Packing Kayu SiCepat 2022: Biaya Jasa, Harga & Asuransi

komerce.id – Poin terpenting dalam pengiriman adalah bagaimana paket bisa sampai ke tangan customer tanpa kurang suatu apapun. Oleh karena itu, diperlukan kemasan yang tidak mudah rusak ketika di perjalanan, salah satunya adalah dengan packing kayu dari SiCepat.

Packing kayu memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah aman, tahan terhadap cuaca dan kuat. Pilihan tepat bagi kamu yang sedang mengirimkan barang mudah pecah dan rusak agar bisa selamat hingga ke kota tujuan dan mendapatkan pujian dari pelanggan.

Pada bacaan di bawah ini kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai biaya yang dikenakan, cara menghitung dan asuransi yang didapatkan dari ekspedisi SiCepat. Simak dari awal hingga akhir ya!

Baca juga: Urutan Pengiriman SiCepat

Berapa Biaya Packing Kayu SiCepat?

Biaya Packing Kayu SiCepat
Biaya Packing Kayu SiCepat

Seolah tidak mau kalah dengan jasa kirim yang lainnya, SiCepat memunculkan layanan packing menggunakan box kayu yang tebal. Tujuannya agar bisa melindungi barang yang rentan hingga selamat sampai ke tangan pemilik.

Namun layanan tersebut dikenakan biaya tambahan, informasi ini sangatlah penting agar kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang dikeluarkan. Perlu kamu ketahui, jasa packing kayu SiCepat lebih mahal dibanding kemasan lainnya karena kayu lebih kuat dibandingkan plastik atau kardus biasa.

Biasanya, para pelanggan menggunakan layanan ini untuk mengirimkan barang yang mudah rusak dan pecah sehingga barang tetap bagus sampai ke lokasi tujuan dan tidak mendapatkan komplain dari penerima. Selain itu, packing kayu ini juga sangat diandalkan untuk pengiriman barang berukuran besar.

Tentunya rincian biayanya ditentukan dari lokasi, jarak dan berat barang. SiCepat menggunakan 2 jenis perhitungan yaitu berdasarkan volumetric dan berat asli. Perhitungan volumetric diterapkan jika barang yang dikirim beratnya diatas 10 kg.

Jadi dapat ditarik kesimpulan jika tarif packing kayu SiCepat ini berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Kamu bisa menghitungnya menggunakan rumus, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, pihak ekspedisi akan membedakan mana yang lebih besar.

Baca juga: Cara Komplain SiCepat (Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang)

Cara Menghitung Biaya Kirim Packing Kayu SiCepat

Cara Menghitung Biaya Packing Kayu SiCepat
Cara Menghitung Biaya Packing Kayu SiCepat

Packing kayu Sicepat bisa kamu gunakan untuk mengirimkan barang-barang yang perlu perlindungan tambahan. Namun bagaimanapun juga, packing kayu tetaplah memiliki kelemahan, diantaranya adalah tidak tahan air, berat jika diangkat dan ongkos kirim yang lebih mahal.

Walaupun begitu, pengemasan menggunakan kayu ini tetap bisa kamu gunakan baik di kantor cabang atau agen SiCepat. Kamu juga tidak perlu melakukan pengemasan secara mandiri karena dikhawatirkan tidak memenuhi standar keamanan, serahkan saja ke pihak SICepat.

Lalu pertanyaan yang mendasar, bagaimana cara menghitung harga packing kayu SiCepat ini? Kamu bisa menggunakan rumus berat asli dan volumetric. Begini penjelasan rincinya:

1. Menghitung dari Berat Asli

Contoh sederhana jika menghitung ongkos kirim dari berat asli adalah kamu mengirim barang dengan packing kayu sebesar 3 kg. Biaya p dari kota asal kamu dan tujuan adalah Rp. 10.000, maka kamu hanya tinggal mengalikan 3×10.000 sama dengan Rp. 30.000.

Bobot packing kayu3kg
Ongkir/kgRp.10.000
Biaya packing kayuRp.30.000

2. Menghitung Packing Kayu dari Volumetrik

Cara menghitung biaya kirim yang kedua adalah dengan rumus volumetrik. Rumus ini juga digunakan oleh jasa ekspedisi lainnya karena sesuai standar yang ditetapkan, kamu bisa menggunakan rumus volume barang agar memperoleh bobot packing kayu. Rumusnya adalah:

[(PXLXT):6000]

Contoh sederhananya adalah kamu mengirimkan barang dengan panjang 30 cm, tinggi 40 cm dan lebar 30 cm. Sedangkan ongkos kirim dari kota asal ke tujuan adalah Rp. 10.000, maka diperoleh perhitungan sebagai berikut:

Panjang30cm
Lebar40cm
Tinggi40cm
Ongkir/kgRp.10.000
Volumetrik30 x 40 x40 : 6000 = 8kg
Biaya packing kayu SiCepat8 x 10.000 = Rp.80.000

Jadi, biaya yang harus kamu bayarkan ke pihak ekspedisi untuk barang berukuran panjang 30 cm, lebar 30 cm dan tinggi 40 cm dari kota asal ke tujuan adalah Rp. 80.000. Harga bisa berbeda, tergantung dimana lokasi tujuan pengiriman. Semakin jauh, maka akan semakin mahal.

