Contoh Formulir Pengiriman Barang : Fungsi & Cara Mengisinya

Komerce.id – Saat ingin mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi, kamu pasti akan diminta mengisi formulir pengiriman barang. Pengisian formulir ini bertujuan untuk memberi informasi lengkap mengenai paket yang akan kamu kirimkan.

Beberapa jasa ekspedisi sudah menyediakan formulir pengiriman melalui website atau aplikasi. Namun, kamu juga masih bisa menemukan beberapa jasa ekspedisi lainnya yang meminta kamu mengisi formulir secara tertulis melalui kertas.

Agar pengisian formulir dapat dilakukan dengan benar, kamu bisa menyimak informasi berikut ini yang akan membahas seputar formulir pengiriman, mulai dari pengertian hingga cara mengisinya.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express

Apa Itu Formulir Pengiriman Barang?

form pengiriman

Segala informasi tentang barang yang akan dikirim, mulai dari nama, alamat penerima dan pengirim, nomor telepon, tanggal pengiriman barang, hingga jumlah ongkos kirim, semuanya tertera dalam formulir pengiriman.

Biasanya formulir ini terdiri dari satu lembar kertas dan kamu tidak perlu menyiapkan dokumen tambahan untuk mengisi formulir ini. Lalu, dimana bisa mendapatkan formulir ini?

Pada umumnya, formulir ini diberikan oleh jasa ekspedisi. Namun, kamu sebagai orang yang mengirimkan barang, juga bisa menyiapkan formulir ini. Setelah diisi, formulir ini selanjutnya bisa kamu tempelkan di paket yang akan dikirimkan.

Selain sebagai informasi seputar barang yang ada didalam paket, formulir ini juga dapat dijadikan sebagai bukti untuk memeriksa kebenaran alamat penerima paket. Saat paket sampai di alamat tujuan, penerima bisa melihat bukti pengiriman pada formulir tersebut.

Apa Saja yang Diisikan Pada Formulir Pengiriman Barang?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, formulir pengiriman umumnya berisi data-data tentang barang yang akan dikirim. Bentuk formulir ini pun beragam, tergantung ketentuan dari jasa ekspedisi. Adapula jasa ekspedisi yang sudah membuat formulir dalam bentuk website dan aplikasi.

Selain itu, jasa ekspedisi juga sudah banyak bekerjasama dengan berbagai marketplace. Cara tersebut dianggap lebih mudah dan cepat, hal tersebut dikarenakan data pengirim dan penerima sudah tertera dengan jelas dalam aplikasi, jadi formulir tinggal dicetak, lalu ditempelkan pada paket.

Agar lebih jelasnya lagi, berikut ini disajikan beberapa hal yang wajib kamu isikan dalam formulir pengiriman barang, diantaranya:

  1. Data pengirim barang, mulai dari nama, alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  2. Data penerima barang, seperti nama, alamat dan nomor telepon.
  3. Informasi tentang barang, misalnya jenis dan berat barang.
  4. Tanggal pengiriman barang.
  5. Biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman barang.
  6. Nomor resi pengiriman barang, biasanya sudah ditentukan dari jasa ekspedisi yang kamu gunakan.
  7. Tanda tangan pengirim barang.

Apa Kegunaan Formulir Pengiriman Barang?

Secara umum, fungsi atau kegunaan formulir untuk mengirim barang ini adalah sebagai identitas dan bukti pengiriman. Namun, ada beberapa kegunaan lain yang dimiliki formulir ini, yakni:

  1. Sebagai penyedia informasi tertulis yang jelas tentang pengiriman barang.
  2. Sebagai alat untuk mempermudah jasa pengirim barang dalam menginput data seputar pengiriman barang yang dilakukan.
  3. Sebagai alat petunjuk bagi kurir ketika ingin menyampaikan barang tersebut kepada penerimanya.
  4. Sebagai alat yang memudahkan proses sortir barang, selama proses pengiriman berlangsung.
  5. Sebagai petunjuk untuk mengirim barang ke daerah atau wilayah yang tepat, karena dalam formulir tersebut berisi kode pos.
  6. Apabila kurir kesulitan menemukan alamat, formulir dapat membantu kurir menghubungi penerima paket, sebab berisi informasi nomor telepon penerima atau pengirim.
Baca juga: Urutan Pengiriman SiCepat

Bagaimana Cara Mengisi Formulir Pengiriman Barang?

Bagi penjual online yang bekerjasama dengan marketplace, biasanya formulir ini tinggal dicetak saja. Jadi, penjual yang juga berperan sebagai pengirim barang, tidak harus repot-repot mengisi formulir pengiriman.

