4 Cara Cek Resi ID Express (IDlite, Same Day, Reguler, iDtruck)

Komerce.id – Walaupun termasuk pemain baru di dunia ekspedisi, namun nama ID Express sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Proses pengiriman yang cepat serta cara cek resi ID Express yang simpel membuat jasa yang satu ini mampu bersaing dengan pemain lama seperti JNE, SiCepat, TIKI, dan lainnya.

Saat mengirim barang lewat ID Express, semua konsumen pasti akan diberi nota resi yang berisi nama penerima, alamat, jenis barang, bobot, nomor telepon penerima dan juga yang terpenting adalah nomor resi.

Nomor resi ini sangat berguna, sehingga harus disimpan sampai semua transaksi selesai. Itulah sebabnya, nota resi disarankan untuk disimpan sampai tidak ada kendala dalam pengiriman. Baik pembeli, penjual maupun kurir pasti membutuhkan nota resi ini.

Baca juga: 4 Cara Komplain ID Express Terbaru 2022 Paling Mudah

Fungsi Nomor Resi Pengiriman ID Express

Fungsi nomor resi pengiriman
Fungsi nomor resi pengiriman

Setiap transaksi pengiriman lewat ID Express, pasti akan mendapatkan nomor resi yang berbeda. Kumpulan kode unik ini bukan hanya deretan angka saja, tetapi juga memiliki manfaat. Beberapa manfaat perlunya kode resi adalah sebagai berikut:

1. Tanda Paket Telah Dikirim

Bagi penjual maupun pembeli, nomor resi ini sangat penting terutama bagi orang yang bertransaksi tanpa perantara aplikasi belanja online. Saat penjual mendapatkan nomor resi, biasanya mereka akan menginfokannya kepada pembeli.

Bagi penjual, hal ini menjadi tanda bahwa mereka sudah mengirimkan paket yang diminta. Sesekali, penjual juga dapat melakukan pelacakan pengiriman. Hal ini dikarenakan banyak pembeli yang enggan melakukan pelacakan mandiri dan masih sering bertanya kelanjutan pengiriman paket mereka.

Bagi pembeli, tentunya nomor resi ini menjadi jaminan dan menghapus rasa kuatir karena barang sudah benar dikirim. Jadi mereka tidak ragu jika ada kecurangan dari pihak penjual. Selain itu, bagi pembeli yang aktif, mereka bisa melakukan pengecekan posisi paket secara real-time. 

2. Melacak Paket

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, resi berguna untuk proses tracking atau pelacakan paket. Jadi dengan memasukkan nomor resi ID Express, kamu bisa melacak lokasi pengiriman paket. Dengan begitu, bisa memperkirakan kapan paket tersebut akan sampai. 

3. Mengambil Barang ke Kantor Ekspedisi

Terkadang, ada beberapa kendala saat pengiriman, salah satunya adalah paket yang belum sampai ke tangan pembeli. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, mulai dari alamat penerima yang tidak lengkap, penerima tidak ada di rumah, dan banyak faktor lainnya.

Jika demikian, paket akan diinapkan di gudang ID express terdekat. Nantinya, pihak ID Express akan menghubungi penerima lewat nomor telepon penerima yang tertera di resi. Penerima paket dapat mengambil barang tersebut di kantor yang disebutkan.

Syaratnya juga mudah, penerima hanya perlu membawa resi dan juga identitas diri. Biasanya penerima paket mendapatkan foto resi dari pengirim paket dan foto resi tersebut yang harus ditunjukkan.

Baca juga: Tarif ID Express

Cara Cek Resi ID Express Terlengkap

Daftar cara cek resi id express
Daftar cara cek resi id express

Melakukan pelacakan paket lewat resi memang sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor resi yang biasanya ada di bawah barcode, yaitu 15 digit huruf dan angka yang diawali dengan IDS. Setelah itu, kamu dapat melakukan pengecekan lewat cara berikut.

1. Cek Resi Via Situs  ID Express

Untuk bisa melacak via situs, maka kamu harus membuka fitur mesin pencari terlebih dahulu, misalnya Google Chrome. Pencarian ini bisa menggunakan ponsel maupun PC.

  • Buka https://idexpress.com/.
  • Pilih fitur Pelacakan Pengiriman.
  • Masukkan nomor resi ID Express di kolom yang tersedia.
  • Pilih tombol Tracking.
  • Jika keluar pop up verifikasi, maka kamu harus mengikuti petunjuk yang ada di layar.
  • Detail informasi pengiriman paket akan otomatis tampil.

2. Cek Resi Lewat Aplikasi ID Express

Jika kamu belum memiliki aplikasi ini, maka kamu dapat membuka PlayStore untuk bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis, caranya:

  • Buka Play Store
  • Ketik ID Express dengan latar belakang warna berwarna oranye
  • Klik Install dan tunggu hingga selesai

Jika kamu sudah memiliki aplikasi ini di dalam ponsel, maka kamu hanya perlu membuka aplikasinya dan melacak pengiriman dengan cara cek resi ID Express ini:

  • Buka aplikasi ID Express.
  • Pilih menu Pelacakan.
  • Ketikkan nomor resi pesanan yang akan dilacak ke dalam kolom yang tersedia.
  • Pilih cari pengiriman.
  • Nantinya layar akan menunjukkan informasi pengiriman, mulai dari tanggal dan lokasi pemberhentian secara real time.

3. Cek Resi Via Marketplace

Jika membeli barang atau mengirim barang dari aplikasi belanja daring, maka tentu resi yang diberikan juga berupa digital. Cara ini termasuk lebih mudah, karena kamu dapat menemukan nomor resi sekaligus melakukan pelacakan pengiriman di satu aplikasi.

  • Masuk ke aplikasi belanja dari dan pilih Saya.
  • Pilih fitur Dikirim.
  • Pilih pesanan yang akan dilacak.
  • Klik fitur yang menunjukkan proses pengiriman.
  • Nantinya akan muncul nomor resi hingga proses pengiriman per pemberhentian paket.

4. Tracking Resi ID Express Lewat Situs Pihak Ketiga

  • Buka Google Chrome dan ketik cek pengiriman ID Express.
  • Nantinya akan muncul beberapa nama situs.
  • Pilih salah satu dan masukkan nomor resi yang tertera.
  • Pilih Lacak.
  • Informasi seputar pengiriman akan langsung tersaji.

Pengiriman barang menggunakan ID Express adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan saat akan melakukan transaksi kirim barang. Jika terjadi kerusakan atau paket yang hilang, kamu bisa mengajukan klaim paling lambat 7 hari sejak kamu menerima barang. 

Untuk melacak pengiriman, cek resi ID Express menggunakan banyak media bisa menjadi solusi. Jika terjadi gangguan saat sedang melakukan pelacakan, kamu juga bisa menghubungi pihak customer service mereka di 021-80823899.

Kamu harus menyebutkan nomor resi ID Express lengkap agar pihak call center bisa membantu. Untuk menghindarkan komplain karena barang rusak, maka pengemasan paket juga harus memenuhi standar dan dibungkus dengan rapi.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.