Jadi sekarang kamu sudah bisa menghitung secara mandiri berapa biaya kirim jika menggunakan layanan packing kayu dari SiCepat. Jika dirasa terlalu mahal, maka penting untuk dipertimbangkan kembali. Jangan sampai mengurangi keuntungan dari hasil penjualan kamu ya!

Baca juga: Istilah Pengiriman SiCepat Ekspres

Asuransi Packing Kayu SiCepat

Satu poin penting yang dilihat dari konsumen sebelum menggunakan jasa kirim tertentu adalah apakah ada biaya asuransi. Sebenarnya, pihak SiCepat memiliki produk asuransi yang tentunya wajib diambil oleh pelanggan.

Tujuannya agar ada garansi pengiriman sesuai dengan nominal barang di atas Rp. 1.000.000. Fungsi dari asuransi ini sangatlah penting, khususnya bagi kamu yang menggunakan layanan packing kayu dengan nilai atau harga yang besar.

Lalu bagaimana cara mendapatkan biaya asuransi SiCepat? Tenang saja, kamu bisa melakukan perhitungan dengan menambahkan biaya sebesar 0,5% dari total nilai barang yang sudah ditambah biaya admin.

Contoh sederhananya adalah, kamu mengirimkan barang dengan nilai sebesar Rp. 3.000.000, maka perhitungannya adalah:

Nilai paketRp.3.000.000
Biaya adminRp.100.000
Biaya asuransi0,5% x 3.000.000 + Rp.100.000 = Rp.115.000

Biaya di atas akan dibebankan kepada pengirim ketika kamu menggunakan layanan packing kayu dengan nominal lebih dari Rp. 1.000.000. Lalu bagaimana jika nominal barang tidak mencapai jumlah tersebut? Jawabannya, kamu bisa menggunakan layanan packing lainnya yang lebih murah.

Kelebihan menggunakan asuransi packing kayu SiCepat ini adalah kamu bisa mendapatkan jaminan jika barang hilang atau rusak ketika sedang di perjalanan, kamu cukup melakukan klaim menggunakan bukti pengiriman dan akan mendapatkan ganti rugi sebesar barang yang dikirimkan.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk menggunakan layanan dari SiCepat? Tapi ingat ya, gunakan untuk pengiriman barang yang mudah rusak, pecah dalam jumlah yang banyak agar lebih menghemat di ongkos kirim.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jarak dari kota asal ke kota tujuan. Intinya kamu harus benar-benar memperhatikan mana layanan yang paling tepat untuk mengirimkan barang hingga selamat sampai ke tujuan.

Mungkin jika kamu menggunakan jasa ekspedisi lainnya, perhitungannya akan berbeda. Masing-masing memiliki rumusnya tersendiri. Jadi tidak bisa digeneralisir, bisa jadi harganya lebih mahal atau bahkan lebih murah. Bagaimana apakah Sampai sini bisa dipahami?


Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa packing kayu SiCepat adalah layanan untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang cukup banyak dan besar menggunakan packing kayu. Kelebihannya adalah lebih menjamin keamanan hingga selamat sampai ke tujuan.

SiCepat sendiri memiliki dua jenis perhitungan untuk menentukan biaya kirim. Pertama adalah menggunakan berat asli menggunakan satuan kg dan dikalikan dengan ongkos kirim dari kota asal ke kota tujuan.

Kedua adalah perhitungan volumetric dengan mengalikan panjang, lebar, tinggi dan rumus khusus yang sudah dijelaskan di atas. Packing kayu SiCepat bisa dijadikan opsi karena ada asuransi untuk melindungi barang selama di perjalanan. 

Namun kamu tak perlu khawatir. kamu bisa menikmati ongkos kirim SiCepat dengan harga yang lebih murah hingga 30% dengan menggunakan Komship. Kamu bisa mendapatkan diskon ongkir 30% dan masih lebih murah lagi jika kamu melakukan pengiriman dengan pengiriman Cargo dengan harga mulai dari Rp. 2500,-/kg dan masih dapat tambahan diskon 5% untuk minimal pengiriman 10kg.

Tak perlu khawatir, kamu tak perlu datang ke counter atau agen ekspedisi SiCepet. Kamu cukup akses komship melalui komship.id dan ikuti petunjuk untuk memasukkan data barang guna memproses orderan. Makin mudah lagi karena paket bisa dijemput tanpa minimum order. Mudah sekali bukan? Mulai transaksimu sekarang di komship.id.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar