Cara Mengubah Nama Toko di Shopee Lewat HP dan PC (2022)

komerce.id – Untuk beberapa alasan, para seller atau penjual yang ikut membuka toko di Shopee terkadang harus mengetahui cara mengubah nama toko di Shopee. Apalagi jika tujuannya adalah meningkatkan branding dan untuk mendapatkan banyak pembeli, informasi satu ini adalah informasi yang wajib diketahui.

Pada saat membuka toko online di Shopee, kamu mungkin belum terpikirkan sebuah nama yang dirasa bagus, cantik, dan menarik perhatian. Namun, setelah memiliki banyak follower dan toko jadi laris manis, nama toko ini menjadi hal yang sangat penting.

Karena sangat penting, maka kamu sebaiknya menggantinya dengan nama yang lebih ciamik. Pasalnya, nama toko ini akan selalu muncul saat kamu bertransaksi dengan konsumen. Nama toko kamu bahkan akan tercetak sebagai pihak pengirim ketika akan melakukan pengiriman barang.

Baca juga: Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Lewat HP dan PC (Update 2022)

Cara Mengubah Nama Toko di Shopee Lewat PC/ Laptop

Untuk melakukan penggantian nama toko di Shopee, kamu bisa memanfaatkan Shopee Seller Centre. Ini adalah alternatif yang ditawarkan oleh Shopee untuk kamu yang ingin nama tokonya menjadi lebih profesional sehingga lebih klik di hati pembeli.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Login Shopee Seller Centre melalui laptop atau PC.

2. Klik menu Akun lalu masukkan password atau kata sandi agar bisa mengakses berbagai hal yang ada di dalamnya.

cara mengubah nama toko di shopee lewat pc 1

3. Jika sudah, pilih menu ubah yang terdapat di sebelah kanan layar. Tepatnya di samping opsi Profil Saya.

cara mengubah nama toko di shopee lewat pc 2

4. Setelah itu, masukkan nama atau username baru yang kamu inginkan. Ingat, penuhi ketentuan username supaya penggantian nama toko berhasil. Ketentuan dari username tersebut adalah sebagai berikut:

  • Username harus terdiri atas 5 karakter hingga 30 karakter.
  • Username juga harus mencakup angka, huruf, titik, garis bawah dan tanpa spasi. Jadi misalnya username yang kamu inginkan adalah Toko XYZ, maka di Shopee harus ditulis Toko_XYZ.
  • Username yang terbaru tidak diijinkan mengandung atau menggunakan unsur yang menunjukkan indikasi melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual dari suatu brand atau merk.
cara mengubah nama toko di shopee lewat pc 3

5. Apabila username baru yang dimasukkan itu dinilai sah, maka akan muncul pop up di layar yang isinya adalah untuk konfirmasi perubahan username. Jadi, pop up ini akan menanyakan keyakinan mengganti username tersebut dan sekaligus akan diingatkan bahwa nanti link toko akan berubah.

6. Pada pop up tersebut, klik saja Simpan dan Login Kembali.

cara mengubah nama toko di shopee lewat pc 4

7. Selanjutnya, kamu sebagai penjual akan diarahkan ke halaman Log In. Di sini, kamu harus melakukan Log In ulang seperti biasanya. Selesai.

cara mengubah nama toko di shopee lewat pc 5

Kamu bisa melakukan penggantian username ini hanya 1 kali saja dalam 30 hari. Jadi, setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka dalam 30 hari kedepan tombol ubah tadi tidak akan bisa di klik.

Akan tetapi, kamu masih bisa melihat pesan yang memberitahukan kapan kiranya penggantian nama bisa dilakukan untuk yang kedua kalinya. Dengan begitu, untuk mengubah nama toko kembali kamu harus menunggu sampai tiba waktu yang diberitahukan oleh Shopee Seller Centre tersebut.

Tetapi, sebenarnya kamu juga bisa mengganti nama toko sampai lebih dari satu kali dalam 30 hari. Hanya saja caranya adalah dengan menghubungi Customer Service Shopee.

Baca juga: Cara Membuat Kategori di Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Mengubah Nama Toko di Shopee Lewat HP

Aplikasi yang dimaksud disini tentu saja adalah aplikasi Shopee. Artinya, penggantian nama toko selain bisa dilakukan menggunakan laptop atau PC, juga bisa dilakukan menggunakan HP. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Akses akun Shopee kamu seperti biasanya.
  2. Setelah aplikasi Shopee terbuka, langsung klik Saya yang posisinya ada di pojok sebelah kanan layar bawah.
  3. Selanjutnya, pilih Pengaturan Akun dan akan muncul beberapa menu di situ.
  4. Klik Profil Saya, lalu pilih Username.
cara mengubah nama toko di shopee lewat hp 1

5. Setelah di klik, tampilan layar akan langsung berubah dan kamu bisa memasukkan nama baru yang diinginkan. Harus diingat, memasukkan username baru ini ada ketentuannya ya, sebagai berikut:

  • Username harus terdiri atas 5 karakter hingga 30 karakter.
  • Username juga harus mencakup angka, huruf, titik, garis bawah dan tanpa spasi. Jadi misalnya username yang kamu inginkan adalah Toko XYZ, maka di Shopee harus ditulis Toko_XYZ.
  • Username yang terbaru tidak diijinkan mengandung atau menggunakan unsur yang menunjukkan indikasi melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual dari suatu brand atau merk.
cara mengubah nama toko di shopee lewat hp 2

6. Jika sudah yakin dengan username yang baru saja dimasukkan, bisa klik Simpan.

7. Setelah itu, layar kamu akan menampilkan halaman Ubah Profil seperti sebelumnya dan juga akan muncul pesan pop up yang isinya adalah Berhasil Diubah seperti ini.

cara mengubah nama toko di shopee lewat hp 3

8. Selesai, sekarang nama toko kamu telah berubah sesuai dengan yang diinginkan.

Sama seperti ketika kamu mengubah nama toko di Shopee melalui Shopee Seller Centre, mengubah nama toko di aplikasi Shopee juga hanya bisa dilakukan satu kali saja dalam kurun waktu tiga puluh hari. Jika tidak percaya, coba saja buka menu Ubah Profil tadi maka akan muncul pesan seperti ini.

cara mengubah nama toko di shopee lewat hp 4

Cara mengubah nama toko di Shopee sangat mudah, bukan? Biasanya, perubahan nama toko ini masih akan ditinjau dulu oleh pihak Shopee maksimal selama 2×24 jam setelah proses pengajuan dilakukan.

Ada baiknya kamu memikirkan dengan baik dulu nama apa yang akan dijadikan nama toko online milikmu di Shopee. Tujuannya supaya tidak perlu melakukan penggantian seperti ini berulang kali.

Karena akan cukup merepotkan, terutama bila kamu mengintegrasikan akun Shopee dengan akun media sosial mengingat penggantian nama juga berdampak pada link yang berubah. Namun terlepas dari itu, semoga kamu bisa mengikuti cara mengubah nama toko di Shopee dengan mudah.

admin marketplace komtim
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar