Pengiriman ID Express Shopee 2022 : Estimasi, Cek Resi & Call Center

komerce.id – Kamu yang sering berbelanja di Shopee atau disebut juga dengan nama Toko Orange, pasti menggunakan jasa ekspedisi. Namun, sebagian besar pengguna Shopee belum mengetahui terdapat jasa pengiriman ID Express Shopee karena saking banyaknya pilihan ekspedisi.

ID Express masih aktif bekerja sama dengan marketplace terpopuler di Indonesia, yakni Shopee yang secara resmi menjadi partner dalam proses pengiriman barang dari penjual kepada pembeli. Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana pengiriman ID Express Shopee?

Pengiriman ID Express tentu aman dan dijamin akan diantarkan sampai ke rumah pembeli dan cakupannya sampai ke seluruh Indonesia. Apabila dibandingkan jasa ekspedisi lain, tentu saja ID Express memiliki banyak keunggulan, salah satunya situs pelacakan paket dan layanan call center 24 jam.

Baca juga: Arti Status Pengiriman ID Express

Layanan Pengiriman ID Express Shopee

Layanan Pengiriman ID Express Shopee
Layanan Pengiriman ID Express Shopee

Pengiriman ID Express yang dapat digunakan di platform belanja online Shopee adalah layanan reguler yang memiliki keunggulan berupa ongkos kirim terjangkau meski estimasi waktu pengiriman sedikit lebih lama.

Seller Shopee bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh ID Express, berupa drop off di konter ID Express terdekat atau bisa pickup melalui kurir.

Bagi pembeli yang ingin menggunakan ID Express, maka kamu bisa membeli barang di Shopee dengan berat maksimal 50 kg dan berdimensi 50 x 50 x 50 cm. Shopee menerapkan pembulatan berat paket ID Express menjadi 3 kategori, yakni bisa kamu lihat pada tabel berikut ini:

Berat PaketPembulatan
0 – 500 gram½ Kg
501 – 1300 gram1,3 Kg
1301 – 2300 gram2 Kg

Cara Cek Resi ID Express Shopee

Daftar cara cek resi id express
Daftar cara cek resi id express

Apabila jasa ekspedisi yang kamu pilih ketika belanja online di Shopee adalah ID Express, maka kamu bisa cek resi dengan mudah. Pasalnya, cek resi merupakan salah satu fitur yang bisa dilihat secara online melalui website resmi ID Express.

Akan tetapi sebelum beranjak untuk cek resi melalui website resmi ID Express, tentu saja kamu perlu mendapatkan nomor resi terlebih dahulu. Nah, nomor resi pengiriman bisa kamu temukan pada informasi pesanan di Shopee.

Berikut ini cara mendapatkan nomor resi Shopee dan cara cek resi ID Express:

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Shopee kemudian pilih opsi menu “Saya”.
  • Apabila sudah berhasil membuka halaman, silahkan fokus ke Pesanan Saya kemudian pilih opsi “Dikirim”.
  • Pada halaman baru akan muncul informasi semua pengiriman yang sedang berjalan, lalu silahkan pilih salah satu transaksi dengan jasa ekspedisi ID Express.
  • Setelah di klik, akan muncul pelacakan dari Shopee, sedangkan nomor resi pengiriman ID Express juga akan tertera di sana. Kamu hanya perlu menekan opsi “Salin”.
  • Tutup aplikasi Shopee, kemudian silahkan beralih pada aplikasi browser yang sering kamu gunakan.
  • Langsung saja ketika alamat website resmi ID Express “idexpress.com” di kolom pencarian, kemudian klik “Enter” atau “Cari”.
  • Jika sudah, akan muncul halaman dengan kolom pencarian resi. Silahkan paste nomor resi yang sudah kamu salin dari Shopee ke kolom pencarian.
  • Setelah mengisi nomor resi dengan benar, lanjutkan dengan klik tombol “Track Now”.
  • Tunggu halaman terbuka dengan sempurna hingga muncul hasil pelacakan, kemudian tekan saja apabila kamu ingin menampilkan informasi secara detail.
  • Status pengiriman menggunakan jasa ekspedisi ID Express Shopee akan tampil.
Baca juga: Cara Pick Up ID Express

Info ID Express

Info ID Express
Info ID Express

1. Berapa Lama Pengiriman ID Express Shopee?

Pengiriman ID Express Shopee memang sedikit lebih lama dibandingkan jasa ekspedisi lain, namun ongkos kirim yang ditetapkan akan sangat menguntungkan pembeli. Bahkan saking murahnya, tidak jarang kamu bisa mendapatkan gratis ongkir dengan voucher dari Shopee.

Paket yang dikirimkan menggunakan layanan ID Express bisa diterima oleh penerima atau pembeli dalam jangka waktu 2 sampai dengan 7 hari kerja (maksimal) sesudah diserahkan kepada kurir ekspedisi. 

Pengiriman ini termasuk layanan reguler sehingga sangat wajar apabila estimasi barang sampai sedikit lebih lama.

2. Jam Operasional

Tak hanya pembeli saja yang diberikan kemudahan dan keuntungan ketika menggunakan jasa ekspedisi ID Express, namun penjual juga bisa mendapatkan keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah penjual bisa menggunakan fasilitas pengiriman berupa pick up dan drop off.

Penjual bisa memilih layanan sesuai keinginan, baik paket dijemput atau bisa mengantarkannya langsung ke konter ID Express terdekat. Sedangkan untuk jam operasional konter ID Express adalah sebagai berikut:

Pick UpDrop OffKurir
13:00 WIB18:00 WIBSetiap hari 09.00 -18.00Setiap hari 08.00 – 23.00

3. Call Center ID Express

Layanan pengiriman yang diberikan oleh ID Express melalui Shopee memang tidak termasuk layanan kilat yang bisa sampai hanya dalam waktu singkat saja karena ekspedisi membutuhkan waktu beberapa hari. Namun, dapat dipastikan bahwa pelayanan yang diberikan sangat baik dan keamanan barang terjamin.

Apabila kamu mengalami kendala pada saat proses pengiriman, kamu bisa langsung melakukan komplain atau menghubungi call center ID Express. Berikut ini alamatnya:

  • Telepon: 021 8082 3899
  • Email: info@idexpress.com
  • Facebook: @ideexpressindonesia
  • Instagram: idexpress_indonesia
  • Twitter: @idexpress_care
  • Linkedin: ID Express Service Solution

Hal yang sangat disayangkan dari pengiriman ID Express Shopee adalah belum ada layanan Same Day atau Next Day, sehingga tidak ada pengiriman kilat. Akan tetapi jika kamu menggunakan layanan ID Express tidak melalui Shopee dan berada di Jabodetabek, maka dua layanan tersebut bisa dinikmati.

Kelemahan lain yang dimiliki oleh ID Express adalah terbatasnya kantor cabang sehingga terkadang membuat proses pengiriman tertunda. Namun, secara keseluruhan pelayanan dari ID Express tidak pernah mengecewakan, bahkan dengan tarif ongkir yang begitu terjangkau, pelayanan sangat bagus.

Kamu tak perlu khawatir menggunakan ID Express sebagai pilihan jasa ekspedisi. Jika kamu menggunakan ID Express melalui Komship, maka kamu bisa mendapatkan berbagai diskon ongkir bahkan hingga 50% untuk pilihan layanan tertentu.

Kamu cukup daftar di Komship.id dan mengisi data yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk verifikasi e-mail kamu untuk dapat menggunakan layanan Komship dan promo-promo lainnya. Mudah kan?

Jadi, jika kamu berbelanja online melalui Shopee, jangan lupa untuk menggunakan jasa ekspedisi ID Express. Dijamin barang yang kamu kirim akan sampai dengan aman, walaupun dalam waktu beberapa hari.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar