5 Tips Mengelola Customer Service Jarak Jauh

Apakah Anda mengelola bisnis secara remote? Pasti agak menyulitkan ketika harus mengelola customer service secara tidak langsung. Apalagi di musim pandemi seperti ini, ketika sebagian besar orang memilih untuk bekerja secara remote dari rumah masing-masing.

Pasti Anda memiliki sedikit banyak kekhawatiran tentang kinerja mereka bukan? Di artikel kali ini, Mbak Mimin membagikan tips mengelola customer service dari jarak jauh. Apa saja?

1. Bekali CS dengan Product Knowledge

Pentingnya seorang CS memiliki pengetahuan tentang produk knowledge sangat membantu dalam pekerjaannya. Bagaimana tidak, seorang CS harus mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi pelanggan. Simak point-point product knowledge untuk mendukung performa CS Anda.

2. Memberikan SOP dan Jobdesc yang Jelas

Memberikan SOP dan Jobdesc CS sangat membantu dalam menentukan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang harus diemban oleh masing-masing CS dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu, menentukan SOP dan jobdesc dapat mempermudah dalam melakukan evaluasi.

3. Memantau Kinerja dengan Berbagai Tools

Ada berbagai tools untuk memantau kinerja customer service secara online, mulai dari aplikasi pesan online seperti WhatsApp dan Telegram, google spreadsheet, aplikasi yang memungkinkan memantau history chat WhatsApp CS seperti rambox dll

4. Lakukan Laporan dan Evaluasi Rutin

Untuk memantau hasil dari kinerja CS selama sehari, jangan lewatkan untuk melakukan laporan harian dan evaluasi rutin agar performa tetap stabil. Tak hanya itu, evaluasi rutin juga berguna untuk menemukan masalah yang terjadi lebih cepat.

5. Hire Leader Untuk Mengawasi Secara langsung

Selain pemantauan secara daring, ada baiknya Anda juga melakukan pengawasan secara langsung untuk menyelesaikan masalah di lapangan dan memberi petunjuk apabila terdapat kesulitan atau kendala yang dihadapi Customer Service.

Di Komerce, setiap kali partner memberdayakan SDM Customer Service akan diawasi oleh seorang leader yang bertugas untuk mengawasi, membimbing, dan melaporkan masalah yang terjadi di lapangan. Anda tak perlu lagi khawatir tentang kinerja di lapangan, karena leader akan menyampaikan segala informasi tentang kinerja CS.

Itulah tips untuk mengelola Customer Service jarak jauh. Bagaimana? Apakah terasa rumit? Ada cara lebih praktis untuk mengelola Customer Service jarak jauh.

Hire Customer Service Komerce!!

Anda tak perlu:
❌ menyediakan kantor
❌ Memberi pelatihan
❌ Mengawasi sepanjang hari
❌ Khawatir mengakhiri kerjasama ketika hasil kurang memuaskan

Hubungi staff kami untuk mendapatkan info lebih lanjut dan benefit lainnya menggunakan jasa Customer Service Komerce! Klik di sini

hire cs handal
kolaborasi bersama komerce
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar