15 Kisah Pengusaha Sukses di Dunia dan Indonesia yang Inspiratif

komerce.id – Menjadi pengusaha sukses menjadi dambaan banyak orang, terutama pebisnis yang sedang merintis usaha. Mungkin beberapa dari kita beranggapan jika orang-orang sukses seperti Bill Gates, Jack Ma sangat beruntung hidupnya dengan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Namun untuk menuju kesuksesan pastilah tidak mudah. Kamu pasti setuju bukan dengan pernyataan ini? Banyak pebisnis harus merasakan jatuh bangun sebelum menjadi sukses. Bahkan terkadang kegagalan tidak hanya datang sekali, namun berkali-kali sebelum menjadi sukses.

Hal itu juga terjadi pada pengusaha-pengusaha ternama di dunia dan di Indonesia. Pengusaha-pengusaha ini juga melalui jalan yang berliku sebelum akhirnya menjadi pengusaha sukses. Namun, mereka tidak pernah menyerah sampai menjadi pengusaha yang kita kenal saat ini. Siapa saja pengusaha-pengusaha sukses ini?

Baca juga: 20 CEO Muda Indonesia Paling Inspiratif

Kisah Pengusaha Sukses di Dunia yang Gagal Sebelum Sukses

kisah pengusaha sukses di dunia
Sumber gambar: pexels.com

Siapa bilang pengusaha ternama dunia bisa meraih kesuksesan dengan instan? Sama seperti yang lain, mereka juga mengalami berbagai kegagalan. Bahkan ada yang harus merasakan penolakan berkali-kali hingga menjadi sukses. Siapa saja mereka? 

1. Jack Ma

Yang pertama adalah bos e-commerce asal China ,Alibaba. Sebelum masyarakat dunia mengenalnya sebagai orang yang sangat sukses, ia pernah merasakan berkali-kali kegagalan. Namun, dengan sifatnya yang pantang menyerah ia dapat melalui rintangan hingga menjadi sebesar ini.

Jauh sebelum menjadi bos Alibaba, Jack Ma pernah ditolak masuk universitas hingga 2 kali. Di kali ketiga, Jack Ma berhasil lulus ujian dan berkuliah di Hangzhou Teacher’s Institute. Tak hanya sampai di situ, ketika ia sudah lulus dari perguruan tinggi, ia sempat ditolak kerja di KFC. Dari 24 pelamar, hanya 23 yang diterima dan Jack Ma menjadi satu-satunya pelamar yang ditolak.

Hingga pada tahun 1995, jack Ma datang ke Negeri Paman Sam ini sebagai wakil pemerintah kota Hangzhou. Di sanalah ia menemukan potensi negaranya dan mendirikan China Pages. Ia mundur dari perusahaan tersebut dan kembali bekerja di Kementerian. Ia kembali mengundurkan diri dari pekerjaannya dan mengajak teman-temannya untuk membentuk perusahaan e-commerce yang saat ini kita kenal dengan nama Alibaba.

2. Steve Jobs

Kita mungkin mengenal Steven Paul Jobs sebagai salah satu inovator teknologi yang sangat hebat. Sepanjang karirnya, ia berhasil mengembangkan dan merevolusi setidaknya enam industri, yaitu komputer pribadi, film animasi, musik, ponsel, komputer tablet, hingga penerbitan digital. Namun siapa sangka, Jobs pernah mengalami berkali-kali kegagalan?

Pada tanggal 1 April 1976, Jobs beserta dua rekannya Wozniak dan Wayne mendirikan sebuah perusahaan: Apple. Perusahaan tersebut kemudian menciptakan produk pertamanya yaitu keyboard Apple I. Setelah berhasil pada produk pertamanya, mereka kemudian meluncurkan produk komputer utuh yaitu Apple II. nama Jobs semakin terkenal ketika ia meluncurkan produk macintosh.

Namun, ia mengalami kegagalan hebat ketika ia dipecat dari perusahaannya sendiri, Apple. Setelah ia didepak dari perusahaan yang ia ciptakan sendiri, ia mulai bangkit dengan mendirikan perusahaan IT bernama NeXT Computer. Dari NeXT Steve Jobs kembali mengembangkan bisnis dengan membeli studio animasi Pixar. Jobs kemudian kembali lagi ke perusahaan Apple dan semakin meraup kesuksesannya.

3. Arianna Huffington

Arianna Huffington adalah seorang penulis terkenal berkebangsaan Amerika Serikat. Ia juga pendiri pendiri The Huffington Post, sebuah situs berita, komentar dan blog yang namanya juga sangat besar. Sama seperti yang lain, ia juga pernah mengalami kegagalan dalam perjalanan karirnya.

Naskah buku yang ia tulis ternyata pernah ditolak oleh 36 penerbit. Baru pada penerbit ke-37 bukunya berhasil diterbitkan. Namun ia bertahan dan tak menyerah hingga ia kini berhasil mendirikan kerajaan Huffington Post.

4. Bill Gates

Mungkin kita mengenal Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia sekaligus pendiri Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.  Saat ini  produk microsoft  sangat akrab dengan keseharian kita, khususnya bagi pebisnis yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Tak heran jika kekayaan Bill Gates sangat besar.

Namun siapa sangka? dibalik kesuksesannya ternyata Gates juga pernah merasakan kegagalan, loh! jauh sebelum Microsoft, Bill Gates pernah mendirikan sebuah perusahaan dengan nama Traf-O-Data. Traf-O-Data bertugas menganalisis dan mengolah data. Sayangnya, perusahaan itu bangkrut. Gates lalu membangun Microsoft beberapa tahun kemudian.

5. Evan Williams

Apakah kamu pengguna Twitter? Jika kamu merupakan pengguna media sosial berlogo burung tersebut, kamu sedang menikmati platform yang diciptakan oleh Evan Williams. Williams adalah pendiri media sosial twitter Biz Stone, Jack Dorsey, dan Noah Glass. Saat ini, aplikasi ciptaan nya telah digunakan oleh lebih dari 206 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Sebelum sukses dengan Twitter, Williams pernah membentuk sebuah perusahaan layanan podcast bernama Odeo. Sayangnya, Odeo diluncurkan bersamaan dengan dirilisnya fitur podcast pada iTunes. Pada akhirnya, Odeo tidak mampu bersaing dengan Apple dan gagal.

6. Oprah Winfrey

Oprah Gail Winfrey atau yang lebih dikenal dengan Oprah Winfrey adalah seorang selebriti dan pengusaha berkebangsaan Amerika Serikat. Namanya sangat terkenal dalam menyajikan talkshow The Oprah Winfrey Show. Ia juga termasuk dalam milyader di dunia.

Oprah lahir pada tahun 1954 di sebuah desa di Mississippi, dalam kondisi yang terpuruk. Kala itu, kehidupan sebagai orang berkulit hitam bukanlah hal yang mudah. Semasa kecilnya pun ia sering berpindah-pindah tempat tinggal.

Ia bahkan pernah menjadi korban kekerasan seksual dan mengalami keguguran di usianya yang belum menginjak 20 tahun, Namun, berkat kegigihannya kini ia berhasil melambungkan namanya dan dijuluki “Queen of the Media”

7. Sir James Dyson

Sir James Dyson OM CBE RDI FRS FREng FCSD FIEE adalah penemu berkebangsaan Inggris, perancang industri, petani, dan pengusaha miliarder sekaligus pendiri Dyson Ltd. Penemuan terbesarnya adalah alat penyedot debu tanpa kantong siklon ganda. Berkat penemuannya itulah Dyson sukses hingga menjadi miliarder.

Tapi tahukah kamu? Sebelum penyedot debu tersebut berhasil menjadi produk yang laris di pasaran, Dyson gagal hingga 5.126 kali untuk berhasil menciptakan prototipe vacuum cleaner. Jumlah yang tidak sedikit bukan? Jika Dyson menyerah, ia tidak akan pernah mendapati namanya terdapat dalam daftar orang terkaya di dunia.

8. Jeff Bezos

Jeffrey Preston Bezos merupakan pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern. Ia adalah pendiri, ketua, CEO, presiden dan pemilik saham mayoritas perusahaan teknologi terbesar di dunia Amazon.com. Meskipun ia kini menjadi pengusaha terkaya, namun ia juga pernah mengalami kegagalan loh!

Ia pernah merugi hingga ratusan juta dolar ketika ingin mengalihkan amazon menjadi penjual mainan. Tak hanya itu, disaat yang sama ia juga merugi ratusan juta dollar karena membeli perusahaan pembayaran, Accept.com dimana e-bay sudah melakukan langkah yang lebih maju dan lebih dikenal sehingga tidak dapat tersaingi. Namun, Bezos belajar dari kesalahannya, beradaptasi, dan akhirnya berkembang secara signifikan memasuki tahun 2000.

Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia yang Inspiratif

kisah pengusaha sukses di indonesia
Sumber gambar: pexels.com

Tak hanya pengusaha dunia yang pernah merasakan kegagalan, beberapa pengusaha sukses indonesia juga pernah mengalami kegagalan sebelum akhirnya menjadi sangat sukses seperti sekarang ini. Siapa saja mereka?

1. Hendy Setiono

Hendy Setiono adalah pengusaha asal surabaya yang berhasil mengembangkan usaha kulinernya yang sangat terkenal, yaitu “Kebab Turki Baba Rafi”. Ia telah berhasil membuka usahanya tak hanya di Indonesia, namun juga di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Belanda, Jerman, Belgia, dan Inggris.

Sebelum menjadi sesukses ini, Hendy setiono rupanya pernah di drop-out dari Kampusnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) karena mengurus bisnisnya. Ibunya sempat khawatir dengan keputusannya menekuni bisnis. Namun, kini ia berhasil membuktikan kesuksesannya.

2. Anton Setiawan

Anton pernah menekuni usaha jual beli pulsa dengan modal 10 juta. Namun usahanya gagal. Ia lalu berusaha untuk menekuni bisnis lainnya dan tidak membuahkan hasil. Hingga pada akhirnya ia mencoba menjadi reseller perlengkapan bayi.

Ia kemudian menemukan peluang dari usaha tersebut. Anton pun membaca peluang usaha jangka panjang dengan menjual perlengkapan bayi. Ia lalu mendirikan toko Bebe Love. Kini Bebe Love telah memiliki ratusan reseller di seluruh Indonesia dan memiliki omset hingga miliaran rupiah.

3. Nadiem Makarim

Nadiem Makarim dikenal sebagai founder PT. Aplikasi Anak Bangsa (Gojek) sekaligus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan teknologi Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju. Namun siapa sangka jika ia juga pernah gagal?

Pria lulusan Harvard Business School ini sebelumnya pernah gagal hingga 3x dalam membangun startup. Namun ia tak pernah menyerah, karena baginya orang yang pernah gagal dan tak menyerah adalah calon pengusaha sukses. Ia pun membuktikan dengan kesuksesannya dalam membangun startup Gojek.

4. William Tanuwijaya

Siapa yang tak kenal Tokopedia? William Tanuwijaya merupakan orang dibalik kesuksesan marketplace terpopuler di Indonesia ini. Pasti kamu tidak akan menyangka bukan kalau di awal pembentukannya, Tokopedia banyak menemui kegagalan?

Selama dua tahun, William mengalami banyak kegagalan seperti gagal mencari modal, membangun network dan mencari karyawan pun gagal. Dengan kegigihannya, kini Tokopedia berhasil menjadi startup unicorn di Indonesia.

5. Akhmad Khoirul Alvi

Jika kebanyakan anak muda banyak memilih usaha makanan yang kekinian, tidak dengan Akhmad Khoirul Alvi. Ia tetap bertahan dengan usaha kerupuk kedelai yang juga peninggalan dari Alm. Ayahnya.

Meskipun ia merupakan lulusan sarjana Teknik Informatika, ia tak malu jika harus berjualan kerupuk. Dalam perjalanan usahanya, ia pernah mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan sebagian dari produk usahanya. Untuk kembali menjalankannya ia pun harus berhutang ke bank. Namun kini usahanya telah mengalami perkembangan.

6. Achmad Zaky

Nama Achmad Zaky turut melambung bersama kesuksesannya dalam membangun startup e-commerce Bukalapak. Kekayaannya pun kini mencapai hampir 1 triliun rupiah. Namun siapa sangka, Achmad Zacky dulunya adalah seorang pedagang Mie Ayam.

Namun, ia mengalami kegagalan pada bisnis pertamanya. Modalnya habis karena bisnis mie ayamnya bangkrut semasa ia kuliah. Namun ia belajar banyak dari kegagalannya dan kini ia telah sukses dengan Bukalapak.

7. Syaputra Kamandanu Sofwan

Danu sebenarnya lahir dari keluarga yang berkecukupan, namun kemudian ekonomi keluarganya mengalami keterpurukan ketika ia berusia muda. Namun ia tak hanya duduk dan berpangku tangan, ia berusaha untuk membantu mencukupi kebutuhan keluarganya.

Ia terhitung pernah mencoba 10 usaha, tapi ternyata tidak berjalan dengan baik. Dari mulai bisnis sepatu, baju, gelang, rokok elektrik,dll. Bahkan 2013 dirinya sempat menjadi kuli pasir di Cianjur dengan gaji Rp 50 ribu seminggu dan tempat tidur di bedeng.

Kemudian ia terpikir untuk menjual cendol. Untuk mengumpulkan modal, ia harus gadai barang dan pinjam uang sana-sini.Berkat usahanya ia kini sukses menjadi owner Radja Cendol (Randol) kini sudah memiliki ratusan gerai tersebar di seluruh Indonesia dengan omzet milyaran rupiah.


Itulah beberapa kisah pengusaha sukses yang pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Meskipun begitu, mereka tidak menyerah dan bangkit kembali untuk mengejar ketertinggalan. Tak hanya itu, mereka juga menjadikan kegagalan mereka sebagai pelajaran untuk meraih kesuksesan di waktu selanjutnya. 

Tak hanya pengusaha dunia, pengusaha Indonesia Pun banyak yang dapat bangkit dari kegagalan dan kini berhasil menjadi pengusaha yang sukses. Semoga cerita sukses tersebut bisa menginspirasi kamu dalam berbisnis. Semangat dan pantang menyerah!

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar