Cara Duplikat Website WordPress

Website menjadi hal wajib yang harus dimiliki para pebisnis online saat ini. Namun, mengelola website bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau kita punya lebih dari satu website. Berbicara memiliki lebih dari satu website, ada kalanya kita ingin mendupliasi website yang satu ke website yang lain. Kalau kita punya basic di web development mungkin ini adalah hal yang mudah, namun bagaimana kalu tidak? Nah, kali ini kita akan coba membahas cara duplikat website berbasis WordPress.

WordPress memberikan solusi kepada kita para pebisnis untuk membuat website dengan lebih cepat. Namun, tetap saja, melakukan maintenance pada website WordPress kita adalah hal yang kadang merepotkan.

Kegiatan maintenance sendiri ada macam-macam. Backup website, update versi dari WordPress, update plugin yang digunakan, update tema dan termasuk ketika kita ingin menduplikat website kita.

Duplikat Website WordPress

Berbicara tentang duplikat website WordPress, ada beberapa pilihan yang bisa kita gunakan. Hanya menduplikat post, menduplikat halaman (page), atau menduplikat WordPress secara keseluruhan. Duplikat secara keseluruhan ini meliputi plugin, tema, konten dan pengaturannya.

Kali ini kita akan membahas tentang cara duplikat website WordPress dengan mudah. Semudah apa? Baca sampai habis!

Baca juga: Cara Mengamankan Situs WordPress

Cara Duplikat Post dan Page WordPress

PENTING! Biasakan untuk membackup website WordPress kita setiap kita akan melakukan perubahan apapun di website WordPress kita. Terutama jika kita mau update versi WordPress, Theme maupun Plugin.

Pertama kita akan membahas tentang cara menduplikat post dan page (halaman) di WordPress. Seperti kita ketahui, di WordPress ada dua jenis postingan, yaitu Post dan Page.

Nah, untuk menduplikat post dan page ini kita akan memanfaatkan plugin. Ada beberapa plugin yang bisa kita gunakan untuk melakukan duplikat post dan page di WordPress. Di bawah ini adalah beberapa plugin yang bisa kita gunakan.

1. Cara Duplikat Website WordPress Post dengan Plugin Duplicate Post

plugin duplicate post

Plugin Duplicate Post bisa kita gunakan untuk menduplikat halaman atau post di WordPress. Dengan menggunakan plugin ini, kita bisa mengatur bagian mana saja yang ingin disalin. Seperti Title, Date, Status, Slug, Excerpt, Content, Featured Image, Template, Format, Author, Password, dan lainnya.

Selain itu kita juga bisa mengatur user dan tipe post mana saja yang dapat menggunakan plugin ini.

Setelah plugin aktif, akses “Pages -> All Pages”. Plugin ini akan memunculkan opsi Clone dan New Draft pada post atau halaman WordPress.

pilihan duplicate post

Tombol Clone digunakan untuk menyalin post atau halaman yang dipilih. Sementara New Draft digunakan untuk menyalin post kemudian membukanya untuk disunting.

2. Cara Duplikat Post dan Pages dengan Plugin Duplicate Page and Post

plugin duplicate page and post

Plugin Duplicate Page and Post berfungsi untuk membuat salinan dari halaman atau post. Plugin ini lebih simpel, karena hanya menyediakan satu pilihan fungsi. Kita bisa membuat salinan halaman atau post menggunakan satu klik saja dan kemudian disimpan ke dalam bentuk draft.

3. Cara Duplikat Website WordPress Post dan Halaman dengan Post Duplicator

plugin post duplicator

Satu lagi plugin yang bisa kita gunakan untuk menduplikat post dan halaman di WordPress, yaitu Post Duplicator. Plugin ini hampir sama dengan plugin Duplicate post. Perbedaannya, plugin ini langsung membuat file copy yang kemudian di-publish tanpa harus melalui proses edit terlebih dahulu. Jadi ketika kita klik tombol duplicate, maka salinan post akan otomatis diplublish langsung di website.

Baca juga: 15 Theme WordPress Untuk Company Profile

Cara Duplikat Seluruh Isi Website WordPress

Kita melangkah lebih jauh! Kalau panduan sebelum hanya kita hanya membahas tentang cara menduplikat post dan page. Bagaimana kalau kita ingin menduplikat keseluruhan website dan kontennya?

Untuk melakukan ini, lagi-lagi kita akan menggunakan plugin. Kali ini kita akan menggunakan plugin Duplicator. Plugin ini digunakan untuk menyalin keseluruhan isi dari WordPress. Termasuk plugin, konten, dan database ke dalam satu paket berbentuk zip.

Plugin Duplicator ini membuat website kita bisa terkonfigurasi sesuai dengan sebelumnya. Kita tidak perlu melakukan konfigurasi ulang yang membutuhkan waktu lama. Ketika kita memakai plugin ini, hanya cukup sekali proses backup kita sudah bisa menyalin ke beberapa server dan sudah bisa langsung menjalankannya. Berikut panduan cara menggunakan Duplicator untuk duplikat website WordPress.

1. Install dan Aktifkan Plugin

plugin duplicator

2. Setelah plugin aktif, selanjutnya bukan menu “Plugin -> Installed Plugin -> Manage” atau juga dapat menggunakan “Duplicator -> Package”. Kedua langkah ini sama-sama akan membuka halaman pengaturan Duplicator.

manage plugin duplicator

3. Langkah selanjutnya kita akan membuat Backup dengan meng-klik tombol “Create New”. Maka akan muncul Duplicator Wizard yang digunakan untuk menjalankan proses backup. Klik “Next”.

create new plugin duplicator

4. Selanjutnya plugin akan melakukan proses scaning. Kemudian checklist untuk melanjutkan dan klik “Build”.

buat duplikat

5. Setelah selesai, maka akan tampil beberapa pilihan menu InstallerArchive, dan One-Click Download yang dapat Anda pilih salah satu.

selesai duplikat

Error Saat Duplikat Website

Ada kalanya di dalam proses duplikasi wordpress terjadi masalah. Di bawah ini adalah beberapa masalah yang terkadang terjadi saat melakukan duplikasi post, page, atau seluruh konten WordPress.

1. Internal Server Error

Masalah ini dikarenakan tidak dapat terhubung dengan server.

2. A valid URL was not provided

Error ini biasanya terjadi karena sumber file yang akan diduplikasi tidak ada atau tidak ditemukan. Kita perlu mengecek kembali untuk memastikan alamat URL sumber sudah benar dan tidak ada kesalahan dalam penulisan. Perhatikan juga besar kecilnya teks, karena hal ini juga mempengaruhi bagaimana URL dibaca.

3. Incompatible Archive

Error ini muncul karena ada perbedaan sistem yang digunakan antara hosting lama dengan hosting yang baru. Hal ini mengakibatkan file hasil duplikasi tidak dapat diakses oleh sistem yang baru. Untuk mengatasi ini, bisa dengan mengunggah manual menggunakan FTP atau File Manager ke hosting yang baru.

Kesimpulan

Melalui artikel cara duplikat website WordPress ini, kita sudah bisa menyalin dan menduplikat post, page, dan bahkan keseluruhan website WordPress. Memanfaatkan plugin-plugin yang sudah tersedia membuat proses duplikasi lebih mudah dibandingkan dengan cara manual. Ini sangat bermanfaat buat Anda yang kurang menguasai teknis pembuatan website.

Ketika Anda sudah menjadi Partner Komerce dan memberdayakan SDM Advertiser, SDM Anda juga bisa melakukan hal ini. Tentu saja, karena pada dasarnya SDM yang Anda hire adalah karyawan Anda. Jadi Anda bisa memintanya untuk mengerjakan ini meskipun posisinya adalah advertiser. Karena selain dilatih untuk beriklan, SDM Advertiser Kampung Markter juga mendapat pelajaran tentang website terutama berbasis CMS WordPress.

Hartanto

Hartanto adalah web developer di Komerce. Hartanto ingin memastikan agar setiap website yang dikelolanya terus online. Dia juga banyak berbicara tentang landing page untuk penjualan.

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.