Hal tersebut dikarenakan, formulir untuk mengirimkan barang tersebut sudah tertera secara otomatis dari marketplace. Penjual tinggal memastikan hal-hal terkait isi formulir, sebelum mencetak dan menempelkannya pada paket.

Namun, jika kamu ingin mengirimkan langsung barang melalui jasa ekspedisi, ada beberapa jasa ekspedisi yang masih meminta kamu mengisi formulir ini. Adapun cara mengisi formulir pengiriman barang ini adalah sebagai berikut:

1. Mengisi Data Penerima

Data penerima adalah bagian formulir pengiriman yang harus kamu isi dengan baik dan benar. Pastikan kamu membaca dengan teliti apa saja yang harus diisi. Lalu, isi data dengan menggunakan huruf kapital.

Pertama, data yang harus diisi adalah nama lengkap penerima. Kemudian, tuliskan juga alamat penerima. Agar barang dapat sampai dengan selamat, kamu harus menuliskan alamat secara lengkap, mulai dari nama jalan, RT, RW, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kota, dan keterangan lainnya.

Setelah itu, kamu juga akan diminta mengisi kota kabupaten penerima barang, provinsi sampai kode pos untuk wilayah tempat tinggal penerima barang. Terakhir, tulis nomor telepon penerima yang bisa dihubungi.

2. Mengisi Data Pengirim

Cara mengisi formulir selanjutnya adalah mengisi data pengirim. Cara mengisi dan data yang diisikan sama dengan data penerima, kamu juga harus mengisi data-data tersebut menggunakan huruf kapital.

Data-data yang harus kamu isi diantaranya, nama lengkap pengirim, alamat lengkap pengirim, kota, provinsi, dan kode pos wilayah tempat tinggal pengirim, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Pastikan kamu menuliskan semua informasi tersebut dengan baik dan benar.

3. Mengisi Data Pendukung Lainnya

Selain informasi tentang pengirim dan penerima barang, kamu juga harus menuliskan beberapa data untuk informasi pendukung lainnya. Biasanya, data pendukung ini berisi informasi tentang barang dalam paket yang akan kamu kirim.

Tanggal pengiriman barang, tempat pengiriman, jenis dan berat barang, itu adalah beberapa hal yang harus kamu isi sebagai data pendukung. Setelah mengisi semua datanya, kamu bisa memberi tanda tangan di kolom yang telah disediakan, lalu mintalah tanda tangan dari petugas pengiriman.

Biar lebih jelas, kamu bisa lihat contoh cara mengisi formulir pengiriman barang dalam negeri berikut:

Contoh formulir pengiriman barang
Contoh isi formulir pengiriman barang (lengkap), Sumber gambar: mikirbae.com
Baca juga: 10 Daftar Jasa Ekspedisi yang bisa COD / Bayar di Tempat

Contoh Formulir Pengiriman Barang

Agar kamu lebih paham dan tidak salah saat mengisi formulir pengiriman, berikut ini disajikan beberapa contoh formulir yang sering digunakan untuk proses pengiriman barang.

1. Contoh Form Pengiriman JNE

JNE juga menyediakan formulir pengiriman yang berisi data pengirim, data penerima barang, jenis, jumlah dan berat barang, serta tanggal pengiriman. Kamu juga harus memberikan tanda tangan pada kotak yang telah disediakan.

Formulir pengiriman barang JNE

2. Contoh Form Pengiriman PT POS Indonesia

Data yang harus kamu isikan pada formulir pengiriman lewat POS yakni, nama serta alamat pengirim dan penerima paket, jenis paket, berat barang, hingga jumlah nominal yang dibayarkan. Formulir dari POS ini juga meminta kamu mengisi beberapa informasi lain terkait paket yang akan dikirimkan.

Formulir pengiriman barang POS Indonesia

3. Contoh Form Pengiriman Umum

Secara umum, formulir pengiriman umum berbentuk lebih sederhana. Dokumen pengiriman barang ini berisi data seperti data pengirim dan penerima, lalu data barang yang berisi jenis barang, berat, jenis pengiriman dan biaya pengiriman.

formulir pengiriman barang umum

Formulir pengiriman barang merupakan selembar kertas yang berisi informasi tentang barang yang akan dikirim. Kamu bisa menyediakan sendiri formulir ini, tetapi pada umumnya formulir pengiriman disediakan oleh jasa ekspedisi.

Saat ini, formulir pengiriman sudah dapat digunakan melalui aplikasi atau website. Namun, beberapa jasa ekspedisi masih meminta pengirim menulis formulir, salah satunya POS.

Tidak ada yang sulit ketika mengisi formulir pengiriman. Kamu hanya perlu teliti dalam membaca data-data yang harus diisikan, agar barang dapat sampai kepada penerima yang tepat.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.