikan kamu merespon pesan pelanggan dengan cepat.

Baca juga: 10 Menu Pada Layanan Shopee Seller Center dan Penjelasannya

6. Produk Gagal Dimuat

Jika terjadi masalah ini, biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi seperti “Produk gagal dimuat. Mohon untuk memuat ulang halaman”. Biasanya hal ini terjadi akibat adanya gangguan teknis. Adapun gangguan teknis yang biasanya menyebabkan masalah ini adalah:

a. Server Down

Seperti kita ketahui bahwa Shopee merupakan salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, banyak sekali pelanggan yang menggunakan platform ini untuk berbelanja.

Pada saat event tertentu, seperti momen diskon besar-besaran maka akan lebih banyak pengunjung yang menggunakan Shopee. Pada saat inilah biasanya server Shopee akan down karena kelebihan pengunjung.

b. Koneksi Internet yang Buruk

Koneksi internet yang buruk dan tidak stabil juga dapat menjadi salah satu alasan produkmu gagal dimuat. Keadaan koneksi internet tersebut akan membuat sebagian informasi atau bahkan seluruh informasi produk menjadi hilang.

Jika mengalami masalah tersebut, maka kamu dapat menunggu beberapa saat hingga masalah tersebut hilang. Ketika dirasa sudah stabil baik server maupun koneksi internet, Kamu dapat mencoba untuk mengunggah kembali produk yang akan ditawarkan.

Bagaimana Cara Mengatasi Produk yang Tak Kunjung Muncul di Shopee?

solusi produk di shopee tidak muncul
Sumber gambar: freegameguide.online

Untuk mengatasi penyebab produk tidak muncul di Shopee, kamu dapat mencoba menghubungi pihak layanan Shopee. Beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan antara lain adalah:

1. Mengirimkan Email ke Website Official Shopee

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengajukan keluhan mengapa produk yang unggah tak kunjung muncul adalah dengan mengirimkan email langsung ke pihak Shopee. Ceritakan apa saja masalah yang kamu alami melalui email tersebut.

Biasanya, pihak Shopee akan merespon email tersebut dalam kurun waktu sekitar 1 hingga 2 hari. Oleh karena itu, kamu harus menunggu dengan sabar.

2. Melaporkan Masalah Melalui Layanan Chat 24 Jam

Shopee juga memiliki layanan chat 24 jam yang bisa digunakan penggunanya untuk menyampaikan keluhan yang dialami, ceritakan masalah yang kamu alami secara jelas melalui chat tersebut. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan balasan kurang dari 1 hari kerja.

3. Melapor Melalui Call Center Shopee 24 Jam

Jika tidak mau menunggu lama, kamu dapat langsung menyampaikan keluhan melalui layanan call center Shopee. Layanan ini buka selama 24 jam sehingga kamu bisa menyampaikan pengaduan kapan saja.

Namun, kamu harus mempersiapkan pulsa yang cukup banyak. Pasalnya, biaya pulsa yang akan dibebankan terbilang cukup banyak.

Baca juga: 9 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Saat ini melakukan bisnis online adalah salah satu pilihan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Kemajuan teknologi membuat banyak orang beralih ke marketplace untuk belanja daripada datang langsung ke pusat perbelanjaan.

Salah satu marketplace yang sangat terkenal di kalangan masyarakat adalah Shopee. Oleh karena itu, banyak penjual yang mulai membuka tokonya di Shopee. Namun, ketika menggunakan platform marketplace mu harus mengetahui mengenai bagaimana mengatasi masalah teknis.

Cara menggunakan fitur Shopee dan bagaimana mengetahui penyebab produk tidak muncul di Shopee adalah hal dasar yang harus dipelajari. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa panik jika terjadi masalah teknis pada akun toko di Shopee.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.