Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Lewat HP dan PC (Update 2022)

komerce.id – Tahukah kamu? Salah satu faktor terbesar dalam menentukan keputusan pembelian adalah adanya promo gratis ongkir yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa fitur ini dapat mendongkrak penjualan.

Namun, tidak semua seller menyadari akan hal itu sehingga beberapa seller memilih untuk tidak mengaktifkan fitur tersebut. Atau, kamu salah satu seller yang masih kesulitan dalam mendaftarkan fitur gratis ongkir untuk tokomu?

Tenang, dalam artikel ini Komerce akan membagikan cara daftar gratis ongkir shopee agar kamu dapat optimasi penjualan produkmu. Simak artikel ini baik-baik dan mulai praktekkan setelah kamu selesai membacanya, ya!

Apa itu Gratis Ongkir Shopee?

apa itu gratis ongkir

Program gratis ongkir adalah layanan yang disediakan oleh Shopee. Program ini kemungkinan seller untuk menyediakan promo gratis ongkos kirim (ongkir) khusus bagi pembelinya. Biaya ongkir akan ditanggung dan disubsidi oleh Shopee, tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan mengaktifkan gratis ongkir, pembeli akan lebih tertarik untuk berbelanja di tokomu. Seperti kita tahu, ongkos kirim menjadi salah satu hal yang diperhitungkan oleh pembeli sebelum melakukan transaksi. Maka dari itu, promo gratis ongkir menjadi salah satu daya tarik terbesar dari sebuah toko. 

Untuk mengaktifkan gratis ongkir, kamu harus melakukan verifikasi data dan memenuhi syarat serta ketentuan toko yang ditentukan oleh pihak Shopee. Jika kamu telah yakin atas ketentuan yang diberikan oleh Shopee, kamu bisa mengisi formulir untuk melanjutkan pendaftaran.

Baca juga: 4 Cara Download Gambar di Shopee dengan HP dan PC

Syarat dan Ketentuan Gratis Ongkir Shopee

ketentuan free ongkir

Dalam paragraf di atas disebutkan bahwa kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak pertama, yaitu Shopee. Syarat dan ketentuan gratis ongkir shopee bersifat mengikat. Sebelum mendaftar kamu harus memenuhi kebijakan barang yang dibatasi oleh Shopee. Selain itu, terdapat minimum pembelian yang harus dipenuhi untuk mendapatkan promo gratis ongkir yang harus kamu setujui.

Selain syarat tersebut di atas, kamu juga harus melakukan beberapa langkah untuk mengikuti program gratis ongkir Shopee. Langkah-langkah tersebut ialah:

Aktifkan jasa kirim pendukung program.

Untuk mengaktifkan gratis ongkir shopee, kamu harus mengaktifkan setidaknya satu jasa kirim dan tipe layanan yang mendukung program ini. Ada berbagai jasa kirim dan tipe layanan yang tersedia untuk program ini. 

Verifikasi kartu identitas

Verifikasi kartu identitas dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui komputer dengan scan barcode pada pendaftaran gratis ongkir kemudian mengisi formulir. Kamu juga bisa melakukan verifikasi kartu identitas melalui aplikasi.

Baca juga: 5 Tools Gratis Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Mendapatkan Fitur Gratis Ongkir Shopee Bagi Seller

Setelah kamu melakukan langkah-langkah untuk memenuhi syarat fitur gratis ongkir, kamu masih harus melakukan pendaftaran dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut secara mudah dan cepat. Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui dua cara, yaitu melalui aplikasi dan website.

Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee Lewat HP

Untuk pendaftaran melalui aplikasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik icon “Gratis Ongkir” di bagian Beranda.
    cara daftar gratis ongkir shopee lewat hp 1
  2. Pilih bagian “Semua Gratis Ongkir“ lalu pilih “Daftar Sekarang” di bagian bawah halaman.
    cara daftar gratis ongkir shopee lewat hp 2
  3. Isikan No. e-KTP dan unggah foto selfie beserta e-KTP untuk verifikasi data. Pastikan fotonya tidak blur dan pastikan No. e-KTP dan wajah kamu terlihat jelas.
  4. Centang syarat dan ketentuan yang tertera dan klik “Kirimkan”.
  5. Selamat! Pendaftaran kamu sudah diproses. Halaman pada gambar di bawah menandakan pendaftaran kamu sudah diproses. Mohon tunggu maksimal 2×24 jam dan tokomu akan mendapatkan notifikasi jika Program Gratis Ongkir sudah aktif.
    cara daftar gratis ongkir shopee lewat hp 3
Baca juga: Cara Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee Via PC/ Laptop

Cara kedua, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui PC atau laptop dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Dengan menggunakan PC/laptop, pilih bagian “Gratis Ongkir Xtra” di Beranda Shopee.
    cara daftar gratis ongkir shopee lewat pc 1
  2. Pilih “Semua Gratis Ongkir“ lalu pilih “Daftar Sekarang” di bagian bawah halaman.
    cara daftar gratis ongkir shopee lewat pc 2
  3. Scan QR code dihubungkan ke pendaftaran Gratis Ongkir di aplikasi Shopee.
    cara daftar gratis ongkir shopee lewat pc 3
  4. Pendaftaran selesai!

Penjual yang berhasil melakukan pendaftaran dan bergabung dengan program ini akan mendapatkan tag logo gratis ongkir dalam waktu 1X24 jam setelah Penjual meng-upload foto produk dan melengkapi rincian berat produk.

Bagaimana dengan Uang Ongkos Pengirimannya?

Program gratis ongkir tidak dikenakan biaya tambahan apapun alias GRATIS. Shopee akan menanggung beban ongkos kirim dengan ketentuan berbagai berikut:

  • Gratis Ongkir hingga Rp40.000/pesanan dengan min. belanja Rp120.000 berlaku untuk pengiriman dalam Pulau Jawa dari pembelian di semua toko Gratis Ongkir XL.
  • Gratis Ongkir hingga Rp60.000/pesanan dengan min. belanja Rp120.000 berlaku untuk pengiriman luar Pulau Jawa dari pembelian di semua toko Gratis Ongkir XL dengan tipe layanan pengiriman yang telah ditentukan.
  • Gratis Ongkir hingga Rp20.000/pesanan dengan min. belanja Rp50.000 berlaku untuk pengiriman dalam Pulau Jawa dari pembelian di semua toko Gratis Ongkir XTRA.
  • Gratis Ongkir hingga Rp40.000/pesanan dengan min. belanja Rp50.000 berlaku untuk pengiriman ke Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, dan NTT dari pembelian di semua toko Gratis Ongkir XTRA.
  • Gratis Ongkir hingga Rp60.000/pesanan dengan min. belanja Rp50.000 berlaku untuk pengiriman ke Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua dari pembelian di semua toko Gratis Ongkir XTRA dengan tipe layanan pengiriman yang telah ditentukan
  • Gratis Ongkir hingga Rp20.000/pesanan dengan min. belanja Rp120.000 berlaku untuk pembelian di semua toko bertanda Gratis Ongkir dengan tipe layanan pengiriman yang telah ditentukan
  • Gratis Ongkir hingga Rp20.000/pesanan dengan min. belanja Rp300.000 berlaku untuk pembelian di semua toko bertanda Gratis Ongkir dengan tipe layanan pengiriman yang telah ditentukan
  • Gratis Ongkir hingga Rp50.000/pesanan dengan min. belanja Rp300.000 berlaku untuk pembelian di semua toko bertanda Dikelola oleh Shopee & Shopee Mall dengan tipe layanan pengiriman yang telah ditentukan

Sebagai seller dan pengguna Shopee tentu sudah tidak asing dengan layanan bebas ongkir yang diberikan oleh Shopee. Namun, tahukah kamu? Layanan tersebut tidak serta merta muncul jika seller tidak mengaktifkannya. 

Mengaktifkan fitur bebas ongkir shopee sangat mudah jika kamu telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Shopee. Tak hanya itu, mengaktifkan fitur bebas ongkir juga gratis tanpa dipungut biaya tambahan yang dibebankan pada seller.

Dengan mengaktifkan fitur bebas ongkir, kamu juga berpotensi untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana? Tertarik untuk mengaktifkan fitur ini? Kamu bisa mendaftarkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami tuliskan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat!

admin marketplace komtim
Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar