7 Alasan Nomor Resi Pengiriman Gagal Dilacak + Solusi Mengatasinya

Komerce.id – Setiap belanja online, pembeli pasti akan memperoleh nomor resi pengiriman untuk melacak paket mereka. Namun, terkadang saat melakukan pengecekan di website JNE, SiCepat, dan jasa ekspedisi lainnya, nomor resi gagal dilacak.

Kejadian ini tentu akan membuat pembeli merasa panik, tak jarang dari mereka yang langsung berprasangka buruk terhadap seller. Untuk mengatasi masalah tersebut, Sebagian besar pembeli pasti akan langsung menghubungi seller atau call center jasa ekspedisi.

Jika kamu mengalami hal yang sama seperti di atas, sebaiknya kamu jangan panik terlebih dahulu. Kegagalan cek nomor resi pengiriman dapat disebabkan oleh banyak hal, kegagalan tersebut tidak selalu merupakan kesalahan seller atau perusahaan ekspedisi.

Baca juga: Cara Cek Resi SiCepat

Alasan Nomor Resi Pengiriman Gagal Dicek

Isi Resi JNE
Isi Resi JNE

Kenapa no resi tidak bisa dilacak? Ada banyak penyebab mengapa hal tersebut terjadi. Sebagai penjual atau pembeli, kamu harus mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasinya. Berikut ini 7 alasan nomor resi pengiriman gagal dicek.

1. Gangguan di Server Jasa Kirim/Ekspedisi

Salah satu penyebab nomor resi gagal dilacak yang paling umum adalah gangguan pada server jasa kirim/ekspedisi, gangguan ini disebut juga sebagai server down. Ada beberapa penyebab kenapa server jasa ekspedisi mengalami gangguan.

Salah satunya adalah sistem server sedang berada pada tahap maintenance atau diperbaiki. Penyebab lainnya adalah traffic sedang tinggi. Tingginya traffic ini umumnya terjadi saat harbolnas atau saat hari-hari besar.

Gangguan server dapat terjadi selama beberapa menit atau bahkan jam. Oleh karena itu, jika kamu gagal mengecek resi, cobalah mengecek kembali beberapa saat kemudian. Setelah beberapa saat, kemungkinan server sudah normal kembali dan resi sudah bisa dilacak.

2. Sistem Tracking Ekspedisi Belum Real Time

Di kota-kota besar, seller dan jasa ekspedisi dapat menginput nomor resi secara otomatis dan real time. Namun, di daerah tertentu yang jaringan internetnya belum berkembang pesat, hal tersebut mungkin sulit dilakukan.

Oleh karena itu, penginputan nomor resi masih dilakukan secara manual pada sistem database ekspedisi. Selain itu, proses ini mungkin memakan waktu 1×24 jam. Dengan kata lain, sistem belum real time.

Akibatnya, saat kamu mengecek resi tersebut, nomor resi tidak bisa dilacak. Jika kamu mengalami kegagalan pelacakan nomor resi, coba lakukan pengecekan keesokan harinya. Pada saat itu resi mungkin sudah masuk ke sistem tracking ekspedisi.

3. Salah Input Digit Resi

Selain kedua alasan di atas, nomor resi gagal dilacak dapat terjadi karena kesalahan input digit nomor resi pengiriman. Kesalahan satu digit saja akan membuat nomor resi invalid dan tidak dapat dilacak.

Alhasil, meski kamu mengeceknya berulang-ulang di waktu yang berbeda, sistem tracking pasti akan menampilkan pesan bahwa nomor resi tidak valid. Untuk mengatasinya, cek ulang nomor resi yang diinput untuk mengetahui apakah ada kesalahan input digit resi atau tidak.

4. Nomor Resi yang Dimasukkan Salah

Bukti pengiriman paket biasanya mencantumkan lebih dari satu seri nomor. Di antara seri nomor tersebut, hanya satu yang merupakan nomor resi. Jika kamu sampai salah menginput nomor kode lain pada website tracking paket, pelacakan nomor resi paket pasti akan gagal.

Sistem umumnya akan menampilkan pesan ‘nomor resi invalid.’ Pesan ini akan berkali-kali muncul meski server sedang tidak down dan sistem sudah real time. Untuk mengatasi masalah ini, coba cek print out bukti pengiriman paket.

Cermati bukti tersebut dan pastikan bahwa nomor yang diinput pada website ekspedisi benar-benar merupakan nomor resi pengiriman. Print out tersebut umumnya berisi beberapa seri nomor. Sehingga, ada kemungkinan bahwa nomor yang diinput bukan nomor resi.

Baca juga: Cara Cek Resi ID Express

5. Adanya Kesalahan di Pihak Pengirim

No resi gagal dilacak dapat disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh pihak pengirim atau seller. Setelah mengirim paket ke alamat rumahmu, pengirim akan menginfokan nomor resi via chat atau via halaman pemesanan marketplace.

Pada saat itu, ada kemungkinan bahwa pengirim melakukan kesalahan dalam mengetikkan nomor resi. Akibatnya, penerima tidak bisa melacak nomor resi tersebut. Untuk mengatasi kesalahan yang mungkin dibuat oleh pengirim ini, kamu sebaiknya menghubungi mereka.

Tanyakan apakah mereka memberikan nomor resi yang benar. Selain itu, jangan sungkan untuk meminta bukti foto dari print out pengiriman. Dengan melihat bukti foto tersebut, kamu dapat mengetahui apakah pengirim melakukan kesalahan atau tidak.

6. Nomor Resi Pengiriman Palsu

Alasan lain mengapa nomor resi gagal dilacak adalah nomor resi tersebut palsu. Kejadian ini biasanya dilakukan oleh seller nakal. Jika kamu telah berusaha melacak nomor resi pengiriman selama berhari-hari dan selalu gagal, ada kemungkinan bahwa seller memalsukan nomor ini.

Untuk itu, segera hubungi seller dan minta keterangan tentang pengiriman paket yang kamu pesan beserta nomor resinya. Jika nomor telepon kamu diblokir oleh seller, sudah pasti seller telah melakukan penipuan dan memalsukan nomor resi.

Pada kasus seperti ini, pembeli umumnya akan kesulitan memperoleh uangnya kembali. Untuk menghindari kejadian serupa terjadi kembali, pastikan bahwa kamu hanya berbelanja online di seller yang terpercaya dan memiliki rating bagus.

Selain itu, mintalah bukti pengiriman dalam bentuk digital atau foto print out kepada seller setelah berbelanja online. Namun, bukti ini pun sebenarnya dapat dipalsukan. Seller nakal kemungkinan besar akan menggunakan foto print out lama dan mengeditnya dengan aplikasi.

Meski demikian, bukti pengiriman editan ini biasanya dapat kamu ketahui palsu atau tidaknya dengan cara menelitinya. Bukti pengiriman palsu umumnya terlihat kurang rapi pada bagian editan. Terkadang, ukuran dan jenis font yang digunakan di dalamnya juga berbeda-beda.

7. Tools Pihak Ketiga Mengalami Gangguan

Beberapa orang lebih suka menggunakan tools pihak ketiga seperti komship.id untuk melacak paket. Mereka menyukainya karena tools tersebut dapat digunakan untuk tracking nomor resi dari berbagai jasa ekspedisi.

Jika kamu juga menggunakan tools tersebut dan mengalami kegagalan tracking paket, maka ada kemungkinan bahwa tools tersebut sedang mengalami gangguan. Problem pelacakan paket via tools ini dapat berupa berbagai bentuk.

Beberapa di antaranya adalah tools lemot, muncul pesan nomor resi tidak valid, dan muncul pesan nomor resi tidak ditemukan. Apabila kamu mengalaminya, sebaiknya kamu melacak nomor resi lewat website atau aplikasi jasa ekspedisi yang sedang digunakan.

Baca juga: Cara Lacak Paket JNE Lazada

Itulah 7 alasan mengapa nomor resi pengiriman tidak bisa dilacak. Jika solusi yang tercantum di atas tidak dapat mengatasi masalahmu dalam melacak nomor resi, maka tidak ada salahnya untuk langsung menghubungi jasa ekspedisi terkait.

Kamu dapat melakukannya via telepon atau saluran online. Jika pihak perusahaan ekspedisi kurang responsif saat dihubungi lewat kedua saluran tersebut, kamu bisa langsung datang ke kantor atau agen ekspedisi terdekat.

Datang langsung ke kantor mereka umumnya akan mengatasi masalah nomor resi gagal dilacak secara efektif dan efisien. Sehingga, kamu dapat langsung memahami akar masalahnya dan masalah tersebut dapat segera teratasi.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.