komerce.id – Bagi seller, kepuasan customer adalah faktor terpenting dalam menjaga reputasi toko. Kepuasan customer bisa ditandai dengan pengiriman barang secara tepat waktu. Meski begitu, beberapa jasa ekspedisi seperti JNE kadang mengalami kendala pengiriman. Lalu, bagaimana cara komplain JNE?
Untuk mengajukan komplain kepada pihak JNE terkait pengiriman barang yang terlambat, hilang atau rusak memang bisa dilakukan melalui Customer Service (CS). Namun sayangnya, tidak semua pengajuan komplain ditanggapi dengan cepat dan sigap.
Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menerapkan beberapa cara dan teknik agar pesan keluhanmu bisa segera direspons oleh CS JNE. Untuk mengetahui cara mengajukan komplain pada JNE dengan tepat, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.
Baca juga: 45+ Arti Status Pengiriman JNE dan Istilah Terlengkap 2022
Persiapan Pengajuan Komplain JNE
Agar komplain ke JNE berjalan lancar dan cepat di proses, lebih baik kamu mempersiapkan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.
1. Melakukan Pelacakan Resi
Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengajukan komplain yaitu melakukan pelacakan resi terlebih dahulu, kamu bisa cek nomor resi pengiriman untuk mengetahui lokasi terkini paket barang yang kamu kirimkan.
Apabila status pengiriman menyatakan paket barang hilang, rusak, atau belum bergerak dari gudang transit, maka kamu bisa mengajukan komplain kepada pihak JNE Express agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.
2. Mencatat Keluhan yang Dialami
Persiapan kedua sebelum mengajukan komplain yaitu mencatat kendala atau keluhan yang kamu alami untuk disampaikan kepada CS JNE. Kamu bisa menanyakan mengapa paket barang yang dikirimkan mengalami keterlambatan, hilang, atau rusak.
Dengan mencatat keluhan yang dialami, kamu bisa to the point dan segera mendapatkan solusi dari pihak Customer Care JNE Express. Ada beberapa hal yang wajib dicatat antara lain nomor resi JNE, nama pengirim, nama penerima, alamat asal, alamat tujuan, dan lain sebagainya.
Untuk memudahkan dalam proses pencatatan ini, kamu bisa menuliskannya di notes HP. Dengan begitu, kamu bisa menyalin dengan cepat ketika melakukan pengajuan komplain pada pihak JNE.
Sebelum mengajukan komplain kepada pihak JNE, ternyata beberapa persiapan tersebut harus kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan solusi terbaik dari permasalahan yang dialami. Berikut sudah dijabarkan cara mengajukan komplain JNE Express.
Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express 2022
Cara Mengajukan Komplain JNE Express yang Mudah dan Cepat
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan aduan komplain JNE, antara lain sebagai berikut ini:
1. Komplain Dengan Mengirim Email ke CS JNE Express
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan komplain kepada pihak JNE Express yaitu dengan mengirimkan email melalui [email protected]. Berikut ini langkah-langkah mengajukan komplain JNE melalui email:
- Pertama, kamu bisa membuka Gmail yang sudah terpasang pada smartphone atau PC, kemudian ketuk opsi tombol + Tulis pada laman email untuk menulis email.
- Pada bagian form email, ada beberapa kolom yang perlu diisi yaitu kolom Kepada (isikan email [email protected]), Subjek (judul email misalnya Komplain Barang Hilang), dan Isi Pesan (keluhan yang dialami) seperti contoh gambar berikut.
Kamu juga bisa menuliskan email dengan template sebagai berikut ini:
Kepada : [email protected]
Subject : Paket Barang Bermasalah
Isi :Halo CS JNE Express,
Saya sedang mengalami kendala mengenai paket yang dikirimkan melalui JNE YES sejak 7 hari yang lalu dan belum sampai hingga saat ini. Saya sudah melakukan pengecekan status pengiriman melalui nomor resi yang ada, namun status paket belum ada perubahan.
Adapun nomor resi pengirimannya yaitu 12334455673 a/n penerima Jayden dan a/n pengirim Thomas (081223582973).
2. Cara Komplain JNE Lewat Customer Care
Cara komplain JNE barang hilang atau rusak selanjutnya bisa dilakukan dengan menghubungi Call Center. Cara ini menjadi solusi paling cepat dan tepat untuk mendapatkan jawaban mengenai kendala pengiriman yang kamu alami.
Untuk pengajuan komplain dengan cara ini, kamu bisa menghubungi nomor (021) 2927 8888 dengan biaya Rp1.500 per menit. Dengan cara ini, kamu bisa segera tahu kondisi dan status paket serta tawaran solusi dari pihak CS JNE Express.
Jangan lupa juga untuk menyampaikan keluhan yang dialami beserta nomor resi pengiriman, identitas pengirim dan penerima paket, jenis layanan JNE yang digunakan, dan ciri-ciri paket barang yang dikirimkan untuk memudahkan proses pelacakan.
3. Cara Komplain JNE via Call Center Regional
Selain komplain dengan mengirim email ke CS JNE, kamu juga dapat komplain lewat call center sesuai daerah tujuan pengiriman. Sebelum komplain dengan cara ini, kamu harus tahu cara cek resi JNE agar tahu lokasi paket. Dengan mengetahui lokasi paket, kamu dapat menghubungi nomor sesuai dengan wilayah paket berikut ini.
Regional | Nomor |
Ambon | 0911-3833499 |
Balikpapan | 0542-764772 |
Banda Aceh | 0651-27411 |
Bandar Lampung | 0721-8600018 |
Bandung | 022-86023222 |
Banjarmasin | 0511-3265251 |
Batam | 0778-5705333 |
Bekasi | 021 80616000 |
Bengkulu | 0736-343980 |
Bogor | 0251-8305511 |
Bontang | 0548 3559533 |
Cikarang | 021-50901221 |
Cilacap | (0282) 546700 |
Cilegon | 0254-380732 |
Cirebon | 0231-224515 |
Denpasar | 0361 -2010100 |
Gorontalo | 0435 824026 |
Jakarta(Casablanca) | 021-83794516 |
Jakarta(Fatmawati) | 021-7393567 |
Jakarta(Hasyim Ashari) | 021-63855518 |
Jakarta(Kelapa Gading) | 021-4513352 |
Jakarta(Matraman) | 021-8502388 |
Jakarta(Pasar Minggu) | 021-2237 9278 |
Jakarta(Pondok Pinang) | 021-75906112 |
Jakarta(S.Parman) | 021-5323223 |
Jakarta(Tomang45) | 021-5665262 |
Jakarta(Tomang6) | 021-5684909 |
Jakarta(Tomang9) | 021-5665262 |
Jambi | 0741-31388 |
Jayapura | 09675189762 |
Jember | 0331-323866 |
Karawang | 08154630353 |
Kediri | 0354-695167 |
Kendari | 0401-3195053 |
Madiun | 0351-483648 |
Magelang | (0293) 325577 |
Malang | 0341-344672 |
Manado | 0431-8802020 |
Mataram | 0370-622040 |
Medan | 061-30003888 |
Mojokerto | 0321-5283676 |
Padang | 0751-8465188 |
Palangkaraya | 0536-3230119 |
Palembang | 0711-3035099 |
Palu | 0451-8441600 |
Pangkal Pinang | 0717-423701 |
Pasuruan | 0343-417200 |
Pasuruan | 0343-417200 |
Pekanbaru | 0761-853993 |
Pontianak | 0561-5603111 |
Probolinggo | 0335-423712 |
Purwakarta | 0264-8394502 |
Samarinda | 0541-736236 |
Semarang | 024-86000100 |
Silangit | 0821-64544935 |
Solo | 0271-6776800 |
Sorong | 0951-3173901 |
Sukabumi | 0266-217321 |
Surabaya | 031-99209030 |
Tangerang | 021-80820816 |
Tanjung Pinang | 0771-7335539 |
Tanjung Pandan | +62819-2974-9699 |
Tarakan | 0551-22427 |
Tasikmalaya | 0265-7522377 |
Tegal | 0283-325059 |
Ternate | 0921-3123961 |
Timika | 0901 3260310 |
Ujungpandang | 0411 3607000 |
Yogyakarta | 0274-4605800 |
4. Cara Komplain Lewat Sosial Media JNE
Cara komplain di JNE Express lainnya yaitu dengan menghubungi Customer Service (CS) JNE melalui akun media sosial JNE. Ada 3 platform media sosial yang digunakan oleh pihak JNE untuk melakukan promosi maupun komplain antara lain Facebook, Twitter, dan Instagram.
Cara komplain CS JNE sangatlah mudah yaitu kamu hanya perlu mengirimkan pesan kepada pihak CS melalui salah satu media sosial di atas. Untuk format pengirimannya sendiri, kamu bisa menggunakan template yang sama seperti template pengajuan komplain melalui email.
Jangan lupa juga untuk melampirkan nama pengirim, penerima, nomor resi, nomor HP yang dapat dihubungi, dan keterangan kendala paket. Dengan menggunakan format yang tepat dan terstruktur, komplain yang kamu ajukan akan mendapatkan penanganan yang cepat.
5. Komplain Langsung ke Kantor JNE
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan komplain JNE yaitu dengan datang langsung ke kantor JNE pusat maupun cabang terdekat. Bagi kamu yang tinggal atau berdomisili di Jakarta, kamu bisa mendatangi kantor pusat JNE yang beralamatkan di Jalan Tomang Raya 11, Jakarta Barat.
Kamu juga juga bisa menghubungi Contact Center JNE terlebih dahulu di nomor (021) 5086 8880 atau Office (021) 566 5262. Sementara itu, bagi kamu yang berdomisili di luar Jakarta, kamu bisa datang ke kantor cabang terdekat.
Nantinya, petugas JNE akan segera membantu proses pelacakan paket barang ke kantor pusat JNE Express.
Baca ini: Daftar Alamat Kantor JNE
6. Komplain Melalui Fasilitas Ask Joni
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melakukan komplain JNE barang rusak, hilang, atau terlambat yaitu melalui Ask Joni yang tersedia di situs web JNE. Cara mengajukan komplain melalui Ask Joni sangat mudah antara lain sebagai berikut.
- Langkah pertama yaitu kunjungi website JNE atau klik link http://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni.
- Isikan data diri yang diperlukan meliputi nama, alamat, dan nomor HP yang bisa dihubungi.
- Pilih opsi Customer Service pada bagian kolom subjek, kemudian isikan keluhan atau komplain yang dialami.
- Cantumkan nomor resi pengiriman, nama pengirim, dan nama penerima untuk memudahkan pihak JNE Express dalam melacak paketmu. Nantinya, pihak JNE Express akan menghubungimu melalui nomor telepon yang sudah kamu isikan pada form Ask Joni.
Sebagai jasa pengiriman yang populer di Indonesia, JNE memang memiliki sistem pengiriman yang memuaskan dengan proses yang cepat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan terjadi kendala seperti keterlambatan pengiriman, barang rusak, atau hilang.
Berikut sudah dijabarkan mengenai cara-cara mengajukan komplain JNE. Bagi kamu yang sering menggunakan jasa pengiriman JNE, kamu bisa memilih jenis-jenis layanan sesuai kebutuhan mulai dari JNE YES, JNE OKE, JNE REG, hingga JTR.
Jenis layanan yang kamu pilih akan menentukan durasi pengiriman barang dan sampainya ke tujuan. Apabila kamu ingin mengirimkan barang dengan cepat, maka kamu bisa memilih layanan JNE YES dengan estimasi pengiriman 1 hari.
Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan atau kehilangan, kamu bisa menggunakan asuransi atau garansi yang disediakan oleh pihak JNE. Dengan adanya asuransi atau garansi ini, kamu bisa mengajukan klaim ganti rugi apabila paket barang hilang atau rusak selama proses pengiriman.